Bagi masyarakat suku Tengger, sarung yang mereka kenakan dalam melakukan aktifit...

Bagi masyarakat suku Tengger, sarung yang mereka kenakan dalam melakukan aktifit…


Bagi masyarakat suku Tengger sarung yang mereka kenakan dalam melakukan - Bagi masyarakat suku Tengger, sarung yang mereka kenakan dalam melakukan aktifit...

Bagi masyarakat suku Tengger, sarung yang mereka kenakan dalam melakukan aktifitas sehari-hari bukan sekadar pelengkap dalam berpakaian ataupun sebagai pelindung dari suhu yang dingin saat mereka berladang atau melakukan aktifitas lainnya.
Melainkan fungsi sarung bagi masyarakat Tengger juga sebagai simbol identitas dalam kehidupan bersosial mereka. Hal itu tampak pada letak simpul atau ikatan pada sarung kain terutama bagi seorang wanita.
Jika seorang wanita menggunakan sarung letak simpul berada di pundak kanan berarti wanita tersebut sudah ada pasangan, dipinang ataupun sudah memiliki suami. Apabila simpul berada di tengah atau tepat di antara tengah leher berarti wanita tersebut sudah berkeluarga. Nah jika simpul berada di pundak kiri, hal tersebut berarti seorang wanita yang telah bercerai. Lalu apabila simpul berada tepat di belakang leher, mempunyai arti wanita tersebut masih gadis ataupun lajang. 📸 : @sendy.a .
Desa Argosari, kabupaten Lumajang, Jawa Timur.
__________________________________
#pesonaindonesia #pesonalumajang #tengger #jawatimur

Nikmati inspirasi Wisata Indonesia hari ini di Liburdulu.com! –

BACA JUGA :  Ibarat mutiara di tengah hutan belantara, seperti itulah Danau Kaco. Tersembunyi...