Barong Kemiren atau di sebut juga Barong Banyuwangi adalah kesenian kuno asal Ba...

Barong Kemiren: Kesenian Kuno Yang Sakral dari Banyuwangi, Jawa Timur

Barong Kemiren adalah kesenian kuno yang berasal dari Banyuwangi, Jawa Timur. Kesenian ini juga dikenal dengan sebutan Barong Banyuwangi. Barong Kemiren merupakan bentuk seni pertunjukan rakyat yang melibatkan penggunaan media barong.

Barong Kemiren dianggap sangat sakral, sehingga membutuhkan perlakuan khusus. Kesenian ini terkait erat dengan Buyut Cili, yang dipercaya oleh penduduk setempat sebagai cikal bakal desa. Pada beberapa kesempatan, Barong Kemiren harus diupacarai, diberi sesaji, dan dirawat dengan hati-hati.

Barong Kemiren memiliki tampilan yang unik dan menarik. Barong ini memiliki bentuk yang mirip dengan hewan mitos, seperti singa atau macan. Barong ini dibuat dari bahan-bahan seperti bambu, kain, serta tumbuh-tumbuhan yang khas dari daerah Banyuwangi. Proses pembuatan Barong Kemiren sendiri cukup rumit dan membutuhkan keahlian khusus.

Dalam pertunjukan Barong Kemiren, para penari mengenakan kostum yang terbuat dari kain dan topeng yang menggambarkan wajah binatang mitos. Biasanya, ada seorang penari yang menjadi “Dalang” atau pengendali gerakan dan tingkah laku Barong Kemiren. Dalang ini akan menggerakkan barong dengan mengikuti irama musik yang dimainkan oleh sebuah gamelan.

Selama pertunjukan, Barong Kemiren akan menari-nari dengan gerakan yang lincah dan energik. Penonton akan terhipnotis oleh keindahan gerakan dan keberanian Barong Kemiren. Pertunjukan ini juga diiringi oleh nyanyian dan musik tradisional Banyuwangi yang semakin memperkuat suasana sakral dan magis.

Barong Kemiren memiliki makna dan filosofi yang dalam. Dalam budaya Jawa, barong dianggap sebagai penjaga kebaikan dan pelindung dari segala macam mara bahaya. Barong Kemiren sendiri diyakini mampu mengusir roh jahat dan membawa keberuntungan serta keharmonisan bagi masyarakat sekitar.

Pertunjukan Barong Kemiren tidak hanya sekadar hiburan semata, tetapi juga memiliki nilai ritual dan spiritual bagi masyarakat Banyuwangi. Masyarakat meyakini bahwa adanya Barong Kemiren mampu membawa keberkahan dan keselamatan bagi mereka serta menjaga keseimbangan alam.

BACA JUGA :  Ribuan Warga Suku Baduy Dalam dan Luar Akan Membanjiri Kota Serang untuk Seba Baduy Tahun Ini

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa itu Barong Kemiren?
Barong Kemiren adalah kesenian kuno yang berasal dari Banyuwangi, Jawa Timur, yang melibatkan penggunaan media barong.

2. Apa yang dimaksud dengan Buyut Cili?
Buyut Cili adalah tokoh yang dipercaya sebagai cikal bakal desa dan terkait erat dengan Barong Kemiren.

3. Bagaimana proses pembuatan Barong Kemiren?
Proses pembuatan Barong Kemiren cukup rumit dan membutuhkan keahlian khusus. Barong ini dibuat dari bahan seperti bambu, kain, serta tumbuh-tumbuhan khas Banyuwangi.

4. Apa makna Barong Kemiren?
Barong Kemiren dianggap sebagai penjaga kebaikan dan pelindung dari segala macam mara bahaya. Pertunjukan ini juga memiliki nilai ritual dan spiritual bagi masyarakat Banyuwangi.

5. Apa yang dimaksud dengan “Dalang” dalam pertunjukan Barong Kemiren?
“Dalang” adalah pengendali gerakan dan tingkah laku Barong Kemiren. Dalang menggerakkan barong dengan mengikuti irama musik yang dimainkan oleh gamelan.

Conclusion

Barong Kemiren adalah kesenian kuno yang berakar dari Banyuwangi, Jawa Timur. Pertunjukan ini menggabungkan gerakan lincah, nyanyian, musik, dan nilai-nilai ritual serta spiritual. Barong Kemiren tidak hanya sekedar pertunjukan hiburan semata, tetapi juga memiliki makna dan filosofi yang dalam bagi masyarakat Banyuwangi. Fenomena ini menjadikan Barong Kemiren sebagai salah satu warisan budaya Indonesia yang perlu dilestarikan dan dipromosikan kepada masyarakat luas. Dengan mengapresiasi dan memahami kesenian ini, kita dapat lebih menghargai kekayaan budaya Indonesia yang luar biasa.