Berkat keberadaan Candi Borobudur, nama Magelang melesat hingga tataran dunia.  ...

Candi Borobudur: Destinasi Wisata Terkenal di Magelang

Berkat keberadaan Candi Borobudur, nama Magelang melesat hingga tataran dunia. Candi Borobudur adalah salah satu cagar budaya yang terkenal di Indonesia dan merupakan destinasi wisata yang sangat populer di Magelang. Selain keindahan dan sejarahnya yang menarik, Magelang juga memiliki kekayaan kuliner yang patut dicoba, seperti getuk dan tape ketan.

Di luar keberadaan Candi Borobudur, ada banyak hal menarik yang bisa ditemukan di Magelang. Salah satunya adalah Dusun Tingal Kulon yang terkenal di Eropa. Dusun ini terletak hanya 2 kilometer dari Candi Borobudur dan memiliki banyak Sanggar yang menjadi rujukan bagi pelajar atau mahasiswa Eropa yang ingin mempelajari seni dan budaya Indonesia. Salah satu Sanggar yang terkenal di Dusun Tingal Kulon adalah Lumbini Galeri.

Lumbini Galeri adalah sebuah tempat seni yang menyajikan berbagai karya seni dan kerajinan tangan. Di galeri ini, pengunjung dapat melihat dan membeli berbagai macam karya seni seperti lukisan, ukiran, dan kerajinan tangan lainnya. Lumbini Galeri juga sering menjadi tempat pelatihan dan lokakarya bagi seniman lokal, sehingga pengunjung dapat mengenal lebih dekat dengan kebudayaan dan seni yang ada di Magelang.

Selain Lumbini Galeri, masih banyak tempat menarik lainnya di Magelang yang patut dikunjungi. Salah satunya adalah Museum Karmawibhangga. Museum ini terletak di kompleks Candi Borobudur dan menyimpan berbagai koleksi artefak dan benda bersejarah yang berkaitan dengan Candi Borobudur dan budaya di sekitarnya. Pengunjung dapat melihat patung-patung Buddha, prasasti, dan benda-benda lain yang menjadi saksi bisu perjalanan sejarah Candi Borobudur.

Magelang juga memiliki keindahan alam yang menakjubkan, seperti Taman Kyai Langgeng. Taman yang terletak di Lumbini, Magelang ini memiliki taman bunga yang indah dan menyegarkan. Selain itu, Taman Kyai Langgeng juga menyediakan wahana rekreasi keluarga, seperti taman bermain anak-anak, kolam renang, dan lapangan olahraga.

BACA JUGA :  Nelayan di Indonesia: Mata Pencaharian Tradisional serta Destinasi Wisata Bahari yang Menakjubkan

Bagi pecinta petualangan, Magelang juga menawarkan wisata air terjun yang spektakuler. Salah satunya adalah Air Terjun Selogriyo yang terletak di Desa Kembang, Magelang. Air Terjun Selogriyo memiliki keindahan alam yang luar biasa, dengan air terjun yang tinggi dan aliran air yang deras. Untuk mencapai Air Terjun Selogriyo, pengunjung harus melakukan pendakian sekitar 3 kilometer melalui hutan yang perlu diwaspadai.

Sebagai tambahan, ada juga tempat wisata religi yang populer di Magelang, seperti gereja dan masjid bersejarah. Salah satunya adalah Gereja Ayam atau yang lebih dikenal dengan Gereja Ganjuran. Gereja ini memiliki arsitektur unik yang mirip dengan bentuk seekor ayam. Selain itu, ada juga Masjid Agung Magelang yang merupakan masjid terbesar di Magelang dan memiliki arsitektur yang megah.

Dalam hal kuliner, Magelang juga memiliki berbagai makanan khas yang lezat dan menggoyang lidah. Salah satunya adalah getuk. Getuk adalah makanan tradisional yang terbuat dari singkong yang diolah menjadi adonan yang kemudian dicetak dalam berbagai bentuk dan warna. Getuk memiliki rasa yang manis dan tekstur yang lembut, dan bisa dinikmati dengan berbagai pilihan topping, seperti kelapa parut atau gula merah cair.

Selain getuk, Magelang juga terkenal dengan tape ketan. Tape ketan adalah makanan tradisional yang terbuat dari ketan yang difermentasi. Tape ketan memiliki rasa manis dan asam yang khas serta tekstur yang kenyal. Makanan ini biasanya dijadikan sebagai camilan yang nikmat atau dijadikan sebagai bahan dalam pembuatan kue-kue tradisional.

Dengan keberadaan Candi Borobudur sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO, Magelang telah menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Indonesia. Namun, di luar keindahan Candi Borobudur, Magelang juga menyimpan banyak kejutan menarik lainnya. Mulai dari seni dan budaya hingga alam yang indah, Magelang memiliki segalanya untuk memikat para wisatawan.

BACA JUGA :  Explore Situs Bekas Rumah Pengasingan Bung Karno dan Tempat Menarik Lainnya di Ende dan Nusantara

FAQ:

Q: Apa yang membuat Candi Borobudur terkenal?
A: Candi Borobudur terkenal karena merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO dan menjadi salah satu candi Buddha terbesar di dunia.

Q: Apa saja makanan khas Magelang?
A: Beberapa makanan khas Magelang antara lain getuk dan tape ketan.

Q: Apa yang bisa dilakukan di Magelang selain mengunjungi Candi Borobudur?
A: Selain mengunjungi Candi Borobudur, di Magelang juga bisa mengunjungi Lumbini Galeri, Museum Karmawibhangga, Taman Kyai Langgeng, Air Terjun Selogriyo, Gereja Ayam, Masjid Agung Magelang, dan menikmati kuliner khas Magelang.

Q: Bagaimana cara mencapai Magelang?
A: Magelang bisa dicapai dengan menggunakan pesawat terbang melalui Bandara Internasional Yogyakarta dan kemudian melanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkutan umum atau mobil pribadi.

Conclusion:

Magelang adalah salah satu destinasi wisata yang menarik di Indonesia, terutama berkat keberadaan Candi Borobudur. Namun, di luar Candi Borobudur, Magelang juga memiliki banyak atraksi menarik lainnya, mulai dari seni dan budaya hingga keindahan alam. Jadi, jika Anda sedang merencanakan liburan di Indonesia, jangan lupa untuk mempertimbangkan Magelang sebagai salah satu destinasi yang harus dikunjungi.