Candi Cetho adalah salah satu wisata menarik untuk dikunjungi di Kabupaten Karan...

Candi Cetho: Pesona Sejuk di Lereng Gunung Lawu

Candi Cetho: Pesona Sejuk di Lereng Gunung Lawu

Candi Cetho merupakan salah satu wisata menarik yang dapat dikunjungi di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Terletak di lereng Gunung Lawu, candi ini menawarkan suasana lembab khas pegunungan serta keindahan alam hutan hujan tropis. Selain itu, keberadaan Candi Cetho juga tercermin dalam nuansa Hindu yang kental di tempat ini. Di sepanjang perjalanan menuju candi, pengunjung akan disuguhi pemandangan perkebunan teh milik warga setempat yang menambah kesegaran suasana.

Candi Cetho terletak sekitar 20 km di sebelah barat daya Karanganyar, dengan ketinggian sekitar 1.400 meter di atas permukaan laut. Candi ini dibangun pada abad ke-15 Masehi dan dihuni oleh para pendeta saat itu. Selama beberapa kali mengalami kerusakan akibat bencana alam, Candi Cetho berhasil direstorasi oleh pemerintah pada tahun 1985.

Keunikan Candi Cetho terletak pada arsitektur bangunannya yang menggabungkan unsur Hindu-Buddha dan Jawa Tengah. Candi ini terdiri dari tiga teras berbentuk persegi yang masing-masing terdiri dari beberapa candi kecil. Setiap teras memiliki patung-patung dewa dan makhluk mitologi yang menghiasi dinding-dindingnya. Pada bagian puncak, terdapat Puncak Supit Urang (puncak kepala burung elang), yang merupakan tempat pemujaan tertinggi dalam kompleks candi ini.

Saat memasuki area Candi Cetho, pengunjung akan melalui pintu gerbang dengan ornamen Hindu yang terlihat kokoh. Di dalam kompleks candi, terdapat beberapa patung dewa yang menghiasi halaman dan ruang-ruang kecil. Selain itu, terdapat juga beberapa batu nisan yang menunjukkan keberadaan pemakaman tua.

Keberadaan Candi Cetho bukan hanya sebagai destinasi wisata sejarah, tetapi juga menjadi tempat untuk beribadah bagi umat Hindu. Ini tampak dari adanya pelaksanaan upacara adat yang dilakukan secara rutin oleh para umat Hindu di sini. Area sekitar candi juga dilengkapi dengan fasilitas seperti mushola, warung makan, dan area parkir yang memudahkan para pengunjung.

BACA JUGA :  Sedih sih, kalau denger cerita masa penjajahan negeri kita di masa lalu. Tapi di...

Dengan keindahan alam dan suasana sejuk di Lereng Gunung Lawu, Candi Cetho juga menjadi tempat yang cocok untuk melakukan kegiatan seperti camping atau trekking. Terlebih lagi, pengunjung dapat menikmati pemandangan indah sekitar candi dan melihat matahari terbit atau terbenam di tempat ini.

Bagi para pecinta fotografi, Candi Cetho menjadi surga tersendiri. Dengan latar belakang hutan tropis dan bangunan candi yang megah, pengunjung dapat menghasilkan foto-foto yang menakjubkan dan Instagramable di tempat ini.

FAQ:

Q: Bagaimana cara menuju Candi Cetho?
A: Candi Cetho terletak di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Jika Anda berangkat dari Kota Solo, Anda dapat mengambil rute menuju Tawangmangu dan melanjutkan perjalanan ke arah Candi Sukuh. Dari sana, Anda dapat mengikuti petunjuk jalan ke Candi Cetho. Jarak perjalanan dari Kota Solo ke Candi Cetho sekitar 30 km dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1,5 jam.

Q: Berapa biaya masuk ke Candi Cetho?
A: Biaya masuk ke Candi Cetho sebesar Rp 10.000 untuk wisatawan domestik dan Rp 30.000 untuk wisatawan asing. Biaya ini sudah termasuk tiket masuk dan parkir kendaraan.

Q: Apa waktu terbaik untuk mengunjungi Candi Cetho?
A: Waktu terbaik untuk mengunjungi Candi Cetho adalah pada pagi atau sore hari. Pada pagi hari, Anda dapat menikmati suasana sejuk dan udara segar sambil menikmati matahari terbit di candi. Sedangkan pada sore hari, Anda dapat menikmati pemandangan matahari terbenam yang spektakuler.

Q: Apa yang harus dipersiapkan saat berkunjung ke Candi Cetho?
A: Beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan saat berkunjung ke Candi Cetho antara lain membawa pakaian yang nyaman, alas kaki yang sesuai untuk trekking, dan perlengkapan pribadi seperti kacamata hitam, topi, dan sunblock. Jangan lupa juga untuk membawa persediaan air minum karena tidak banyak warung makan di sekitar candi.

BACA JUGA :  Manfaat Terumbu Karang Bagi Semesta: Ekologi, Ekonomi, dan Sosial

Q: Apa yang dapat dilakukan di sekitar Candi Cetho?
A: Di sekitar Candi Cetho, Anda dapat melakukan kegiatan seperti camping, trekking, atau berjalan-jalan menikmati keindahan alam sekitar candi. Anda juga dapat mengunjungi tujuan wisata lain di sekitar Karanganyar, seperti Air Terjun Grojogan Sewu atau Taman Nasional Gunung Lawu.

Conclusion:

Candi Cetho merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Terletak di lereng Gunung Lawu, candi ini menawarkan keindahan alam pegunungan dan nuansa Hindu yang kental. Dengan arsitektur bangunan yang unik dan latar belakang hutan tropis, Candi Cetho menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Candi Cetho saat berada di Jawa Tengah.