Dahulunya, pantai ini menjadi pusat kegiatan nelayan dalam mencari ikan tenggiri...

Pantai Parai Tenggiri: Destinasi Wisata Menarik di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Dahulunya, pantai Parai Tenggiri merupakan pusat kegiatan nelayan dalam mencari ikan tenggiri. Namun, seiring berjalannya waktu, pantai ini kemudian dijadikan tempat wisata yang sangat indah dan menarik. Pantai Parai Tenggiri terletak di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, tepatnya di Kabupaten Bangka Tengah. Pantai ini memiliki keunikan berupa bebatuan yang membentuk sebuah pulau kecil, menjadikannya destinasi wisata yang populer di daerah tersebut.

Pantai Parai Tenggiri menawarkan pemandangan alam yang memesona. Pasir putih yang lembut, air laut yang jernih, serta terumbu karang yang indah menjadi daya tarik utama pantai ini. Wisatawan dapat menikmati kegiatan berenang, snorkeling, atau sekadar bersantai di bibir pantai sambil menikmati keindahan panorama sekitar. Bagi pecinta fotografi, pantai ini juga menyajikan pemandangan yang sangat Instagramable.

Selain itu, di sekitar pantai terdapat beberapa tempat wisata menarik yang dapat dikunjungi. Salah satunya adalah Pulau Parai, sebuah pulau kecil yang terletak dekat dengan pantai. Pulau ini dapat dicapai dengan perahu atau boat ride singkat. Di Pulau Parai, wisatawan dapat menikmati keindahan pantai yang lebih sepi dan tenang, serta melakukan kegiatan seperti snorkeling, diving, atau bermain air di sekitar pulau.

Selain Pulau Parai, terdapat juga Pulau Pasir, yang merupakan hamparan pasir putih yang muncul saat air laut surut. Pulau ini dapat dijelajahi dengan berjalan kaki atau menyewa perahu kecil. Bersantai di Pulau Pasir sambil menikmati pemandangan laut sekitar akan memberikan pengalaman yang begitu menyegarkan.

Bagi yang ingin menikmati panorama laut yang lebih luas, wisatawan dapat melakukan island hopping ke beberapa pulau di sekitar pantai Parai Tenggiri. Pulau-pulau seperti Pulau Lengkuas dan Pulau Menjangan dapat menjadi tujuan yang menarik untuk dijelajahi.

BACA JUGA :  Wakatobi: Menikmati Petualangan Selam di Destinasi Wisata Terbaik di Indonesia

Selain keindahan alam, pantai Parai Tenggiri juga menyediakan berbagai fasilitas untuk kenyamanan pengunjung. Terdapat penginapan dan resort yang menawarkan akomodasi yang nyaman dan beragam. Anda dapat memilih menginap di resort yang terletak tepat di tengah pantai, sehingga Anda dapat langsung menikmati pemandangan pantai yang indah dari balkon kamar.

Selain itu, terdapat juga restoran dan warung makan yang menyediakan berbagai menu makanan laut segar. Anda dapat mencoba ikan tenggiri yang segar atau makanan khas Bangka Belitung lainnya. Jangan lupa mencicipi hidangan laut yang lezat tersebut saat mengunjungi pantai Parai Tenggiri.

FAQ:

1. Bagaimana cara menuju pantai Parai Tenggiri?
Untuk menuju pantai Parai Tenggiri, Anda dapat naik pesawat terbang ke Bandara Depati Amir di Pangkalpinang, ibu kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Setelah itu, Anda dapat menyewa taksi atau mobil yang akan membawa Anda menuju pantai Parai Tenggiri, yang berjarak sekitar 1-2 jam perjalanan dari Pangkalpinang.

2. Apa saja kegiatan yang dapat dilakukan di pantai Parai Tenggiri?
Di pantai Parai Tenggiri, Anda dapat menikmati kegiatan berenang, snorkeling, atau bersantai di bibir pantai sambil menikmati keindahan pemandangan sekitar. Anda juga dapat mengunjungi Pulau Parai dan Pulau Pasir untuk melakukan kegiatan snorkeling, diving, atau sekadar bersantai.

3. Apakah ada penginapan di sekitar pantai Parai Tenggiri?
Ya, terdapat beberapa penginapan dan resort yang menawarkan akomodasi yang nyaman di sekitar pantai Parai Tenggiri. Anda dapat memilih menginap di resort yang terletak di tepi pantai untuk menikmati pemandangan laut yang indah.

4. Apa makanan khas yang dapat dicicipi di pantai Parai Tenggiri?
Di pantai Parai Tenggiri, Anda dapat mencicipi makanan laut segar seperti ikan tenggiri, kepiting, udang, dan kerang. Anda juga dapat mencoba makanan khas Bangka Belitung seperti mie belitung, sambal belacan, dan aneka kue tradisional.

BACA JUGA :  Pantai Tanjung Tinggi: Keindahan alam nan megah di Belitung

Conclusion:

Pantai Parai Tenggiri merupakan destinasi wisata yang menarik di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Dengan keindahan alamnya yang memesona dan berbagai kegiatan yang dapat dilakukan seperti berenang, snorkeling, atau sekadar bersantai, pantai ini menawarkan pengalaman liburan yang tak terlupakan. Tidak hanya itu, dengan adanya berbagai fasilitas penginapan dan restoran di sekitar pantai, pengunjung dapat menikmati kenyamanan selama berlibur. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi dan menikmati keindahan pantai Parai Tenggiri saat berkunjung ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.