Di Jogja, ada objek wisata yang bisa membawamu serasa naik mesin waktu. Ialah Ta...

Jelajahi Keindahan dan Sejarah Taman Sari, Objek Wisata Unik di Jogja

Di Jogja, terdapat sebuah objek wisata yang tidak hanya menawarkan keindahan arsitektur bersejarah, tetapi juga mampu membawa pengunjungnya merasakan sensasi seperti naik mesin waktu. Tempat tersebut adalah Taman Sari, sebuah bangunan bersejarah yang memiliki gaya arsitektur yang unik, menggabungkan unsur China, Jawa, Hindu, dan Portugis.

Salah satu bagian dari Taman Sari yang menarik perhatian adalah Sumur Gumuling. Bangunan ini terletak di dalam sebuah masjid yang tersembunyi. Untuk mencapainya, pengunjung harus melewati lorong bawah tanah yang menyerupai labirin. Di bagian tengah bangunan terdapat lima buah tangga yang melambangkan rukun Islam. Pijakan tangga tersebut juga berfungsi sebagai tempat wudhu, sedangkan air wudhu diambil dari sumur kecil yang terdapat di bawah tangga-tangga tersebut.

Saat ini, bangunan Sumur Gumuling hanya dapat dinikmati dalam bentuk cerita dan peninggalannya saja. Namun, tempat ini semakin terkenal sebagai salah satu spot foto yang menarik di Taman Sari. Pengunjung dapat mengambil gambar di dalam maupun di sekitar Sumur Gumuling untuk mengabadikan momen mereka di sini.

Taman Sari sendiri memiliki sejarah yang panjang di Jogja. Bangunan ini dibangun pada abad ke-18 sebagai tempat peristirahatan para sultan dan keluarganya. Tempat ini dulunya merupakan kompleks kehidupan keraton yang memiliki kolam renang pribadi, taman, dan air mancur. Saat ini, sisa-sisa Taman Sari yang masih ada memberikan keindahan dan daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang berkunjung.

Selain Sumur Gumuling, terdapat juga beberapa bagian menarik lainnya di Taman Sari, seperti kolam, gedung-gedung bersejarah, dan taman yang indah. Tempat ini merupakan bukti sejarah kejayaan Kerajaan Mataram Islam pada masa lalu. Ketika berada di Taman Sari, pengunjung dapat merasakan atmosfir yang khas dari era tersebut.

BACA JUGA :  Keindahan Langit Jakarta: Menjaga Kebersihan untuk Langit Biru Cerah

FAKTA MENARIK SEPUTAR TAMAN SARI

1. Keunikan Arsitektur
Taman Sari merupakan contoh unik dari perpaduan gaya arsitektur China, Jawa, Hindu, dan Portugis. Hal ini membuat Taman Sari memiliki daya tarik yang tak tertandingi dan menjadi salah satu objek wisata paling menarik di Jogja.

2. Lorong Bawah Tanah
Salah satu daya tarik utama dari Taman Sari adalah lorong bawah tanah yang memiliki tata letak yang rumit. Lorong ini menyerupai labirin dan menjadikan pengalaman pengunjung semakin menarik saat mencapai Sumur Gumuling yang tersembunyi di dalamnya.

3. Sumur Gumuling
Sumur Gumuling adalah salah satu bagian paling menarik dari Taman Sari. Bangunan ini merupakan tempat beribadah yang hanya bisa dicapai melalui lorong bawah tanah. Saat ini, Sumur Gumuling menjadi salah satu spot foto yang populer di Taman Sari.

4. Sejarah Kerajaan Mataram Islam
Taman Sari merupakan bukti sejarah kejayaan Kerajaan Mataram Islam pada masa lampau. Tempat ini dulunya merupakan kompleks kehidupan keraton dengan kolam renang pribadi, taman, dan air mancur. Sisa-sisa Taman Sari yang masih ada memberikan gambaran tentang kehidupan mewah para sultan dan keluarganya saat itu.

5. Spot Foto yang Menarik
Taman Sari menawarkan banyak spot foto yang indah dan menarik. Pengunjung dapat mengambil foto di dalam Sumur Gumuling, di sekitar kolam, atau di gedung-gedung bersejarah yang masih terdapat di Taman Sari. Setiap sudut tempat ini menawarkan keindahan yang patut diabadikan.

Panduan Kunjungan ke Taman Sari:

Lokasi: Taman Sari terletak di Jalan Tamanan, Kraton, Yogyakarta.
Jam Buka: Taman Sari buka setiap hari dari pukul 08.00 pagi hingga 15.00 siang.
Harga Tiket: Untuk masuk ke Taman Sari, pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp 15.000 untuk wisatawan domestik dan Rp 35.000 untuk wisatawan internasional.
Fasilitas: Di dalam area Taman Sari terdapat fasilitas seperti area parkir, toilet, dan kantin untuk memenuhi kebutuhan pengunjung.
Tips:
– Untuk menghindari kerumunan, disarankan untuk datang lebih awal saat pagi hari.
– Jangan lupa membawa air minum dan perlengkapan berfoto seperti kamera atau smartphone.
– Patuhi aturan pengunjung yang berlaku di Taman Sari untuk menjaga keindahan dan kelestariannya.

BACA JUGA :  Explore Keindahan Air Terjun Manggaya di Aceh Tengah

Kesimpulan:

Taman Sari adalah sebuah tempat wisata yang memikat di Jogja. Mengunjungi Taman Sari akan membawa pengunjung merasakan sensasi seperti naik mesin waktu menuju masa lalu. Keindahan arsitektur, kisah sejarah Kerajaan Mataram Islam, dan spot foto yang menarik menjadikan Taman Sari menjadi salah satu tempat yang layak dikunjungi di Jogja. Jika Anda berkunjung ke Jogja, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Taman Sari dan merasakan keajaiban yang ada di dalamnya.