Hendak ke Jogja? Kamu wajib ke Bantul!
. 
Bantul adalah sebuah Kabupaten yang sa...

Hendak ke Jogja? Kamu wajib ke Bantul! . Bantul adalah sebuah Kabupaten yang sa…

Hendak ke Jogja? Kamu wajib ke Bantul!

Bantul adalah sebuah Kabupaten yang sangat terkenal di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebab, di Bantul ada banyak sekali objek wisata yang bisa kita kunjungi. Salah satunya adalah Bukit Panguk Kediwung, tempat di mana kita bisa berburu sunrise yang eksotik.

Berlokasi di Mangunan, Dlingo, Bantul, kita juga pastinya akan melintasi beberapa objek wisata yang sudah lebih dulu hits di Bantul. Tapi bila ingin ke Bukit Panguk Kediwung, datanglah di pagi hari sebelum matahari terbit. Jangan sampai ketinggalan momen emas ini! Dijamin kamu akan takjub dengan panorama keindahan matahari terbit yang berpadu dengan gumpalan kabut yang menggulung seperti awan.

Tak salah, bila orang-orang sering mengatakan serasa berada di Negeri Atas Awan.

Pesona Wisata Yogyakarta

Yogyakarta memang sudah lama dikenal sebagai destinasi wisata yang menarik. Tidak hanya tentang kebudayaan dan sejarahnya yang kaya, Yogyakarta juga memiliki alam yang indah dengan pemandangan menakjubkan. Salah satu kabupaten di Yogyakarta yang menarik untuk dikunjungi adalah Bantul.

Bantul memiliki beragam objek wisata yang bisa memanjakan mata dan hati kita. Salah satunya adalah Bukit Panguk Kediwung. Lokasinya yang berada di ketinggian membuat kita bisa menikmati pemandangan indah kota Bantul dari atas. Terlebih lagi, saat matahari terbit, panorama yang tercipta begitu memukau dengan gumpalan kabut yang menggulung seperti awan.

Tidak hanya Bukit Panguk Kediwung, Bantul juga memiliki destinasi wisata lainnya seperti Pantai Parangtritis, Pantai Indrayanti, dan Air Terjun Sri Gethuk. Jadi, jika kamu hendak pergi ke Jogja, jangan lupa untuk mampir ke Bantul.

Destinasi Wisata Bantul

1. Bukit Panguk Kediwung

Bukit Panguk Kediwung merupakan salah satu spot terbaik untuk menyaksikan matahari terbit di Bantul. Keindahannya tak kalah dengan Bukit Panguk Kediwung. Setelah melewati perjalanan yang cukup menantang, kamu akan disuguhi pemandangan yang spektakuler.

BACA JUGA :  Jembatan Gantung Panjang di Sukabumi: Pengalaman Menegangkan dengan Pemandangan Spektakuler

Bukit ini terletak di Dlingo, Mangunan, Bantul. Biasanya, pengunjung datang ke Bukit Panguk Kediwung pada pagi hari sebelum matahari terbit untuk menikmati keindahan alam. Jangan lupa membawa kamera untuk mengambil foto-foto yang Instagramable di sini.

2. Pantai Parangtritis

Jika kamu suka dengan pemandangan pantai yang indah, Pantai Parangtritis adalah tempat yang tepat. Pantai ini terkenal dengan pasir hitamnya yang unik dan ombak yang sangat cocok untuk berselancar. Selain itu, di pantai ini juga terdapat legenda tentang Nyi Roro Kidul yang menambah daya tariknya.

Pantai tersebut terletak sekitar 27 kilometer dari Yogyakarta. Menyaksikan matahari terbenam di Pantai Parangtritis juga menjadi daya tarik tersendiri. Jadi, pastikan kamu tidak melewatkan momen yang indah ini.

3. Pantai Indrayanti

Foto: Pantai Indrayanti (pixabay.com)

Pantai Indrayanti juga merupakan salah satu destinasi wisata terkenal di Bantul. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Menghabiskan waktu di pantai ini sangat menyenangkan, apalagi saat menjelang matahari terbenam.

Pantai Indrayanti terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Bantul. Selain menikmati pemandangan alam yang indah, kamu juga bisa menikmati makanan laut segar yang disajikan di sekitar pantai.

4. Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk terletak di desa Bleberan, Playen, Bantul. Air terjun ini memiliki keunikan dengan adanya bebatuan yang membentuk “waduk”, di mana pengunjung bisa berenang atau sekadar berendam di dalamnya. Selain itu, ada juga deretan pohon beringin yang menjulang tinggi yang menambah keindahan air terjun ini.

Air Terjun Sri Gethuk ini juga dikenal dengan kelezatan liwetan (menu khas Jawa) yang bisa dinikmati di kompleks wisata tersebut.

BACA JUGA :  Menikmati Keindahan Alam di Lombok dengan Pendakian Gunung Rinjani

Panduan Menuju Bantul

Untuk mencapai Bantul, kamu bisa naik pesawat terbang ke Yogyakarta dan melanjutkan perjalanan menggunakan transportasi darat. Dari Bandara Yogyakarta, kamu bisa menggunakan taksi atau rental mobil untuk mencapai Bantul.

Jika kamu berencana menggunakan transportasi umum, dari Terminal Giwangan, Yogyakarta, kamu bisa naik bus menuju Jalan Ring Road Selatan dan turun di Terminal Bantul. Dari sana, kamu bisa menggunakan angkutan umum seperti Trans Jogja atau ojek untuk mencapai tempat wisata yang kamu tuju.

Frequently Asked Questions (FAQs):

1. Bagaimana cara menuju Bukit Panguk Kediwung?
Untuk menuju ke Bukit Panguk Kediwung, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa ojek dari Mangunan. Jalan menuju ke bukit ini agak terjal, jadi pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan baik.

2. Apakah ada fasilitas penginapan di Bantul?
Ya, di Bantul banyak tersedia penginapan mulai dari hotel berbintang hingga homestay. Kamu bisa memilih penginapan sesuai dengan budget dan kebutuhanmu.

3. Apa yang harus dibawa saat berkunjung ke Bantul?
Saat berkunjung ke Bantul, pastikan untuk membawa kamera, sunblock, topi, dan air minum. Sebagai pengunjung yang bertanggung jawab, kita juga harus menjaga kebersihan dan keindahan alam.

4. Kapan waktu terbaik untuk mengunjungi Bantul?
Untuk bisa menikmati sunrise di Bukit Panguk Kediwung, disarankan datang di pagi hari sebelum matahari terbit. Namun, setiap objek wisata di Bantul dapat dikunjungi setiap saat selama cuaca memungkinkan.

5. Apa lagi yang bisa dikunjungi di Bantul selain dari Bukit Panguk Kediwung?
Selain Bukit Panguk Kediwung, ada banyak destinasi wisata menarik di Bantul seperti Pantai Parangtritis, Pantai Indrayanti, Air Terjun Sri Gethuk, dan Goa Pindul. Kamu juga bisa mengunjungi Desa Wisata Mangunan yang menawarkan pemandangan alam yang indah.

BACA JUGA :  Wisata Belanja dan Budaya di Kampung Laweyan, Destinasi Batik Terkenal di Solo

Kesimpulan

Bantul merupakan kabupaten yang terkenal di Daerah Istimewa Yogyakarta dengan berbagai objek wisata menarik. Salah satunya adalah Bukit Panguk Kediwung yang menyajikan pemandangan matahari terbit yang indah. Selain itu, ada juga Pantai Parangtritis dengan pasir hitamnya yang unik, Pantai Indrayanti dengan pasir putihnya yang lembut, dan Air Terjun Sri Gethuk dengan keunikan waduk yang ada di dekatnya.

Bila kamu sedang merencanakan perjalanan ke Jogja, jangan lupa mampir ke Bantul untuk menikmati keindahan alamnya. Siapkan kamera dan nikmati momen indah yang hanya bisa kamu temukan di Bantul. Selamat berlibur!