Belgica Fort adalah salah satu benteng yang dibangun di Banda Neira pada abad ke...

Wisata Ambon – Menikmati Keindahan Benteng Belgica dan Tempat-tempat Wisata Lainnya di Ambon

Benteng Belgica adalah salah satu situs bersejarah yang terletak di Banda Neira, Ambon. Benteng ini dibangun pada abad ke-17 saat Banda Neira merupakan salah satu penghasil pala terbesar di dunia. Dalam artikel ini, kami akan mengeksplorasi lebih dalam tentang Benteng Belgica dan tempat-tempat wisata menarik lainnya di Ambon.

## Jelajahi Benteng Belgica dan Sejarahnya

Benteng Belgica adalah salah satu simbol bersejarah yang masih lestari di Banda Neira. Benteng ini awalnya didirikan oleh pihak Belanda pada tahun 1611 dengan tujuan untuk menguasai perdagangan pala yang kala itu sangat bernilai tinggi. Benteng ini juga menjadi salah satu dari sepuluh benteng yang digunakan untuk membentuk “Gordel van Smaragd” atau “Sableng Esmeralda” yang bertujuan untuk mengendalikan jalur perdagangan dan sumber daya alam di wilayah Hindia Belanda.

Benteng Belgica terletak di atas bukit yang sangat strategis, memberikan pemandangan yang indah dan taktis. Bangunan benteng ini terbuat dari batu alam dan dikelilingi oleh tembok yang kokoh. Di dalam benteng terdapat beberapa ruangan yang digunakan sebagai tempat tinggal untuk pasukan Belanda. Beberapa bagian bangunan benteng ini masih lestari dan dapat dikunjungi oleh wisatawan.

Kunjungi Benteng Belgica untuk merasakan suasana bersejarah dan menikmati pemandangan yang indah. Dari atas benteng, pengunjung dapat melihat keindahan pulau-pulau sekitarnya dan laut yang memukau. Jika Anda ingin belajar lebih dalam mengenai sejarah kolonial di Ambon, berbagai jenis tur dan pemandu wisata tersedia di sekitar area ini.

## Objek Wisata Lainnya di Ambon

Selain Benteng Belgica, Ambon juga memiliki sejumlah objek wisata menarik lainnya yang patut dikunjungi. Berikut beberapa di antaranya:

### Pantai Liang

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Ambon - #exploreambon photo today by taken at Kota Ambon.#exploreindonesia#jembatanme...

Pantai Liang merupakan salah satu pantai terpopuler di Ambon. Pantai ini terletak di Desa Liang, sekitar 20 kilometer dari pusat kota Ambon. Pantai Liang menawarkan pasir putih yang bersih, air laut yang jernih, serta hamparan terumbu karang yang indah. Pantai ini adalah tempat yang tepat untuk bersantai, berenang, menyelam, snorkeling, atau hanya menikmati keindahan alam sekitarnya.

### Danau Hurnoko

Danau Hurnoko adalah sebuah danau yang terletak di desa Waihoka, sekitar 15 kilometer dari pusat kota Ambon. Danau ini adalah tempat yang tepat untuk menikmati keindahan alam sambil berolahraga. Pengunjung dapat bersepeda, berjalan-jalan di sekitar danau, atau sekadar duduk santai sambil menikmati pemandangan yang indah.

### Gunung Salahutu

Gunung Salahutu adalah gunung yang terletak di bagian tengah Pulau Ambon. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1.100 meter di atas permukaan laut dan merupakan salah satu destinasi hiking populer di wilayah ini. Pendakian ke puncak Gunung Salahutu akan menghadirkan pemandangan yang mengagumkan, dan merupakan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pecinta alam dan petualang.

### Pantai Natsepa

Pantai Natsepa juga merupakan salah satu pantai yang terkenal di Ambon. Pantai ini terletak sekitar 18 kilometer dari pusat kota Ambon dan menawarkan pasir putih yang halus, air laut yang jernih, dan pemandangan matahari terbenam yang indah. Pantai ini juga menyediakan fasilitas seperti restoran dan area bermain anak, menjadikannya tempat yang populer untuk dikunjungi oleh wisatawan lokal dan mancanegara.

## FAQ

### Apakah Benteng Belgica dapat dikunjungi oleh semua orang?

Ya, Benteng Belgica dapat dikunjungi oleh siapa saja, baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

### Bagaimana cara mencapai Benteng Belgica?

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Ambon: Destinasi Wisata Menakjubkan di Provinsi Maluku

Benteng Belgica terletak di Banda Neira, yang dapat dicapai dengan naik kapal dari Pelabuhan Tulehu di Ambon. Perjalanan laut ini memakan waktu sekitar 1-2 jam tergantung pada kondisi cuaca. Setibanya di Banda Neira, pengunjung dapat menggunakan transportasi umum atau berjalan kaki untuk mencapai Benteng Belgica.

### Apakah terdapat pemandu wisata di Benteng Belgica?

Ya, terdapat pemandu wisata yang dapat Anda sewa di Benteng Belgica untuk memberikan informasi sejarah dan pengalaman yang lebih kaya selama kunjungan Anda.

### Apakah terdapat tiket masuk untuk mengunjungi Benteng Belgica?

Ya, terdapat tiket masuk yang harus dibayar untuk masuk ke Benteng Belgica. Harga tiket tersebut dapat berubah sewaktu-waktu, jadi sebaiknya Anda memeriksa terlebih dahulu sebelum melakukan kunjungan.

## Kesimpulan

Benteng Belgica adalah salah satu situs bersejarah yang penting di Ambon. Mengunjungi benteng ini akan membawa Anda kembali ke masa lalu dan memberikan pengalaman yang berbeda dalam menjelajahi warisan sejarah Ambon. Selain Benteng Belgica, Ambon juga menawarkan banyak tempat wisata menarik lainnya seperti Pantai Liang, Danau Hurnoko, Gunung Salahutu, dan Pantai Natsepa. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi keindahan dan sejarah Ambon saat Anda berada di sana.