#exploreambon photo today by  taken at Ngurtavur island, Tual, Maluku Tenggara, ...

Jelajah Wisata Ambon: Destinasi Indah di Maluku Tenggara

Liburdulu.com adalah situs web yang menyediakan informasi dan inspirasi perjalanan wisata di Indonesia. Salah satu destinasi yang dipromosikan di situs web ini adalah Ambon, ibukota Provinsi Maluku. Ambon adalah pulau yang indah dan menawarkan berbagai keindahan alam serta situs sejarah yang menarik. Dalam artikel ini, kami akan menjelajahi beberapa tempat wisata terbaik di Ambon dan memberikan informasi praktis tentang perjalanan ke pulau ini.

## Tempat Wisata di Ambon

1. Pantai Natsepa:
Pantai Natsepa adalah salah satu pantai terpopuler di Ambon. Terletak sekitar 8 kilometer dari pusat kota Ambon, pantai ini menawarkan pasir putih yang lembut, air jernih, dan pemandangan alam yang menakjubkan. Pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas di sini, seperti berenang, berjemur, atau bermain voli pantai. Pantai Natsepa juga memiliki fasilitas seperti restoran dan penginapan.

2. Benteng Amsterdam:
Benteng Amsterdam adalah saksi bisu dari masa penjajahan Belanda di Ambon. Benteng ini adalah salah satu benteng terbesar di Indonesia dan merupakan peninggalan sejarah yang penting. Pengunjung dapat menjelajahi area ini dan melihat jajaran meriam yang masih dipertahankan. Dengan dikelilingi oleh pemandangan alam yang indah, benteng ini menawarkan pengalaman yang menarik bagi para pengunjung yang tertarik dengan sejarah dan budaya.

3. Gunung Salahutu:
Gunung Salahutu adalah gunung berapi yang masih aktif di Ambon. Naik ke puncak gunung ini bisa menjadi petualangan menarik bagi para pendaki gunung. Dari puncak, pengunjung dapat menikmati pemandangan indah dari pulau-pulau sekitarnya dan Teluk Ambon yang menakjubkan. Namun, perjalanan ke Gunung Salahutu membutuhkan persiapan yang baik dan dikawal oleh pemandu yang berpengalaman.

4. Pantai Liang:
Pantai Liang terletak di sisi selatan Pulau Ambon. Pantai ini memanjakan pengunjung dengan pasir putihnya yang lembut dan air laut yang jernih. Spot snorkeling di pantai ini juga sangat menarik dengan keanekaragaman terumbu karang dan biota laut yang mempesona. Setelah berenang atau snorkeling, pengunjung dapat menikmati makanan laut segar di warung-warung makan yang ada di sekitar pantai.

BACA JUGA :  Jelajahi Keindahan Kota Ambon: Patung Pattimura, Museum Siwalima, dan Pantai-pantai Menakjubkan

5. Danau Maninjau:
Danau Maninjau adalah sebuah danau alami yang berada di wilayah terpencil di Pulau Ambon. Danau ini menawarkan keindahan alam yang memukau dengan airnya yang jernih dan pemandangan pegunungan di sekitarnya. Pengunjung dapat bertualang dengan menyewa perahu atau melakukan aktivitas memancing di danau ini. Danau Maninjau juga menjadi tempat rekreasi populer bagi penduduk setempat, terutama pada hari libur.

## Tips Perjalanan ke Ambon

1. Transportasi:
Ambon dapat diakses melalui penerbangan dari Jakarta atau kota-kota besar lainnya di Indonesia. Maskapai seperti Garuda Indonesia, Lion Air, dan Batik Air memiliki penerbangan menuju Ambon. Setelah tiba di Bandara Internasional Pattimura, pengunjung dapat menggunakan taksi atau bus untuk menuju ke pusat kota atau destinasi wisata yang diinginkan.

2. Akomodasi:
Ambon menawarkan berbagai pilihan akomodasi, mulai dari hotel berbintang hingga penginapan budaya. Beberapa hotel terkenal di Ambon termasuk Swiss-Belhotel Ambon, Aston Natsepa Resort & Conference Center, dan Amaris Hotel Ambon. Pastikan untuk memesan akomodasi sebelumnya sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

3. Cuaca:
Ambon memiliki iklim tropis basah dan kering. Suhu rata-rata harian berkisar antara 23-32 derajat Celsius sepanjang tahun. Musim kemarau biasanya terjadi antara April hingga Oktober, sementara musim hujan terjadi antara November hingga Maret. Selama musim hujan, persiapkan diri Anda dengan membawa payung atau jas hujan.

4. Makanan:
Ambon terkenal dengan masakan seafoodnya yang lezat. Cobalah beberapa hidangan khas Ambon seperti ikan bakar, sate Ambon, atau rawon Ambon. Jangan lewatkan pula untuk mencicipi papeda, makanan khas Maluku yang terbuat dari sagu.

## FAQ

Q: Apakah disarankan untuk menyewa mobil di Ambon?
A: Jika Anda ingin menjelajah Ambon secara mandiri, menyewa mobil adalah pilihan yang baik. Namun, perlu diingat bahwa jalanan di Ambon mungkin tidak selalu dalam kondisi yang baik dan ada kemungkinan terjadi kemacetan di pusat kota.

BACA JUGA :  10 Tempat Wisata di Ambon yang Wajib Dikunjungi

Q: Apakah Ambon aman untuk dikunjungi?
A: Ambon adalah tempat yang relatif aman untuk dikunjungi, tetapi tetap waspada terhadap barang berharga Anda dan jangan tinggalkan barang berharga di tempat umum. Pastikan juga untuk mengikuti instruksi dan anjuran pemerintah setempat.

Q: Bagaimana dengan transportasi umum di Ambon?
A: Di Ambon, transportasi umum terutama tersedia dalam bentuk angkutan umum berupa bus dan taksi. Namun, taksi dapat menjadi pilihan yang lebih nyaman dan fleksibel untuk perjalanan di sekitar kota.

Q: Adakah festival atau acara khusus di Ambon?
A: Ambon memiliki beberapa festival dan acara yang menarik, salah satunya adalah Festival Teluk Ambon. Festival ini biasanya dilaksanakan pada bulan Oktober dan menampilkan berbagai pertunjukan, karnaval, dan kegiatan budaya.

## Kesimpulan

Ambon adalah destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi di Indonesia. Pulau ini menawarkan pemandangan alam yang indah, situs sejarah yang menarik, dan berbagai kegiatan menarik. Mulai dari menikmati pantai dan laut yang spektakuler, menjelajahi benteng peninggalan Belanda, atau mendaki gunung aktif, Ambon memiliki sesuatu untuk semua orang. Jadi, jika Anda sedang merencanakan liburan, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi keindahan Ambon!