#livepost
Atraksi Pukul Manyapu, Morella, Maluku....

Jelajah Wisata Ambon – Temukan Kecantikan Desa Morella dan Atraksi Pukul Manyapu di Maluku

Ambon, ibukota provinsi Maluku, adalah tujuan wisata yang menarik di Indonesia. Dengan keindahan alamnya yang luar biasa, sejarah yang kaya, dan budaya yang unik, Ambon menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi para wisatawan. Salah satu atraksi terkenal di Ambon adalah Pukul Manyapu di desa Morella.

Pukul Manyapu merupakan tradisi unik yang berasal dari daerah Morella, Maluku. Tradisi ini melibatkan sekelompok pria yang menari dan memukul lidi kayu dengan iringan musik tradisional. Pukul Manyapu biasanya dilakukan dalam rangkaian acara adat seperti pernikahan, penyambutan tamu penting, atau festival budaya.

Desa Morella, tempat Pukul Manyapu dilakukan, terletak sekitar 30 kilometer dari pusat Kota Ambon. Desa ini dikelilingi oleh hutan tropis yang mempesona dan pemandangan alam yang indah. Untuk mencapai desa Morella, Anda bisa menggunakan angkutan umum atau menyewa kendaraan pribadi. Perjalanan menuju desa akan memberikan Anda kesempatan untuk menikmati keindahan alam Maluku.

Sampai di desa Morella, Anda akan disambut oleh suasana yang kental dengan budaya lokal. Anda dapat melihat rumah tradisional yang terbuat dari kayu dan bambu, serta kebun-kebun yang ditanami tanaman lokal seperti cengkih dan kelapa. Desa ini juga terkenal dengan kerajinan tangan yang dihasilkan oleh penduduk setempat, seperti anyaman tikar dan patung kayu.

Atraksi utama di desa Morella adalah Pukul Manyapu. Ketika tanggal acara sudah ditentukan, para penduduk desa akan mempersiapkan segala hal untuk menyambut tamu. Pria-pria desa akan mengenakan pakaian adat yang terdiri dari kain sarung dan ikat kepala. Mereka akan membawa lidi kayu yang panjang dan mulai memainkannya dengan ritme yang khas.

Pukul Manyapu bukan hanya tentang memukul lidi kayu, melainkan juga tentang tarian yang enerjik dan kebersamaan antara para penari. Mereka akan melompat-lompat dan melakukan gerakan yang lincah sambil memainkan lidi kayu. Musik tradisional seperti tifa dan gong akan mengiringi atraksi ini, menciptakan suasana yang semakin meriah.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Ambon - #exploreambon photo today by taken at Tanusang Bas, Pulau Geser, SBT, Maluku#e...

Bagi yang ingin ikut ambil bagian dalam Pukul Manyapu, Anda bisa bergabung dengan kelompok pria desa dan belajar gerakan-gerakan tradisional. Para penari lokal akan senang berbagi budaya mereka dengan tamu dari luar daerah. Namun, pastikan Anda memiliki stamina yang cukup karena atraksi ini bisa menjadi cukup melelahkan.

Selain menikmati Pukul Manyapu, Anda juga bisa menjelajahi keindahan alam sekitar desa Morella. Terdapat beberapa trek hiking yang memungkinkan Anda menyusuri hutan tropis dan menikmati pemandangan indah. Anda juga bisa mengunjungi pantai-pantai terdekat seperti Pantai Liang dan Pantai Natsepa yang menawarkan pasir putih dan air laut yang jernih.

Bagi pecinta sejarah, Ambon juga memiliki banyak situs bersejarah yang menarik. Anda dapat mengunjungi Benteng Amsterdam, sebuah benteng peninggalan kolonial Belanda yang dibangun pada abad ke-17. Di dalam benteng ini, terdapat museum yang menampilkan artefak dan gambaran tentang sejarah Ambon. Anda juga dapat menjelajahi kawasan Kota Tua Ambon yang penuh dengan bangunan tua berarsitektur kolonial.

Untuk menutup perjalanan Anda, jangan lewatkan mencicipi hidangan khas Maluku di restoran atau warung makan lokal. Rempah-rempah Maluku seperti cengkih, kluwek, dan pala akan memberikan cita rasa unik pada masakan tradisional. Cobalah beberapa hidangan terkenal seperti nasi rica-rica, ikan bakar, dan papeda.

FAQ:

Q: Bagaimana cara menuju desa Morella?
A: Anda bisa menggunakan angkutan umum atau menyewa kendaraan pribadi untuk mencapai desa Morella. Desa ini terletak sekitar 30 kilometer dari pusat Kota Ambon.

Q: Apa saja atraksi lain yang bisa dinikmati di Ambon?
A: Selain Pukul Manyapu di desa Morella, Anda juga dapat mengunjungi pantai-pantai indah seperti Pantai Liang dan Pantai Natsepa, serta situs bersejarah seperti Benteng Amsterdam dan Kota Tua Ambon.

BACA JUGA :  Jelajahi Keindahan Wisata Ambon dengan Liburdulu.com!

Q: Apa makanan khas Maluku yang direkomendasikan untuk dicoba?
A: Beberapa makanan khas Maluku yang direkomendasikan untuk dicoba adalah nasi rica-rica, ikan bakar, dan papeda. Jangan lupa mencicipi rempah-rempah Maluku yang unik seperti cengkih, kluwek, dan pala.

Conclusion:

Ambon adalah tujuan wisata yang menarik di Indonesia. Salah satu atraksi terkenal di Ambon adalah Pukul Manyapu di desa Morella, Maluku. Atraksi ini melibatkan sekelompok pria yang memainkan lidi kayu dengan iringan musik tradisional. Selain itu, Ambon juga menawarkan keindahan alam yang luar biasa, situs-situs bersejarah yang menarik, dan makanan khas Maluku yang lezat. Dengan mengunjungi desa Morella dan atraksi Pukul Manyapu ini, Anda akan mendapatkan pengalaman wisata yang tak terlupakan di Ambon.