De Vries, now known as OCBC Bank, is one of the heritage building in Bandung cit...

Mengenal Lebih Dekat Bangunan De Vries, Bangunan Bersejarah di Bandung – Jelajahi Wisata Bandung

Jelajah Wisata Bandung – De Vries, dalam bahasa Indonesia dikenal juga sebagai Bank OCBC, adalah salah satu bangunan bersejarah di kota Bandung yang tercatat sebagai department store pertama di Bandung. Bangunan ini memiliki nilai sejarah yang tinggi karena merupakan saksi bisu perkembangan kota Bandung pada masa kolonial Belanda. Dalam artikel ini, akan dibahas lebih detail mengenai bangunan De Vries serta beberapa informasi wisata Bandung lainnya.

## Sejarah Bangunan De Vries

Bangunan De Vries, yang sekarang dikenal sebagai Bank OCBC, dibangun pada tahun 1929 dan menjadi salah satu tempat perbelanjaan terbesar di Bandung pada masanya. Bangunan ini didesain oleh arsitek terkenal dari Belanda, C.P. Wolff Schoemaker, yang juga merancang banyak bangunan bersejarah lainnya di Bandung. Style arsitektur bangunan ini menggabungkan gaya Art Deco serta gaya modern pada masa itu.

Bangunan De Vries memiliki arsitektur yang sangat menarik dan kaya akan detail. Bagian luarnya terdapat patung-patung dan hiasan-hiasan yang menarik perhatian. Di dalam bangunan, terdapat tangga-tangga yang elegan, dinding-dinding dengan detail yang rumit, dan lantai-lantai dengan mozaik yang indah. Semua elemen ini mencerminkan kejayaan dan kemegahan bangunan pada masa lalu.

Pada awalnya, bangunan De Vries digunakan sebagai department store yang menyediakan berbagai macam barang-barang kebutuhan sehari-hari, mulai dari pakaian hingga peralatan rumah tangga. Selain itu, department store ini juga menawarkan berbagai fasilitas seperti restoran dan bioskop.

Namun, seiring berjalannya waktu, kegiatan bisnis di bangunan ini mengalami perubahan. Pada tahun 2005, bangunan De Vries diubah menjadi Bank OCBC dan sejak itu menjadi salah satu kantor bank yang terkenal di Bandung.

## Tempat Wisata di Bandung Lainnya

BACA JUGA :  Eksplorasi Taman Hutan Babakan Siliwangi di Bandung - Nikmati Keindahan Alam dan Kuliner Khas

Selain bangunan De Vries, Bandung juga memiliki banyak tempat wisata menarik lainnya yang layak dikunjungi. Berikut beberapa di antaranya:

1. Kawasan Puncak

Kawasan Puncak merupakan salah satu tempat wisata yang terkenal di Bandung. Di sini, Anda dapat menikmati pemandangan alam yang indah dengan hamparan perkebunan teh yang hijau. Selain itu, terdapat juga berbagai taman bunga, kebun binatang, dan tempat permainan anak-anak.

2. Jalan Braga

Jalan Braga adalah salah satu jalan bersejarah di Bandung yang penuh dengan bangunan-bangunan kuno dan gedung-gedung bersejarah. Di sini, Anda dapat menikmati suasana vintage dan berjalan-jalan sambil menikmati kuliner khas Bandung.

3. Saung Angklung Mang Udjo

Untuk penggemar budaya dan seni, Saung Angklung Mang Udjo adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Di sini, Anda dapat menikmati pertunjukan angklung, alat musik tradisional khas Sunda yang terbuat dari bambu, serta berbagai pertunjukan seni dan tarian tradisional Sunda.

4. Dusun Bambu

Dusun Bambu adalah wisata alam yang menawarkan suasana yang segar dan alami. Di sini, terdapat area camping, taman bunga, restoran, dan berbagai wahana permainan anak-anak. Dusun Bambu juga memiliki konsep ramah lingkungan dan menggunakan bahan-bahan alami dalam bangunan dan fasilitasnya.

## FAQ

Berikut beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan mengenai wisata di Bandung:

1. Bagaimana cara menuju ke Bank OCBC (De Vries) di Bandung?
Untuk menuju ke Bank OCBC (De Vries) di Bandung, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi, taksi, atau juga transportasi umum seperti angkutan kota. Bangunan ini terletak di Jl. Asia Afrika, Pusat Kota, Bandung.

2. Apa saja fasilitas yang tersedia di bangunan De Vries (Bank OCBC)?
Bangunan De Vries yang sekarang dikenal sebagai Bank OCBC sekarang digunakan sebagai kantor bank. Namun, fasad bangunannya memiliki nilai arsitektur yang tinggi dan dapat dinikmati sebagai objek wisata.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Sukabumi: Destinasi Wisata menakjubkan di Jawa Barat

3. Apakah ada biaya masuk untuk mengunjungi bangunan De Vries (Bank OCBC)?
Tidak ada biaya masuk untuk mengunjungi bangunan De Vries (Bank OCBC). Anda dapat mengambil foto atau sekadar menikmati keindahannya tanpa dipungut biaya.

4. Apa waktu terbaik untuk mengunjungi tempat wisata di Bandung?
Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat wisata di Bandung adalah saat musim kemarau atau saat cuaca sedang cerah. Namun, Bandung dapat dikunjungi sepanjang tahun dan memiliki cuaca yang relatif sejuk karena letaknya di dataran tinggi.

## Kesimpulan

Bangunan De Vries, yang sekarang dikenal sebagai Bank OCBC, adalah salah satu bangunan bersejarah di Bandung yang memiliki nilai arsitektur dan sejarah yang tinggi. Wisatawan dapat mengunjungi bangunan ini untuk menikmati keindahannya dan juga menyaksikan kemegahan kota Bandung pada masa kolonial Belanda. Selain itu, Bandung juga memiliki banyak tempat wisata menarik lainnya seperti Kawasan Puncak, Jalan Braga, Saung Angklung Mang Udjo, dan Dusun Bambu. Setiap tempat wisata menawarkan pengalaman yang unik dan memberikan kesempatan bagi wisatawan untuk menikmati keindahan alam, budaya, dan kuliner khas Bandung. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi dan menikmati semua yang Bandung tawarkan!