#eb_story 
Pasar Baru, mendengar namanya saja kita langsung terbayang hiruk piku...

Jelajahi Pesona Pasar Baru di Bandung – #eb_story

Jelajah Wisata Bandung – #eb_story

Pasar Baru, mendengar namanya saja kita langsung terbayang hiruk pikuk yang terkadang memberi kesan tersendiri, terutama menjelang hari raya Idul Fitri. Pasar Baru adalah salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi saat berlibur di Bandung. Pasar ini menjadi saksi sejarah berdirinya Kota Bandung dan memiliki pesona khas yang menarik bagi para pengunjung. Dalam artikel ini, kami akan mengajak Anda untuk menjelajah Pasar Baru, mengenal sejarahnya, dan menikmati berbagai kuliner khas Bandung.

Pasar Baru memang sudah tidak asing bagi warga Bandung. Namun, bagi Anda yang baru pertama kali mengunjungi Bandung, Pasar Baru adalah tempat yang menarik untuk dijelajahi. Pasar ini terletak di Jalan Otto Iskandardinata dan terkenal sebagai pusat perbelanjaan tekstil yang menjual berbagai macam kain, pakaian, aksesoris, dan lainnya. Selain itu, Pasar Baru juga memiliki bangunan bersejarah yang menjadi daya tarik tersendiri.

Sejarah Pasar Baru

Pasar Baru berdiri sejak tahun 1914, menjadikannya salah satu pasar tertua di Kota Bandung. Pada awalnya, pasar ini didirikan oleh seorang tokoh pergerakan nasional, yaitu Muhammad Husni Thamrin. Beliau adalah seorang pejuang kemerdekaan yang juga merupakan salah satu bapak kota Bandung. Pasar Baru awalnya didirikan sebagai pasar modern yang menawarkan produk-produk import. Namun seiring berjalannya waktu, pasar ini berkembang menjadi pusat perbelanjaan yang menjual berbagai produk lokal dan internasional.

Menjelajah Pasar Baru

Ketika Anda memasuki Pasar Baru, Anda akan merasakan suasana yang begitu ramai dan berwarna-warni. Terdapat berbagai toko dan kios yang menjual berbagai barang mulai dari kain, baju, aksesoris, sepatu, dan masih banyak lagi. Jalan-jalan sempit yang dipenuhi dengan pedagang dan pengunjung, menjadikan Pasar Baru terlihat begitu hidup.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Sukabumi - Kunjungi Bukit Baros Outdoor Camp, Tempat Wisata Menakjubkan di Sukabumi!

Selain berbelanja, Anda juga dapat menikmati kuliner khas Bandung di Pasar Baru. Terdapat banyak warung makan dan kedai kopi yang menjajakan makanan dan minuman lezat. Beberapa makanan yang wajib dicoba di Pasar Baru antara lain siomay, batagor, sate kelinci, dan nasi timbel. Rasakan sensasi kuliner yang autentik dan nikmati kelezatan makanan khas Bandung.

Pasar Baru juga merupakan tempat yang cocok untuk berburu oleh-oleh khas Bandung. Anda dapat membeli berbagai produk olahan dari kacang, seperti pisang sale, onggok, dan masih banyak lagi. Selain itu, Anda juga dapat membeli batik, tas, dan kerajinan tangan lainnya sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan teman.

Tips Berkunjung ke Pasar Baru

Untuk membuat perjalanan Anda ke Pasar Baru lebih nyaman, berikut adalah beberapa tips yang perlu Anda ketahui:

1. Pilih waktu yang tepat. Pasar Baru biasanya penuh dengan pengunjung, terutama pada akhir pekan dan menjelang hari raya. Jika Anda ingin menghindari keramaian, sebaiknya kunjungi pada hari biasa dan di luar waktu ramai.

2. Bawa uang tunai yang cukup. Meskipun sebagian besar pedagang menerima pembayaran dengan kartu, tetapi sebaiknya Anda membawa uang tunai karena beberapa pedagang kecil masih menggunakan sistem pembayaran tunai.

3. Jaga barang bawaan dengan baik. Pasar Baru merupakan tempat yang ramai dan penuh dengan pengunjung. Pastikan Anda menjaga barang bawaan Anda dengan baik sehingga tidak hilang atau dicuri.

4. Jelajahi seluruh bagian Pasar Baru. Pasar Baru memiliki banyak jalan dan lorong yang dapat dijelajahi. Jangan hanya berpusat di satu area, melainkan jelajahi seluruh bagian pasar untuk mendapatkan pengalaman yang lebih lengkap.

FAQs (Pertanyaan Umum)

Q: Apa saja kuliner khas Bandung yang dapat ditemukan di Pasar Baru?
A: Di Pasar Baru, Anda dapat menemukan berbagai kuliner khas Bandung seperti siomay, batagor, sate kelinci, dan nasi timbel.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Sukabumi - Ramadan Mubarak: Tempat Wisata Menarik di Sukabumi yang Cocok untuk Liburan di Bulan Ramadan

Q: Apakah Pasar Baru hanya menjual produk tekstil?
A: Tidak, Pasar Baru juga menjual berbagai barang dan produk lainnya seperti aksesoris, sepatu, tas, dan oleh-oleh khas Bandung.

Q: Kapan waktu terbaik untuk mengunjungi Pasar Baru?
A: Waktu terbaik untuk mengunjungi Pasar Baru adalah pada hari biasa dan di luar waktu ramai seperti akhir pekan dan menjelang hari raya.

Q: Apakah Pasar Baru menerima pembayaran dengan kartu?
A: Sebagian besar pedagang di Pasar Baru menerima pembayaran dengan kartu, tetapi sebaiknya Anda membawa uang tunai sebagai cadangan.

Q: Apakah ada tempat parkir di sekitar Pasar Baru?
A: Ya, terdapat beberapa tempat parkir di sekitar Pasar Baru. Namun, karena biasanya ramai, pastikan Anda datang lebih awal untuk mendapatkan tempat parkir yang baik.

Conclusion

Pasar Baru merupakan salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi saat berlibur di Bandung. Selain menjual berbagai produk tekstil, pasar ini juga menawarkan pengalaman berbelanja yang unik dan kuliner khas Bandung yang lezat. Dengan menjelajahi Pasar Baru, Anda dapat merasakan atmosfer kota Bandung yang khas dan membawa pulang oleh-oleh yang mengingatkan Anda akan perjalanan Anda di kota ini. Jadi, jangan lupakan untuk mengunjungi Pasar Baru saat berlibur di Bandung!