Kalau sering makan pempek Palembang cobalah sekali-kali mencoba pempek Bangka. M...

Jelajah Wisata Bangka: Mencicipi Kelezatan Pempek Bangka dan Tempat Makan Terbaik

Liburan adalah waktu yang tepat untuk mencoba makanan khas daerah yang kita kunjungi. Jadi, jika Anda pernah mencoba pempek Palembang dan menyukainya, cobalah mencicipi pempek Bangka pada perjalanan wisata Anda berikutnya. Meskipun pempek berasal dari Sumatera Selatan, pempek Palembang memiliki banyak variasi seperti adaan, kulit, keriting, lenjer, pistel, kapal selam, dan banyak lagi. Sedangkan pempek Bangka hanya memiliki dua variasi yaitu lenjer dan kulit.

Perbedaan yang paling mencolok antara pempek Bangka dan Palembang adalah kuahnya. Jika di Palembang, kuah pempek, yang disebut “cuko”, memiliki warna hitam pekat akibat penggunaan gula merah, sedangkan di Bangka, kuah pempek memiliki warna merah keoranyeannya sendiri. Pempek Bangka biasanya disajikan dengan tiga jenis kuah yaitu kuah cabai dengan jeruk kunci, kuah cabai tauco, dan kuah cabai dengan terasi. Selain itu, jika Anda berkunjung ke Bangka, Anda tidak akan kesulitan menemukan tempat untuk mencicipi pempek Bangka ini karena hampir setiap tempat makan di sana menyajikan otak-otak khas Bangka.

Jika Anda tertarik untuk mencoba pempek Bangka, berikut adalah beberapa tempat yang direkomendasikan untuk mencari makanan lezat ini:

1. Pempek Mami – Pempek Mami merupakan salah satu tempat makan yang populer di Bangka. Di sini, Anda bisa menemukan pempek Bangka dengan berbagai pilihan kuah yang lezat. Tidak hanya itu, mereka juga menyajikan hidangan lain seperti pempek kulit dan pempek lenjer.

2. Pempek Pasar Baru – Terletak di Pasar Baru, tempat ini terkenal dengan pempek Bangka yang enak dan menyegarkan. Selain pempek, mereka juga menyajikan hidangan lain seperti tekwan dan mie celor.

3. Pempek Cik Kemala – Tempat ini juga dikenal dengan pempek Bangka yang lezat dan beragam kuah penyertanya. Selain itu, mereka juga menyajikan hidangan laut yang segar seperti cumi goreng tepung dan udang saus telur asin.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Bangka - Nikmati Keindahan Pulau Bangka dan Pantai-Pantai Menakjubkan

4. Pempek Nyonya Kamto – Pempek Nyonya Kamto adalah tempat yang sempurna untuk mencoba pempek Bangka yang lezat dengan harga terjangkau. Tempat ini dikenal dengan pempek kulit dan pempek lenjer yang kenyal dan enak.

FAQ:

1. Apa perbedaan antara pempek Bangka dan Palembang?
Pempek Bangka hanya memiliki dua variasi yaitu lenjer dan kulit, sedangkan pempek Palembang memiliki banyak variasi seperti adaan, kulit, keriting, lenjer, pistel, kapal selam, dan banyak lagi. Selain itu, kuah pempek Bangka memiliki warna merah keoranyeannya sendiri, sedangkan kuah pempek Palembang berwarna hitam pekat akibat penggunaan gula merah.

2. Di mana saya bisa mencari pempek Bangka di Bangka?
Anda dapat mencari pempek Bangka di banyak tempat makan di Bangka, terutama di tempat yang juga menyajikan otak-otak khas Bangka. Beberapa tempat yang disarankan adalah Pempek Mami, Pempek Pasar Baru, Pempek Cik Kemala, dan Pempek Nyonya Kamto.

3. Apa yang biasanya menjadi pendamping pempek Bangka?
Pempek Bangka biasanya disajikan dengan tiga jenis kuah yaitu kuah cabai dengan jeruk kunci, kuah cabai tauco, dan kuah cabai dengan terasi.

Kesimpulan:
Pempek Bangka adalah salah satu makanan khas yang harus Anda coba saat mengunjungi Bangka. Perbedaan dalam variasi dan kuah pempek ini memberikan pengalaman baru dalam mencicipi hidangan yang lezat. Pastikan untuk mencoba pempek Bangka di tempat-tempat rekomendasi seperti Pempek Mami, Pempek Pasar Baru, Pempek Cik Kemala, dan Pempek Nyonya Kamto. Jelajahi kuliner Bangka dan nikmati perjalanan wisata Anda dengan cita rasa yang khas!