Sudah kenal dengan masakan ini?
Sambal ini menggunakan ikan bilis sebagai bahan ...

Jelajah Wisata Bangka – Mencicipi Sambal Rusip Yang Menggugah Selera

Jelajah Wisata Bangka – Sudah Kenal dengan Masakan Ini?

Bangka Belitung adalah gugusan pulau yang memiliki keindahan alam yang menakjubkan serta beragam kuliner yang lezat. Salah satu masakan khas dari daerah tersebut adalah sambal rusip atau rusep. Sambal ini menggunakan ikan bilis sebagai bahan dasar fermentasi, dan menjadi penggugah selera makan masyarakat Bangka Belitung.

Sambal rusip atau rusep merupakan hasil fermentasi. Ikan bilis yang telah dibersihkan akan dicampur dengan garam dan gula merah, lalu diawetkan. Proses pengawetan minimal dilakukan selama tujuh hari. Setelah ikan bilis yang telah terfermentasi mengeluarkan bau asam, berarti ikan sudah siap untuk dikeluarkan. Ikan ini kemudian akan dicampur dengan jeruk kunci, bawang merah, dan cabai.

Rasa asam dari ikan dan jeruk bertemu dengan rasa khas bawang dan pedas dari cabai. Sambal rusip memiliki aroma yang kuat saat dicicipi. Rasa asam-manis yang tercampur dengan ikan akan memberikan sensasi yang berbeda dari sambal-sambal lainnya.

Masyarakat Bangka Belitung biasa menyantap sambal rusip bersama olahan ikan dan sayur-sayuran seperti selada, mentimun, dan terong. Dihidangkan dengan nasi hangat, sambal rusip menjadi teman kuliner yang wajib dicicipi ketika berkunjung ke Kepulauan Bangka Belitung.

FAQ

1. Apa itu sambal rusip?
Sambal rusip adalah sambal khas dari Bangka Belitung yang menggunakan ikan bilis sebagai bahan dasar fermentasi.

2. Bagaimana cara membuat sambal rusip?
Untuk membuat sambal rusip, ikan bilis yang telah dibersihkan dicampur dengan garam dan gula merah, lalu diawetkan selama minimal tujuh hari. Setelah terfermentasi, ikan bilis diaduk dengan jeruk kunci, bawang merah, dan cabai untuk memberikan rasa dan aroma yang khas.

3. Bagaimana rasanya sambal rusip?
Sambal rusip memiliki rasa asam-manis yang tercampur dengan ikan. Rasa asam dari ikan dan jeruk bertemu dengan rasa bawang yang khas serta pedas dari cabai, menghasilkan sensasi yang berbeda dari sambal-sambal lainnya.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Bangka - Nikmati Keindahan Alam dan Sejarahnya yang Memukau

4. Bagaimana cara menyantap sambal rusip?
Sambal rusip biasanya disajikan bersama olahan ikan dan sayur-sayuran seperti selada, mentimun, dan terong. Dihidangkan dengan nasi hangat, sambal rusip menjadi teman kuliner yang wajib dicicipi ketika berkunjung ke Kepulauan Bangka Belitung.

5. Dimana bisa mencoba sambal rusip?
Sambal rusip dapat dicoba ketika berkunjung ke Kepulauan Bangka Belitung. Banyak warung makan dan rumah makan tradisional di daerah tersebut yang menyajikan masakan khas Bangka Belitung, termasuk sambal rusip.

Conclusion

Sambal rusip merupakan salah satu hidangan khas dari Kepulauan Bangka Belitung. Dengan menggunakan ikan bilis sebagai bahan dasar fermentasi, sambal ini memiliki rasa asam-manis yang khas serta aroma yang kuat. Biasanya disajikan bersama olahan ikan dan sayur-mayur, sambal rusip menjadi teman kuliner yang wajib dicicipi ketika berkunjung ke daerah ini. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba sambal rusip saat menjelajah wisata di Bangka Belitung!