Tiang bendera berumur 300th & masjid Agung Keraton Buton. #explorebaubau #travel...

Jelajah Wisata Bau Bau: Tiang Bendera 300 Tahun & Masjid Agung Keraton Buton

Wisata Bau Bau adalah salah satu destinasi favorit di Indonesia. Kota yang terletak di Sulawesi Tenggara ini memiliki berbagai tempat menarik yang patut untuk dijelajahi. Dalam artikel ini, kami akan membahas dua tempat wisata terkenal di Bau Bau, yaitu Tiang Bendera berumur 300 tahun dan Masjid Agung Keraton Buton. Jadi, yuk jelajahi tempat wisata Bau Bau ini!

## Tiang Bendera berumur 300 tahun

Salah satu landmark yang terkenal di Kota Bau Bau adalah Tiang Bendera berumur 300 tahun. Tiang bendera ini memiliki sejarah yang kaya dan menjadi simbol kebanggaan masyarakat lokal. Dibangun pada tahun 1725 oleh raja Buton yang bernama La Ode Tumpalagi, tiang bendera ini merupakan salah satu dari 9 tiang bendera yang dibangun di sekitar Keraton Buton.

Tiang bendera memiliki tinggi sekitar 15 meter dan terbuat dari kayu ulin yang tahan terhadap cuaca dan serangan serangga. Tiang bendera ini juga dihiasi dengan ukiran-ukiran yang sangat indah dan detail. Pengunjung bisa melihat berbagai gambar di tiang bendera yang menceritakan kisah-kisah sejarah Kerajaan Buton.

Selain menjadi simbol kebanggaan dan sejarah, Tiang Bendera juga merupakan tempat yang nyaman untuk menikmati pemandangan Kota Bau Bau. Dari atas tiang bendera, pengunjung dapat melihat panorama Kota Bau Bau yang indah dengan laut yang mempesona di sekitarnya.

## Masjid Agung Keraton Buton

Tempat wisata lain yang wajib dikunjungi di Bau Bau adalah Masjid Agung Keraton Buton. Masjid ini terletak di kompleks Keraton Buton dan memiliki arsitektur yang sangat indah. Masjid ini dibangun pada abad ke-17 dan merupakan hasil karya arsitek terkenal saat itu.

Masjid Agung Keraton Buton memiliki atap berbentuk limas dengan dekorasi yang sangat detail dan elegan. Di dalam masjid, terdapat lukisan-lukisan unik yang menggambarkan kisah-kisah sejarah Keraton Buton. Masjid ini juga memiliki taman yang asri yang menjadi tempat favorit pengunjung untuk beristirahat dan menikmati keindahan sekitarnya.

BACA JUGA :  Jelajahi Keindahan Alam Bau Bau: Destinasi Wisata Menarik di Sulawesi Tenggara

Masjid Agung Keraton Buton juga menjadi tempat ibadah yang penting bagi masyarakat Muslim di Bau Bau. Setiap hari Jumat, umat Muslim berkumpul di masjid ini untuk melaksanakan salat Jumat secara berjamaah.

## FAQ

**1. Bagaimana cara menuju Tiang Bendera di Bau Bau?**
Untuk menuju Tiang Bendera di Bau Bau, pengunjung dapat menggunakan transportasi umum seperti angkot atau ojek. Lokasinya berada di pusat kota Bau Bau dan mudah dijangkau.

**2. Bagaimana dress code untuk masuk ke Masjid Agung Keraton Buton?**
Untuk masuk ke Masjid Agung Keraton Buton, pengunjung diharapkan untuk berpakaian sopan dan rapi. Wanita disarankan untuk menggunakan hijab atau kerudung.

**3. Apa waktu terbaik untuk mengunjungi Bau Bau?**
Bau Bau dapat dikunjungi sepanjang tahun, namun sebaiknya dihindari pada musim hujan untuk menghindari potensi cuaca buruk. Waktu terbaik untuk mengunjungi Bau Bau adalah pada bulan Juni hingga September ketika cuaca cerah dan menikmati panorama Kota Bau Bau dengan baik.

**4. Apakah ada fasilitas lain di sekitar Tiang Bendera dan Masjid Agung Keraton Buton?**
Di sekitar Tiang Bendera dan Masjid Agung Keraton Buton, terdapat berbagai fasilitas seperti warung makan, toko oleh-oleh, dan tempat parkir.

**5. Bagaimana harga tiket masuk untuk mengunjungi Tiang Bendera dan Masjid Agung Keraton Buton?**
Harga tiket masuk untuk mengunjungi Tiang Bendera dan Masjid Agung Keraton Buton adalah gratis. Namun, pengunjung dapat memberikan sumbangan sukarela untuk pemeliharaan tempat wisata.

## Kesimpulan

Bau Bau merupakan destinasi wisata yang menawarkan sejarah dan keindahan alam yang menakjubkan. Dengan mengunjungi Tiang Bendera berumur 300 tahun dan Masjid Agung Keraton Buton, pengunjung dapat merasakan pengalaman yang unik dan mendalam tentang budaya dan sejarah Kota Bau Bau. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi tempat wisata Bau Bau ini saat berada di Sulawesi Tenggara!

BACA JUGA :  Jelajah Destinasi Wisata Menarik di Bau Bau - Pantai, Pulau Eksotis, dan Budaya yang Kaya