Bingka dolu adalah salah satu  jenis kue tradisional daerah mbojo (Bima). Bingka...

Jelajah Wisata Bima – Mengenal Bingka Dolu: Kue Tradisional Khas Bima yang Lezat

Jelajah Wisata Bima – Bingka Dolu: Mengenal Kue Tradisional Khas Bima

Bima, sebuah kota yang terletak di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, memiliki kekayaan budaya dan kuliner yang menarik untuk dijelajahi. Salah satu makanan tradisional yang sangat populer di Bima adalah Bingka Dolu. Kue ini terbuat dari bahan-bahan sederhana seperti terigu, gula, telur, mentega, kelapa, dan air pandan. Bingka Dolu memiliki cita rasa yang unik dan menjadi favorit di kalangan masyarakat di daerah Bima.

Sejarah Bingka Dolu

Bingka Dolu merupakan kue tradisional daerah Mbojo (Bima) yang memiliki sejarah panjang. Kue ini telah ada sejak zaman dahulu dan menjadi bagian penting dari kebudayaan masyarakat Bima. Dalam bahasa Bima, “bingka” berarti kue, sedangkan “dolu” memiliki arti beras, sehingga Bingka Dolu dapat diartikan sebagai kue yang terbuat dari beras.

Bingka Dolu memiliki proses pembuatan yang sederhana namun membutuhkan keterampilan khusus untuk menghasilkan tekstur yang sempurna. Adonan terigu, gula, telur, mentega, kelapa, dan air pandan dicampur secara merata dan kemudian dipanggang dalam oven atau pemanggang tradisional. Bentuk Bingka Dolu biasanya bundar dengan tekstur yang lembut dan aroma yang harum.

Keunikan Bingka Dolu

Bingka Dolu memiliki beberapa keunikan yang membedakannya dari kue-kue tradisional lainnya. Salah satu keunikan tersebut adalah penggunaan kelapa parut dalam adonan kue. Kelapa parut memberikan rasa gurih dan aroma yang khas pada Bingka Dolu. Selain itu, penambahan air pandan juga memberikan sentuhan segar dan menciptakan warna hijau yang menarik pada kue.

Selain rasa dan aroma yang lezat, Bingka Dolu juga memiliki tampilan yang menarik. Kue ini biasanya diberi hiasan berupa irisan kelapa atau biji wijen di bagian atasnya. Hiasan ini tidak hanya memberikan sentuhan visual yang menarik, tetapi juga menambah tekstur dan cita rasa yang berbeda dalam setiap gigitan.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Bima: Gunung Tambora, Pantai Wera, dan Tempat Wisata Terbaik Lainnya!

Cara Membuat Bingka Dolu

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat Bingka Dolu yang lezat:

1. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan, yaitu:
– 250 gram tepung terigu
– 150 gram gula pasir
– 4 butir telur
– 150 gram mentega, lelehkan
– 100 gram kelapa parut
– Air pandan secukupnya

2. Campurkan tepung terigu, gula pasir, dan kelapa parut dalam sebuah mangkuk. Aduk rata.

3. Tambahkan telur dan mentega leleh ke dalam adonan. Aduk rata dengan spatula atau sendok kayu.

4. Tambahkan air pandan secukupnya untuk memberikan warna dan aroma pada adonan. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur dengan baik.

5. Panaskan oven atau pemanggang tradisional.

6. Tuang adonan ke dalam loyang yang telah diolesi mentega dan dialasi kertas roti.

7. Panggang adonan selama kurang lebih 30-40 menit hingga matang dan berwarna kecoklatan.

8. Angkat Bingka Dolu dari oven atau pemanggang. Biarkan dingin sejenak sebelum disajikan.

Bingka Dolu dapat disajikan sebagai camilan atau makanan penutup di berbagai acara atau kesempatan. Kue ini cocok dinikmati dengan segelas kopi atau teh hangat.

Tempat Wisata di Bima

Selain kelezatan Bingka Dolu, Bima juga memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dijelajahi. Beberapa tempat wisata populer di Bima antara lain:

1. Pantai Wera
Pantai Wera terkenal dengan keindahan pasir putihnya yang halus dan air laut yang jernih. Pantai ini juga merupakan tempat yang ideal untuk berenang, snorkeling, atau sekedar bersantai menikmati pemandangan laut yang indah.

2. Pulau Kenawa
Pulau Kenawa adalah pulau kecil yang terletak di Teluk Saleh, Bima. Pulau ini memiliki pasir putih yang bersih dan terumbu karang yang indah. Pengunjung dapat melakukan aktivitas snorkeling, diving, atau hanya menikmati keindahan alam yang ditawarkan pulau ini.

BACA JUGA :  Jelajahi Keindahan Alam Bima - Wisata Seru di Nusa Tenggara Barat

3. Air Terjun Oi Pantilu
Air Terjun Oi Pantilu terletak di Desa Penatoi, Bima. Air terjun ini memiliki keindahan yang menakjubkan dengan ketinggian sekitar 80 meter. Pengunjung dapat menyaksikan air terjun yang mengalir deras serta menikmati suasana alam yang sejuk dan segar di sekitar lokasi.

4. Benteng Bala Komodo
Benteng Bala Komodo adalah salah satu benteng peninggalan Belanda yang terletak di Kota Bima. Benteng ini memiliki arsitektur klasik yang menarik dan dijadikan sebagai tempat wisata sejarah di Bima.

5. Bukit Tambora
Bukit Tambora adalah destinasi wisata alam yang populer di Bima. Bukit ini menawarkan pemandangan alam yang indah, termasuk Danau Segara Anak dan Gunung Tambora yang terkenal. Pengunjung dapat melakukan hiking atau trekking untuk menjelajahi keindahan alam sekitar.

FAQ

1. Apa itu Bingka Dolu?
Bingka Dolu adalah salah satu jenis kue tradisional dari daerah Bima yang terbuat dari terigu, gula, telur, mentega, kelapa, dan air pandan.

2. Bagaimana cara membuat Bingka Dolu?
Untuk membuat Bingka Dolu, campurkan tepung terigu, gula pasir, kelapa parut, telur, mentega, dan air pandan. Panggang adonan dalam oven atau pemanggang tradisional hingga matang.

3. Apakah Bingka Dolu hanya ditemukan di Bima?
Ya, Bingka Dolu merupakan kue tradisional khas daerah Bima di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

4. Apa saja tempat wisata yang populer di Bima?
Beberapa tempat wisata populer di Bima antara lain Pantai Wera, Pulau Kenawa, Air Terjun Oi Pantilu, Benteng Bala Komodo, dan Bukit Tambora.

Conclusion

Bima adalah tempat yang menawarkan pengalaman wisata yang unik dengan kuliner dan tempat wisata yang menarik. Bingka Dolu sebagai salah satu kue tradisional khas Bima merupakan camilan yang lezat dan menjadi favorit di kalangan masyarakat setempat. Selain itu, tempat-tempat wisata di Bima juga menawarkan keindahan alam yang memukau. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi wisata Bima dan mencicipi kelezatan Bingka Dolu ketika berkunjung ke kota ini. Selamat berwisata dan menikmati kuliner Bima!

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Bima - Yuk jelajah tempat wisata Bima ini!! - Photo today by taken at Lawata Kota Bima...