D I R G A H A Y U  K O T A B I M A 15 T A H U N

Photo by 

#exploreindonesia...

Jelajahi Keindahan Bima: Pantai, Gunung, dan Museum Sanggariang

Bima adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Kota ini memiliki berbagai tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa tempat wisata populer di Bima yang patut Anda jajal saat berkunjung ke kota ini.

Tempat Wisata di Bima:

1. Pantai Wadu Mbojo
Pantai ini terletak sekitar 5 km dari pusat kota Bima. Pantai Wadu Mbojo menawarkan panorama yang indah dengan pasir putih dan air jernih yang membentang sejauh mata memandang. Di pantai ini, Anda dapat bersantai sambil menikmati keindahan laut atau beraktivitas seperti berenang, snorkeling, atau menyusuri pantai dengan perahu kecil.

2. Pantai Rontu
Pantai Rontu merupakan pantai yang tersembunyi dan jarang dikunjungi oleh wisatawan. Pantai ini terletak di Desa Bolo, Kecamatan Monta, sekitar 45 km dari pusat kota Bima. Keindahan alam yang masih alami dan tenang menjadikan Pantai Rontu sebagai tempat yang ideal untuk bersantai dan menikmati keindahan alam.

3. Danau Tambora
Danau Tambora terletak di Kabupaten Bima, sekitar 100 km dari Kota Bima. Danau ini terbentuk akibat letusan Gunung Tambora yang terjadi pada tahun 1815. Danau Tambora menawarkan pemandangan yang spektakuler dengan air yang berwarna hijau kebiruan, dikelilingi oleh pohon-pohon serta pepohonan hijau yang rindang.

4. Gunung Tambora
Bagi Anda yang menyukai pendakian, Gunung Tambora adalah tempat yang tepat untuk Anda. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.850 meter di atas permukaan laut. Pendakian Gunung Tambora membutuhkan keahlian dan persiapan yang matang, namun pemandangan yang spektakuler dari puncak gunung akan membuat perjalanan pendakian ini sebanding.

5. Museum Sanggariang
Museum Sanggariang merupakan museum sejarah dan budaya yang terletak di Kota Bima. Museum ini menyimpan berbagai koleksi artefak dan benda bersejarah yang menggambarkan kehidupan masyarakat Bima dari masa lampau hingga masa kini. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang budaya dan sejarah Bima di museum ini.

BACA JUGA :  Jelajahi Keindahan Wisata Bima: Pantai Lambu Sape, Danau Rana, Pulau Bungin, dan Lebih Lagi!

FAQ:

Q: Apa yang menjadi keunggulan wisata Bima?
A: Keunggulan wisata Bima terletak pada keindahan pantai-pantai indah dengan pasir putih dan air yang jernih, serta kekayaan alam seperti Gunung Tambora dan Danau Tambora.

Q: Apakah ada penginapan di sekitar tempat wisata di Bima?
A: Ya, di sekitar tempat-tempat wisata di Bima terdapat berbagai jenis penginapan mulai dari hotel, homestay, hingga vila yang dapat Anda pilih sesuai dengan budget dan preferensi Anda.

Q: Apa lagi yang bisa dilakukan selain kunjungan ke tempat wisata di Bima?
A: Selain kunjungan ke tempat wisata, Anda juga bisa menjelajahi kota Bima dan mencoba kuliner khas daerah ini seperti Sate Tambora, Nasi Kuning Bima, dan berbagai makanan laut segar.

Q: Apakah ada transportasi umum yang mudah diakses di Bima?
A: Di Bima, Anda dapat menggunakan angkutan umum seperti angkot atau ojek untuk berkeliling kota. Namun, jika Anda ingin mengunjungi tempat-tempat wisata yang terletak di luar pusat kota, disarankan untuk menyewa kendaraan pribadi atau menggunakan jasa tur.

Conclusion:

Bima merupakan kota yang menawarkan berbagai tempat wisata menarik untuk dikunjungi. Dari pantai-pantai indah hingga puncak Gunung Tambora, Bima memiliki keindahan alam yang belum banyak dijamah oleh wisatawan. Selain itu, adanya Museum Sanggariang juga memberikan kesempatan bagi wisatawan untuk mempelajari lebih lanjut tentang sejarah dan budaya Bima. Jadi, jika Anda mencari destinasi wisata yang belum terlalu ramai namun memiliki keindahan alam yang luar biasa, Bima adalah pilihan yang tepat untuk Anda.