#ebevent  Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Bima ke 378 Tahun 2018, Pemerintah ...

Jelajahi Pesona Wisata Bima dalam Rangka Memeriahkan Hari Jadi Bima ke-378

Jelajahi Pesona Wisata Bima dalam Rangka Memeriahkan Hari Jadi Bima ke-378

Bima adalah salah satu kota di Indonesia yang kaya akan wisata alam dan budaya. Pada tahun ini, Bima merayakan Hari Jadi Bima ke-378 dengan meriah dan penuh kegiatan menarik. Pemerintah Kabupaten Bima telah menyiapkan serangkaian acara yang akan menghibur dan memanjakan wisatawan yang datang. Dalam artikel ini, kami akan mengulas acara-acara tersebut dan memberikan informasi tentang destinasi wisata utama di Bima.

Acara Hari Jadi Bima

Pemerintah Kabupaten Bima telah menyiapkan berbagai rangkaian acara yang menarik untuk memeriahkan Hari Jadi Bima. Beberapa acara yang akan diadakan antara lain:

1. Pawai Budaya
Pawai Budaya akan diadakan pada tanggal 4 Juli 2018 di Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima. Acara ini akan dimulai pukul 14.00 WITA dan berlangsung hingga selesai. Pawai Budaya akan menampilkan berbagai kesenian tradisional dan budaya lokal yang akan menghibur peserta dan penonton.

2. Pentas Seni
Pentas Seni akan diadakan pada tanggal 5 Juli 2018 di Jalan Baru Dua Jalur, Desa Panda. Acara ini akan dimulai pukul 19.30 WITA dan berlangsung hingga malam. Pentas Seni akan menampilkan berbagai pertunjukan seni seperti tarian tradisional, musik lokal, dan teater. Peserta akan memberikan penampilan terbaik mereka untuk memeriahkan Hari Jadi Bima.

3. Bakar Ikan sepanjang 378 meter dan Parade Perahu
Acara Bakar Ikan sepanjang 378 meter dan Parade Perahu akan diadakan pada tanggal 6 Juli 2018 di Jalan Baru Dua Jalur, Desa Panda. Acara ini menjadi daya tarik utama dalam perayaan Hari Jadi Bima ke-378. Peserta akan membakar ikan sepanjang 378 meter dan meluncurkan perahu dalam parade yang indah. Acara ini akan dimulai pada pukul 15.00 WITA.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Bima - Nikmati Keindahan Alam dan Budaya yang Autentik!

Sebelum acara dimulai, peserta harus memenuhi beberapa persyaratan. Setiap peserta harus menyiapkan alat panggang sepanjang 1 meter dengan tinggi 80 cm dan ikan yang akan dibakar. Selain itu, peserta juga harus mengenakan busana tradisional Bima seperti Sanggentu Tembe/rimpu untuk wanita dan Katente Tembe/Sambolo/Sarau/Songko Ro’o Ta’a serta Saremba Tembe Nggoli untuk pria. Acara ini akan dihadiri oleh banyak pengunjung, oleh karena itu peserta yang ingin bergabung dalam Lomba Bakar Ikan sepanjang 378 meter dapat mendaftar melalui contact person yang telah disediakan.

Promosi Wisata Bima

Selain acara perayaan Hari Jadi Bima, Bima juga menawarkan keindahan alam dan budaya yang patut untuk dijelajahi. Berikut adalah beberapa destinasi wisata unggulan di Bima:

1. Pantai Wadu La’bo
Pantai Wadu La’bo adalah salah satu pantai indah di Bima yang menawarkan pasir putih, air laut yang jernih, serta pemandangan matahari terbenam yang memukau. Pantai ini juga memiliki spot selam yang menarik bagi pecinta olahraga air. Wisatawan dapat menikmati keindahan alam sambil menikmati makanan laut segar di warung-warung pinggir pantai.

2. Air Terjun Oi Wawo
Air Terjun Oi Wawo merupakan air terjun yang mengagumkan dengan ketinggian sekitar 70 meter. Air terjun ini terletak di Desa Mawu, Kecamatan Woha, sekitar 40 kilometer dari pusat Kota Bima. Wisatawan dapat menikmati keindahan air terjun yang mempesona dan suasana alam yang tenang.

3. Gunung Tambora
Gunung Tambora terkenal karena letusannya yang dahsyat pada tahun 1815. Gunung ini menawarkan panorama alam yang luar biasa dengan hutan tropis yang lebat dan pemandangan pegunungan yang spektakuler. Para pendaki dapat menikmati petualangan mendaki gunung yang menantang dan menikmati pemandangan yang menakjubkan dari puncak gunung.

BACA JUGA :  Jelajahi Wisata Bima - Temukan Keindahan Alam dan Budaya di Bima!

4. Desa Adat Kodi
Desa Adat Kodi adalah desa dengan budaya dan tradisi yang kaya di Bima. Desa ini menampilkan rumah adat khas Bima serta upacara adat yang masih dipertahankan hingga saat ini. Wisatawan dapat belajar tentang kehidupan tradisional Bima dan mengenal lebih dekat budaya masyarakat setempat.

FAQ

1. Kapan acara Bakar Ikan sepanjang 378 meter dan Parade Perahu akan diadakan?
Acara ini akan diadakan pada tanggal 6 Juli 2018 di Jalan Baru Dua Jalur, Desa Panda.

2. Bagaimana cara mendaftar sebagai peserta Lomba Bakar Ikan?
Untuk mendaftar sebagai peserta Lomba Bakar Ikan, Anda dapat menghubungi contact person yang telah disediakan, yaitu Abdul Haris (081339542077), Syamsuddin (082339181431), Bayu Satriawan (082340725999), atau Imey (085253684413).

3. Apa saja destinasi wisata unggulan di Bima?
Destinasi wisata unggulan di Bima antara lain Pantai Wadu La’bo, Air Terjun Oi Wawo, Gunung Tambora, dan Desa Adat Kodi.

4. Apa saja yang harus dipersiapkan oleh peserta Lomba Bakar Ikan?
Peserta Lomba Bakar Ikan harus menyiapkan alat panggang sepanjang 1 meter dengan tinggi 80 cm dan ikan yang akan dibakar. Selain itu, peserta juga harus mengenakan busana tradisional Bima.

Kesimpulan

Perayaan Hari Jadi Bima ke-378 merupakan acara yang akan memanjakan wisatawan dengan berbagai kegiatan menarik. Acara seperti Pawai Budaya, Pentas Seni, Bakar Ikan sepanjang 378 meter dan Parade Perahu akan menghibur pengunjung dengan budaya dan tradisi Bima yang kaya. Sambil menikmati acara perayaan, wisatawan juga dapat menjelajahi keindahan alam Bima seperti Pantai Wadu La’bo, Air Terjun Oi Wawo, Gunung Tambora, dan mengenal lebih dekat budaya masyarakat di Desa Adat Kodi. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi Wisata Bima dan merayakan Hari Jadi Bima ke-378 yang penuh keindahan dan kegembiraan.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Bima: Menikmati Keindahan Alam dan Budaya yang Kaya di Bima, NTB