#ebevent 
PEZIARAHAN GAGASAN INDONESIA : Jakarta-Ende!

Kebangkitan nasional yan...

Jelajah Wisata Bima – #ebevent PEZIARAHAN GAGASAN INDONESIA : Jakarta-Ende! Kebangkitan nasional yan…


Jelajah Wisata Bima ebevent PEZIARAHAN GAGASAN INDONESIA Jakarta Ende - Jelajah Wisata Bima - #ebevent 
PEZIARAHAN GAGASAN INDONESIA : Jakarta-Ende!

Kebangkitan nasional yan...

#ebevent
PEZIARAHAN GAGASAN INDONESIA : Jakarta-Ende!

Kebangkitan nasional yang disemai oleh kalangan pelajar di Jakarta pada 1908, merupakan kesepakatan kolektif kaum muda yang mengkristal pada kesepakatan mendirikan negara Indonesia dengan dasar Pancasila 1945.

Jarak antara Gedung Kebangkitan Nasional tempat Boedi Oetomo mencanangkan tekadnya, dengan Gedung Volksraad tempat Pancasila untuk pertama kalinya dicetuskan, tak sampai satu kilometer. Jarak waktupun hanya 37 tahun, umur satu generasi.

Namun perjuangan yang membentang diantaranya, melewati ratusan tahun peristiwa dan ribuan kilometer ruang perjalanan.

Gagasan Indonesia adalah pemadatan dari berbagai dialog, percakapan, musyawarah, pertentangan, persetujuan serta kerinduan ajaib untuk bersatu. Semuanya bermuara pada kesepakatan dasar untuk meletakkan Pancasila sebagai dasar negara, dan pedoman sosial untuk hidup bersama.

Bung Karno sendiri, berkali kali mengungkapkan bahwa dirinya, bukanlah pencipta Pancasila. Ia hanyalah penggali, yang melahirkannya dari rahim masyarakat Indonesia. Ia adalah bidan yang melahirkan sekaligus memberi tanda jati diri untuk sebuah bangsa. Pengakuan metaforis yang indah ini, memberi pengertian, bahwa Pancasila hadir dalam konteks ruang waktu yang terus digali. Sebuah kata kerja untuk ditafsirkan, dihidupkan dan disegarkan terus menerus. Gagasan KeIndonesian adalah gagasan yang terbuka, hidup dan kreatif.

Salah satu cara untuk menghayati perkembangan gagasan ke Indonesiaan semasa, adalah dengan melakukan peziarahan dalam ruang waktu kontekstual.

Peziarahan adalah perjalanan reflektif yang dilakukan secara sadar dengan tujuan dan waktu tertentu. Peziarahan adalah tindakan asketis, laku, mesu budi, untuk memperoleh pencerahan.

Peziarahan Gagasan Indonesia, adalah perjalanan panjang dari Jakarta ke Ende, melewati ribuan kilometer, melewati darat dan laut, dengan melakukan aktivitas secara sadar.
Semoga perjalanan ini memiliki arti penting untuk kita semua yg menghargai persatuan…. Singgah satu malam di Bima, pementasan
Rabu, 24 Mei 2017
@Kantin_Yuank
19:00 Wita
Terbuka Untuk Umum!

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Bima - Yuk jelajah tempat wisata Bima ini!! - Photo today by taken at Songgela Village#exploreindonesia...

Nikmati inspirasi Wisata Bima hari ini di Liburdulu.com! –