#ebevent

Rangkaian Festival Sangiang 2017  Festival Gunung Api Sangiang dibuka ...

Jelajah Wisata Bima – Festival Sangiang 2017 yang Mengagumkan di Gunung Api Sangiang

Jelajah Wisata Bima – #ebevent

Bima adalah salah satu kota kecil yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Meskipun ukurannya kecil, Bima memiliki banyak potensi wisata yang menarik untuk dijelajahi. Salah satu acara yang sangat ditunggu-tunggu di kota ini adalah Festival Sangiang.

Festival Sangiang adalah rangkaian acara yang diadakan setiap tahun untuk mempromosikan kekayaan budaya dan keindahan alam Bima. Festival ini mengambil tempat di Gunung Api Sangiang, sebuah gunung api yang masih aktif di kawasan itu. Gunung Api Sangiang adalah daya tarik utama di Bima, karena keunikan dan kecantikannya yang luar biasa.

Festival Sangiang 2017 dimulai pada hari Minggu, 23 Juli 2017 dan dibuka dengan Parade Nggoli yang dimulai dari perbatasan desa Ranggasolo dan desa Sangiang. Acara ini dihadiri oleh Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, yang secara resmi membuka seluruh rangkaian kegiatan festival.

Berikut adalah seluruh rangkaian acara Festival Sangiang 2017:

1. Lomba Sampan Layar Tradisional (25 Juli – 16 Agustus 2017): Lomba ini mengumpulkan peserta dari berbagai desa di sekitar Bima untuk bertanding dalam membuat dan menghias sampan layar tradisional. Lomba ini menjadi salah satu cara untuk mempromosikan warisan budaya Bima.

2. Lomba Renang (1 – 7 Agustus 2017): Lomba renang ini menjadi ajang bagi para atlet renang lokal untuk berkompetisi dan menunjukkan kemampuan mereka. Peserta lomba disediakan dengan berbagai kategori, mulai dari anak-anak hingga dewasa, sehingga semua orang dapat berpartisipasi.

3. Lomba Melukis Gunung Api Sangiang (8 – 14 Agustus 2017): Lomba melukis ini mengundang seniman lokal untuk menuangkan kreativitas mereka dalam melukis Gunung Api Sangiang. Lomba ini tidak hanya menjadi ajang untuk mengekspresikan bakat seni, tetapi juga menjaga keindahan alam Bima melalui seni.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Bima - Nikmati Keindahan Alam Menakjubkan di Kota Bima

4. Pameran Foto, Kerajinan Tangan, dan Industri Rumah (29 Juli – 16 Agustus 2017): Pameran ini bertujuan untuk memamerkan kekayaan budaya Bima melalui foto-foto, kerajinan tangan, dan produk-produk industri rumah tangga. Pengunjung dapat melihat dan membeli beragam barang-barang unik dan khas Bima.

5. Gebyar Kuliner Kalempe (17 Agustus 2017): Salah satu daya tarik kuliner Bima adalah Kalempe, makanan khas dari daerah ini. Gebyar Kuliner Kalempe merupakan kesempatan bagi para pengunjung untuk mencoba dan menikmati kuliner Bima yang lezat.

6. Kegiatan Nggalo Ruhu (9 – 11 Agustus 2017): Kegiatan ini mengajak para peserta untuk menjelajahi hutan dan melihat keindahan alam Bima secara langsung. Peserta akan diajak untuk berjalan kaki dan mendaki gunung sambil menikmati keindahan alam sekitar.

7. Jelajah Gunung Sangiang (12 – 17 Agustus 2017): Jelajah Gunung Sangiang adalah kegiatan petualangan yang mengajak peserta untuk mendaki dan menjelajahi Gunung Api Sangiang. Selama jelajah, peserta akan terpesona dengan pemandangan indah yang diberikan oleh gunung ini.

8. Nonbar Film Dokumenter Sangiang (5 Agustus 2017): Acara ini mengadakan pemutaran film dokumenter mengenai Gunung Api Sangiang. Film ini memberikan pengetahuan tentang sejarah dan keindahan gunung ini kepada para pengunjung.

9. Nggilo Ndiha (6 Agustus 2017): Aktivitas ini adalah cara tradisional masyarakat Bima untuk bersyukur kepada Tuhan atas panen yang melimpah. Peserta akan membagikan makanan tradisional kepada semua orang dalam jumlah besar.

10. Pentas Seni Budaya (12 – 13 Agustus 2017): Pentas seni ini akan menampilkan pertunjukan seni tradisional Bima, seperti tarian, musik, dan drama. Pengunjung akan dapat merasakan keindahan dan keunikan budaya Bima melalui pertunjukan ini.

BACA JUGA :  Wisata Bima - Jelajahi Keindahan Alam Nusa Tenggara Barat

FAQ:

1. Apa Gunung Api Sangiang?
Gunung Api Sangiang adalah gunung api yang masih aktif yang terletak di Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Gunung ini memiliki keindahan alam yang luar biasa dan menjadi daya tarik utama dalam Festival Sangiang.

2. Kapan Festival Sangiang diadakan?
Festival Sangiang diadakan setiap tahun. Pada tahun 2017, festival ini dimulai pada tanggal 23 Juli dan berlangsung hingga 17 Agustus.

3. Apa saja kegiatan yang dapat dilakukan di Festival Sangiang?
Festival Sangiang menawarkan berbagai kegiatan menarik seperti lomba tradisional, olahraga, seni budaya, pameran, dan jelajah alam. Ada juga acara makanan khas dan pemutaran film dokumenter.

4. Bagaimana cara untuk mengikuti kegiatan Festival Sangiang?
Untuk mengikuti kegiatan Festival Sangiang, Anda dapat melakukan pendaftaran pada waktu yang ditentukan. Informasi lebih lanjut tentang pendaftaran dan persyaratan dapat ditemukan dalam pengumuman resmi festival.

Conclusion:

Festival Sangiang merupakan acara yang wajib dikunjungi bagi pecinta wisata dan budaya. Dalam festival ini, pengunjung akan dapat mengenal lebih jauh tentang kekayaan budaya Bima serta menikmati keindahan alam Gunung Api Sangiang. Dengan rangkaian acara yang beragam, ada sesuatu untuk semua orang dalam festival ini. Dengan demikian, jika Anda mencari pengalaman wisata yang unik dan berbeda, datanglah ke Festival Sangiang di Bima!