Jalangkote merupakan jajanan khas Bima, Nusa Tenggara Barat dan Makassar, Sulawe...

Jalangkote: Kuliner Khas Bima yang Lezat dan Wisata Menakjubkan di Nusa Tenggara Barat

Bima adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Kota ini terkenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan serta ragam kuliner yang lezat. Salah satu makanan khas Bima yang patut untuk dicoba adalah jalangkote. Jalangkote merupakan jajanan khas Bima yang juga dikenal di Makassar, Sulawesi Selatan.

Jalangkote memiliki sejarah yang menarik karena kekerabatan yang dekat antara Kesultanan Bima dan Kesultanan Gowa pada masa lalu. Oleh karena itu, banyak budaya serta kuliner yang berasal dari kedua daerah tersebut. Jalangkote sendiri mirip dengan kue pastel yang dikenal di Indonesia, namun memiliki beberapa perbedaan.

Secara visual, jalangkote memiliki kulit yang lebih tebal daripada kue pastel. Selain itu, isiannya juga berbeda. Biasanya, jalangkote di Bima diisi dengan toge atau kecambah, dan kadang-kadang ditambahi dengan daging cincang. Sedangkan kue pastel di Indonesia umumnya diisi dengan berbagai macam bahan seperti wortel, kentang, telur rebus, dan toge.

Salah satu hal menarik tentang jalangkote adalah kondimen yang digunakan untuk menambah kelezatannya. Di Bima, jalangkote disajikan dengan air cabe yang disebut “oi saha.” Air cabe ini terbuat dari cabe yang telah dihaluskan dan dicampur dengan bawang putih, bawang merah, dan cuka. Kondimen ini memberikan rasa yang pedas dan segar pada jalangkote.

Harga jalangkote yang murah dan mudah dalam pembuatannya menjadi alasan mengapa makanan ini menjadi favorit di Bima. Bagi pengunjung yang ingin mencoba kuliner tradisional khas daerah ini, mencicipi jalangkote adalah pengalaman yang wajib dilakukan.

Bagi Anda yang tertarik untuk menjelajahi tempat wisata di Bima, ada beberapa tempat menarik yang dapat dikunjungi. Berikut adalah beberapa destinasuai wisata populer di Bima:

BACA JUGA :  Pesona Wisata Bima: Jelajahi Keindahan Alam dan Budaya Unik!

1. Pantai Woha
Pantai Woha merupakan salah satu pantai yang mempesona di Bima. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Pengunjung dapat menikmati keindahan pantai sambil berjemur atau berenang di laut yang tenang.

2. Danau Tambora
Danau Tambora adalah sebuah danau yang terletak di lereng Gunung Tambora. Danau ini memiliki keindahan alam yang memukau dengan latar belakang Gunung Tambora yang megah. Pengunjung dapat melakukan hiking ke puncak gunung atau menjelajahi sekitar danau yang indah.

3. Taman Nasional Gunung Rinjani
Meskipun terletak di Lombok tetapi Gunung Rinjani bisa diakses dari Bima dengan waktu tempuh sekitar 3 jam. Taman Nasional Gunung Rinjani menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan termasuk gunung yang aktif dan danau kaldera yang indah.

4. Puncak Wadu Jara
Puncak Wadu Jara adalah salah satu tempat terbaik untuk menikmati pemandangan indah kota Bima. Dari puncak ini, Anda dapat melihat panorama Kota Bima dan sekitarnya. Pemandangan matahari terbenam dari Puncak Wadu Jara juga sangat memukau.

5. Desa Alam Bukit Peduli
Desa Alam Bukit Peduli adalah desa wisata yang berlokasi di pegunungan di Bima. Desa ini menawarkan keindahan alam yang masih alami serta suasana yang tenang. Pengunjung dapat berjalan-jalan menikmati udara segar dan pemandangan alam yang memukau.

Beberapa tempat wisata di atas hanya sebagian kecil dari keindahan alam yang dapat ditemukan di Bima. Selain itu, Anda juga dapat menikmati kelezatan jalangkote dan kuliner khas lainnya di sini.

FAQ:

1. Apa perbedaan antara jalangkote dan kue pastel?
Jalangkote memiliki kulit yang lebih tebal daripada kue pastel dan isian yang berbeda. Jalangkote di Bima diisi dengan toge atau kecambah, sedangkan kue pastel di Indonesia umumnya diisi dengan berbagai macam bahan seperti wortel, kentang, telur rebus, dan toge.

BACA JUGA :  Jelajahi Keindahan Wisata Bima - Pantai, Air Terjun, dan Budaya yang Menakjubkan!

2. Apa yang membuat jalangkote menjadi makanan favorit di Bima?
Harga jalangkote yang murah dan mudah dalam pembuatannya membuatnya menjadi kudapan favorit di Bima.

3. Apa saja tempat wisata yang dapat dikunjungi di Bima?
Beberapa tempat wisata populer di Bima adalah Pantai Woha, Danau Tambora, Taman Nasional Gunung Rinjani, Puncak Wadu Jara, dan Desa Alam Bukit Peduli.

Conclusion:

Bima adalah kota yang memiliki keindahan alam yang menakjubkan serta kuliner khas yang lezat. Salah satu makanan khasnya adalah jalangkote, yang merupakan jajanan khas Bima dan juga dikenal di Makassar. Jalangkote memiliki kulit yang tebal dan diisi dengan toge atau kecambah. Kondimen khas Bima, “oi saha,” memberikan rasa yang pedas dan segar pada jalangkote. Selain menikmati jalangkote, pengunjung juga dapat menjelajahi tempat wisata populer di Bima seperti Pantai Woha, Danau Tambora, Taman Nasional Gunung Rinjani, Puncak Wadu Jara, dan Desa Alam Bukit Peduli. Bima adalah tempat yang layak untuk dikunjungi bagi mereka yang ingin menikmati keindahan alam dan kuliner khas daerah tersebut.