Jame Manggemoro 
Makanan ini berbahan dasar ikan Teri (uta mene) dan Manggemoro ...

Jelajah Wisata Bima – Jame Manggemoro: Makanan Segar dengan Bahan Dasar Ikan Teri dan Manggemoro

Jelajah Wisata Bima – Jame Manggemoro: Makanan Segar dengan Bahan Dasar Ikan Teri dan Manggemoro

Bima merupakan salah satu kota di Nusa Tenggara Barat yang kaya akan destinasi wisata alam dan kuliner. Salah satu kuliner khas dari Bima yang patut dicoba adalah Jame Manggemoro. Makanan ini berbahan dasar ikan teri (uta mene) dan manggemoro moro (asam muda) atau belimbing wuluh. Rasanya yang segar sangat cocok disajikan dengan uta Londe Puru (ikan bandeng bakar) dan uta mbeca maci.

Jame Manggemoro adalah hidangan tradisional khas Bima yang telah ada sejak lama. Makanan ini merupakan perpaduan antara ikan teri yang gurih dan manggemoro moro yang memberikan rasa asam menyegarkan. Proses pembuatannya tentu melibatkan bahan-bahan utama tersebut dan bumbu-bumbu tambahan yang membuatnya semakin lezat.

Jame Manggemoro dapat ditemukan di berbagai warung makan dan restoran di Bima. Biasanya, hidangan ini disajikan dalam bentuk gulai dengan kuah yang kental dan berwarna cokelat kemerahan. Rasa manggemoro moro yang asam dan segar memberikan kesegaran di lidah saat menyantap hidangan ini.

Selain ikan teri dan manggemoro moro, Jame Manggemoro juga menggunakan beberapa bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai hijau atau merah, tomat, asam kandis, gula kelapa, dan garam. Bumbu-bumbu tersebut diolah menjadi bumbu yang khas dan memberikan cita rasa yang istimewa pada hidangan ini.

Jame Manggemoro biasanya disajikan dengan nasi putih hangat dan ditambahkan dengan lauk lainnya seperti ikan bandeng bakar (uta londe puru) dan kerang hijau (uta mbeca maci). Kombinasi dari Jame Manggemoro, ikan bandeng, dan kerang hijau menghasilkan menu makanan yang lezat dan menggugah selera.

Bagi pecinta kuliner, mencoba Jame Manggemoro saat berkunjung ke Bima bisa menjadi pengalaman menyenangkan. Rasanya yang khas dan cita rasanya yang segar membuat hidangan ini cocok dinikmati dalam suasana santai di tengah perjalanan wisata Anda di Bima.

BACA JUGA :  Wisata Bima: Jelajahi Keindahan Alam dan Budaya yang Kaya di Kota Bima!

FAQ

Q: Apa itu Jame Manggemoro?
A: Jame Manggemoro adalah hidangan tradisional khas Bima yang terbuat dari ikan teri dan manggemoro moro yang memberikan rasa asam menyegarkan.

Q: Apa bahan-bahan utama dalam pembuatan Jame Manggemoro?
A: Bahan utama dalam pembuatan Jame Manggemoro adalah ikan teri, manggemoro moro, bawang merah, bawang putih, cabai hijau atau merah, tomat, asam kandis, gula kelapa, dan garam.

Q: Bagaimana cara menyajikan Jame Manggemoro?
A: Jame Manggemoro biasanya disajikan dalam bentuk gulai dengan kuah kental dan berwarna cokelat kemerahan. Hidangan ini biasanya disantap dengan nasi putih hangat dan ditambahkan dengan lauk lainnya seperti ikan bandeng bakar (uta londe puru) dan kerang hijau (uta mbeca maci).

Q: Di mana bisa menemukan Jame Manggemoro di Bima?
A: Jame Manggemoro bisa ditemukan di berbagai warung makan dan restoran di Bima.

Q: Apa yang membuat Jame Manggemoro istimewa?
A: Rasa asam segar dari manggemoro moro menjadikan Jame Manggemoro memiliki cita rasa yang istimewa dan menggugah selera.

Conclusion

Jame Manggemoro adalah kuliner khas Bima yang patut dicoba saat berkunjung ke kota ini. Makanan ini terbuat dari ikan teri dan manggemoro moro yang memberikan rasa asam segar. Rasanya yang lezat dan unik membuat Jame Manggemoro menjadi hidangan yang sangat disukai oleh masyarakat Bima dan wisatawan yang datang berkunjung. Jika Anda sedang menjelajah wisata Bima, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kuliner khas ini. Dengan menggabungkan Jame Manggemoro dengan nasi putih, ikan bandeng bakar, dan kerang hijau, Anda akan merasakan sajian makanan yang lezat dan menggugah selera.