Kapore merupakan Jajanan yang diolah dari beras ketan putih dibumbui dengan kela...

Jelajahi Keindahan Alam dan Kuliner Khas Bima – Nikmati Serunya Wisata dan Jajan Kapore

Wisata Bima adalah destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam yang menakjubkan serta kultur yang kaya akan tradisi dan sejarah. Salah satu atraksi unik yang dapat ditemukan di Bima adalah jajanan tradisional yang disebut Kapore. Kapore adalah makanan yang terbuat dari beras ketan putih yang dibumbui dengan kelapa parut goreng dan gula merah. Jajanan ini biasanya hanya tersedia saat bulan puasa.

Kapore merupakan salah satu jajanan khas Bima yang sudah menjadi tradisi bagi masyarakat setempat. Jajanan ini memiliki rasa yang unik dan lezat, di mana perpaduan antara ketan yang kenyal dan manisnya gula merah memberikan sensasi yang memanjakan lidah. Ditambah lagi, tambahan kelapa parut yang digoreng memberikan tekstur garing yang membuat jajanan ini semakin nikmat.

Wisata Bima juga menawarkan pengalaman yang berbeda dengan keindahan alamnya. Kota Bima terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat, yang dikenal dengan keindahan pantai-pantainya yang eksotis. Salah satu pantai terkenal di Bima adalah Pantai Wera. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih, air laut yang jernih, dan pemandangan yang menakjubkan. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang spektakuler sambil berjemur di bawah sinar matahari atau berenang di laut yang tenang.

Selain Pantai Wera, Bima juga memiliki banyak tempat wisata lainnya yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Danau Tambora, yang terletak di Taman Nasional Gunung Tambora. Danau Tambora merupakan kawah vulkanik yang terbentuk setelah letusan Gunung Tambora pada tahun 1815. Danau ini memiliki pemandangan yang indah dan air yang jernih. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam sambil berjalan-jalan di sekitar danau atau naik perahu ke tengah danau untuk melihat keindahan alam yang lebih dekat.

BACA JUGA :  Jelajahi Wisata Bima - Menikmati Keindahan Alam Menakjubkan di Bima, Nusa Tenggara Barat

Selain keindahan alam, Bima juga memiliki budaya yang kaya akan tradisi dan sejarah. Salah satu tradisi yang terkenal di Bima adalah tradisi Nggombe Raja. Tradisi ini dilakukan setiap tahun untuk memperingati kepemimpinan raja-raja Bima pada masa lampau. Dalam tradisi ini, masyarakat Bima mengadakan berbagai serangkaian acara seperti pawai budaya, pertunjukan seni tradisional, dan pertunjukan musik. Dalam acara ini, masyarakat dapat menikmati keindahan budaya Bima dan mengenal lebih dalam tentang sejarah dan tradisi yang ada di daerah ini.

Bima juga memiliki berbagai kuliner yang lezat dan unik. Selain Kapore, ada juga beberapa makanan khas Bima lainnya yang patut dicoba. Salah satunya adalah Sate Bima. Sate ini terbuat dari daging sapi yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk pada bambu lalu dibakar. Daging sate yang lezat ini biasanya disajikan dengan bumbu kacang yang khas. Selain itu, ada juga makanan tradisional seperti Nasi Julambo, yang terbuat dari nasi sisa yang dikukus kembali dengan bumbu dan lauk pauk yang lezat.

Untuk mencapai Bima, pengunjung dapat menggunakan pesawat terbang ke Bandara Sultan Salahuddin Bima yang terletak sekitar 15 kilometer dari pusat kota. Bandara ini melayani penerbangan dari berbagai kota di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, dan Denpasar. Selain itu, Bima juga dapat dicapai dengan menggunakan transportasi darat seperti bus atau kereta api.

FAQ:

1. Apa yang membuat Kapore menjadi jajanan yang unik di Bima?
Kapore terbuat dari beras ketan putih yang dibumbui dengan kelapa parut goreng dan gula merah. Perpaduan antara ketan yang kenyal, gula merah yang manis, dan kelapa parut yang garing memberikan rasa dan tekstur yang unik.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Bima - Temukan Keindahan Alam dan Budaya yang Menakjubkan di Bima!

2. Kapan Kapore hanya tersedia?
Kapore hanya tersedia saat bulan puasa.

3. Apa saja tempat wisata yang menarik di Bima?
Beberapa tempat wisata yang menarik di Bima antara lain Pantai Wera, Danau Tambora, dan tradisi Nggombe Raja.

4. Apa saja makanan khas Bima yang patut dicoba selain Kapore?
Selain Kapore, ada beberapa makanan khas Bima yang patut dicoba, seperti Sate Bima dan Nasi Julambo.

Conclusion:
Wisata Bima adalah destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam, budaya yang kaya akan tradisi, dan kuliner yang lezat. Dengan pantai-pantai yang eksotis, Danau Tambora yang indah, dan tradisi Nggombe Raja yang unik, Bima menawarkan pengalaman wisata yang berbeda dan tak terlupakan. Jangan lupa mencoba kulinernya yang lezat seperti Kapore, Sate Bima, dan Nasi Julambo. Nikmati keindahan alam dan kaya akan budaya di Bima, dan jadikan liburan Anda di sini sebagai pengalaman yang berkesan.