Orang-orang Sambori dan suku Mbojo menyebutnya dengan Lupe. Lupe berbentuk lonjo...

Jelajah Wisata Bima – Menyelami Kekayaan Alam dan Budaya yang Menakjubkan

Jelajah Wisata Bima – Menyelami Kekayaan Alam dan Budaya yang Menakjubkan

Bima merupakan salah satu kota yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Kota yang kaya akan alam dan budaya ini menawarkan berbagai destinasi wisata menarik yang patut untuk dijelajahi. Orang-orang Sambori dan suku Mbojo menyebutnya dengan sebutan Lupe, sebuah topi lonjong yang berfungsi sebagai jas hujan tradisional. Lupe terbuat dari daun pandan gunung yang kuat dan tahan lama, sangat cocok digunakan oleh para petani, peternak, atau pengembala yang bekerja di sawah ladang dan padang yang luas.

Salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Bima adalah Donggo Ele. Wilayah ini meliputi Kuta, Teta, Sambori, dan Kaboro. Di sini, Anda dapat menemukan anyaman lupe yang dibuat oleh pengrajin setempat. Bahan baku anyaman lupe adalah daun pandan, yang merupakan tumbuhan yang tumbuh subur di daerah Bima.

Tidak hanya di Donggo Ele, ada juga masyarakat Mbojo yang tinggal di daerah dataran tinggi seperti Desa Lela Mase dan beberapa desa di Kecamatan Wawo Kabupaten Bima yang juga menganyam lupe. Masing-masing daerah memiliki keunikan dan keaslian sendiri dalam proses pembuatan lupe.

Lupe bukan hanya sebuah aksesori atau pakaian tradisional, tetapi juga merupakan bagian dari kebudayaan dan warisan leluhur yang dijaga dengan baik oleh masyarakat Bima. Berbagai teknik dan pola anyaman dapat ditemukan pada lupe, yang menunjukkan kepiawaian dan keahlian para pengrajin lokal. Jika Anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai proses pembuatan lupe, Anda dapat mengunjungi pengrajin lokal yang akan dengan senang hati memperlihatkan proses tersebut.

Selain lupe, Bima juga memiliki banyak destinasi wisata alam yang menakjubkan. Salah satunya adalah Pantai Wera. Pantai ini terletak di Desa Wera, Kabupaten Bima. Keindahan pantai ini terletak pada hamparan pasir putihnya yang bersih dan air lautnya yang jernih. Anda dapat menikmati keindahan matahari terbit atau terbenam di sini sambil menikmati segelas kopi atau teh.

BACA JUGA :  Jelajahi Keindahan Wisata Bima di Pulau Menakjubkan di Indonesia

Selain Pantai Wera, Pantai Dore juga merupakan destinasi wisata yang populer di Bima. Pantai ini terletak di Desa Samburi, Kecamatan Wera. Pantai Dore memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang tenang, sehingga sangat cocok untuk berenang dan bermain air. Anda juga dapat menyaksikan kegiatan para nelayan saat mereka pulang melaut.

Tahukah Anda bahwa Bima juga memiliki beberapa gunung yang menawarkan pemandangan alam yang spektakuler? Salah satunya adalah Gunung Tambora. Gunung ini terkenal karena letusannya yang dahsyat pada tahun 1815, yang menghasilkan kawah yang sangat indah dan air danau yang jernih. Anda dapat mendaki gunung ini untuk menikmati keindahan alam sekitarnya.

Selain keindahan alam, Bima juga kaya akan budaya dan adat istiadat yang unik. Salah satu festival budaya terbesar di Bima adalah Festival Budaya Tabot. Festival ini biasanya diadakan setiap tahun pada bulan Muharram, untuk memperingati Asyura. Festival ini berlangsung selama sepuluh hari dan diisi dengan berbagai pertunjukan seni dan budaya, seperti tari tradisional, musik tradisional, dan pameran kerajinan tangan lokal.

Selain Festival Budaya Tabot, Bima juga memiliki berbagai festival budaya lainnya seperti Festival Panca Wali, Festival Samawa, dan Festival Penta Oai yang merupakan festival seni dan budaya tradisional yang menampilkan berbagai kegiatan seperti musik tradisional, tari, dan pameran kerajinan tangan.

Bagi Anda yang menyukai kuliner, Bima juga memiliki beberapa hidangan khas yang patut dicoba. Salah satunya adalah Sate Tambora. Sate ini terbuat dari daging sapi atau kambing yang dibumbui dengan rempah khas Bima dan dibakar hingga matang. Rasanya sangat lezat dan memiliki aroma yang khas. Selain Sate Tambora, Anda juga dapat mencoba ikan bakar khas Bima, nasi Kuning Bima, dan sambal plecing Bima yang pedas dan segar.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Bima - Yuk jelajah tempat wisata Bima ini!! - Photo today by taken at Kalaki Beach#exploreindonesia...

Bima adalah tempat yang menawarkan berbagai keindahan alam dan budaya yang menakjubkan. Dari lupe yang merupakan jas hujan tradisional hingga pantai-pantai yang indah, gunung-gunung yang spektakuler, dan festival budaya yang meriah, Bima memiliki segala sesuatu yang dapat memikat hati para wisatawan.

FAQ

Q: Apa itu lupe?
A: Lupe adalah topi lonjong tradisional yang berfungsi sebagai jas hujan. Lupe terbuat dari daun pandan gunung dan merupakan produk anyaman masyarakat Bima.

Q: Dapatkah saya membeli lupe sebagai oleh-oleh?
A: Ya, Anda dapat membeli lupe sebagai oleh-oleh di daerah Bima. Lupe dijual oleh para pengrajin setempat.

Q: Apa saja destinasi wisata yang harus dikunjungi di Bima?
A: Beberapa destinasi wisata yang harus dikunjungi di Bima adalah Pantai Wera, Pantai Dore, Gunung Tambora, dan berbagai festival budaya yang diadakan setiap tahun.

Conclusion

Bima adalah kota yang kaya akan keindahan alam dan budaya yang menakjubkan. Dari lupe yang merupakan bagian dari kebudayaan lokal hingga destinasi wisata alam yang menakjubkan seperti pantai dan gunung, Bima memiliki segala sesuatu yang dapat memikat hati para wisatawan. Jika Anda ingin merasakan pengalaman berbeda dalam menjelajahi Indonesia, Bima adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi keindahan Bima sekarang juga!