Palumara adalah makanan khas Bima dan juga Makassar. Kalau di Bima, ikan yang bi...

Jelajah Wisata Bima – Menikmati Kelezatan Palumara Bima

Jelajah Wisata Bima – Menikmati Kelezatan Palumara Bima

Bima adalah salah satu kota di Nusa Tenggara Barat yang terkenal dengan keindahan alamnya. Tidak hanya itu, Bima juga memiliki kuliner khas yang patut untuk dicoba. Salah satunya adalah palumara, makanan yang populer di Bima dan juga Makassar. Palumara terkenal dengan rasa gurih dan pedasnya yang menggugah selera. Di Bima, palumara biasanya dibuat dengan menggunakan ikan bandeng atau udang.

Palumara Bandeng dan Palumara Kapanto
Palumara Bandeng adalah jenis palumara yang menggunakan ikan bandeng sebagai bahan utamanya. Ikan bandeng yang digunakan harus segar dan dipotong sesuai dengan keinginan. Bumbu-bumbu yang digunakan dalam palumara Bandeng antara lain cabe merah, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, tomat, kunyit, dan sereh. Semua bumbu tersebut diiris tipis kecuali sereh yang cukup digeprek saja. Bumbu-bumbu tersebut kemudian ditumis dengan sedikit minyak hingga harum.

Setelah bumbu matang, masukkan ikan bandeng yang sudah dibersihkan ke dalam tumisan bumbu. Aduk hingga ikan tercampur dengan bumbu dengan baik. Selanjutnya, siapkan asam jawa yang sudah dicampur dengan air panas. Campuran asam jawa ini ditambahkan ke dalam palumara Bandeng untuk memberikan rasa asam yang segar. Jumlah air asam jawa bisa disesuaikan dengan selera, jika ingin kuah palumara lebih kental, maka airnya bisa dikurangi.

Selain palumara Bandeng, di Bima juga terdapat palumara Kapanto yang menggunakan udang sebagai bahan utamanya. Bumbu-bumbu yang digunakan dalam palumara Kapanto hampir sama dengan palumara Bandeng. Perbedaannya terletak pada jenis ikan yang digunakan. Udang yang digunakan juga harus segar untuk mendapatkan hasil palumara yang lezat.

Cara penyajian palumara juga hampir sama. Setelah bumbu matang dan ikan tercampur dengan baik, tambahkan daun kemangi untuk memberikan aroma segar pada palumara. Kemudian, sajikan palumara dengan nasi hangat dan nikmati kelezatannya.

BACA JUGA :  Jelajahi Wisata Bima - Nikmati Keindahan Alam dan Budaya Khas Bima!

Rekomendasi Tempat Wisata di Bima
Selain kuliner, Bima juga memiliki beragam tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah beberapa rekomendasi tempat wisata di Bima:

1. Pantai Wera
Pantai ini terkenal dengan keindahan pantainya yang masih alami. Anda dapat menikmati pemandangan pantai yang indah dengan pasir putih yang lembut. Selain itu, Anda juga dapat beraktivitas seperti berenang atau berjemur di pantai ini.

2. Danau Satonda
Danau Satonda merupakan sebuah danau yang terletak di pulau Satonda. Danau ini terbentuk dari letusan gunung berapi yang terjadi pada tahun 1815. Anda dapat melihat keindahan danau ini yang memiliki warna air biru yang jernih. Selain itu, Anda juga dapat berenang di danau ini dan menjelajahi pulau Satonda.

3. Air Terjun Nanggu
Air Terjun Nanggu terletak di Desa Dara, Bima. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter dan dikelilingi oleh alam yang hijau. Anda dapat menikmati suasana alam yang segar dengan mendengarkan suara gemericik air terjun.

4. Taman Kota Rara Mallu
Taman Kota Rara Mallu adalah taman yang terletak di pusat Kota Bima. Taman ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti taman bermain, jogging track, dan area untuk piknik. Anda dapat bersantai di taman ini sambil menikmati udara segar.

5. Gunung Tambora
Gunung Tambora merupakan salah satu gunung berapi yang terkenal di Indonesia. Gunung ini terkenal dengan letusannya pada tahun 1815 yang mempengaruhi iklim global. Anda dapat mendaki gunung ini untuk menikmati pemandangan yang spektakuler dan menantang.

FAQs (Frequently Asked Questions)

1. Bagaimana cara membuat palumara Bandeng?
– Potong ikan bandeng menjadi beberapa bagian sesuai selera. Tumis semua bumbu hingga harum, kemudian masukkan ikan bandeng yang sudah dibersihkan. Aduk hingga ikan tercampur dengan bumbu dan tambahkan air asam jawa. Masak hingga matang dan sajikan dengan daun kemangi.

BACA JUGA :  Explore Bima - Jelajahi Keindahan Alam serta Budaya yang Kaya di Bima, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

2. Apa saja tempat wisata di Bima yang bisa dikunjungi?
– Beberapa tempat wisata di Bima yang bisa dikunjungi antara lain Pantai Wera, Danau Satonda, Air Terjun Nanggu, Taman Kota Rara Mallu, dan Gunung Tambora.

3. Dapatkah palumara Kapanto dijadikan alternatif untuk palumara Bandeng?
– Ya, palumara Kapanto adalah alternatif yang baik untuk palumara Bandeng. Anda bisa menggunakan udang segar sebagai bahan utama palumara ini.

4. Apakah palumara hanya ada di Bima dan Makassar?
– Palumara dikenal sebagai makanan khas Bima dan Makassar. Namun, beberapa daerah di Indonesia juga memiliki masakan serupa dengan nama yang berbeda.

Kesimpulan
Palumara adalah makanan khas Bima yang terkenal dengan rasa gurih dan pedas. Palumara Bandeng menggunakan ikan bandeng sebagai bahan utama, sementara palumara Kapanto menggunakan udang. Cara membuatnya cukup sederhana dengan memasak bumbu-bumbu tertentu dan menggoreng ikan atau udang hingga matang. Selain menikmati kuliner khas Bima ini, Anda juga dapat menjelajahi berbagai tempat wisata di Bima yang menawarkan keindahan alam yang memukau. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba kelezatan palumara dan menjelajahi keindahan Bima dalam perjalanan Anda berikutnya!