Pangaha Bunga merupakan kue tradisional Bima yang sejak dulu menjadi favorit unt...

Jelajah Wisata Bima: Menikmati Kelezatan Pangaha Bunga, Kue Tradisional Khas Bima

Jelajah Wisata Bima: Menikmati Kelezatan Pangaha Bunga, Kue Tradisional Khas Bima

Bima merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Kabupaten ini terkenal karena memiliki beragam keindahan alam dan budaya yang menarik untuk dijelajahi. Salah satu daya tarik yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Bima adalah wisata kuliner. Salah satu makanan khas yang wajib dicoba adalah Pangaha Bunga, kue tradisional yang telah menjadi favorit masyarakat Bima sejak lama. Kue ini memiliki tekstur dan bentuk yang sederhana, namun memiliki rasa yang menggugah selera.

Pangaha Bunga adalah kue tradisional Bima yang terbuat dari tepung beras dan gula. Kue ini sangat sederhana dalam hal bahan-bahan yang digunakan, namun memiliki cita rasa yang unik dan lezat. Proses pembuatannya juga cukup mudah, sehingga dapat dengan mudah dibuat di rumah. Selain itu, kue ini juga bebas dari bahan-bahan kimia dan pengawet, menjadikannya pilihan yang sehat dan aman untuk dikonsumsi.

Salah satu keunikan dari Pangaha Bunga adalah bentuknya yang menyerupai bunga. Hal ini membuat kue ini menjadi cantik dan menarik saat disajikan. Selain itu, Pangaha Bunga juga memiliki aroma yang sangat sedap dan gurih, membuat siapa pun yang mencobanya akan ketagihan. Kue ini biasanya disajikan sebagai cemilan saat santai atau sebagai hidangan penutup setelah makan.

Selain kelezatannya, Pangaha Bunga juga memiliki daya tahan yang cukup lama. Jika disimpan dengan baik, kue ini dapat bertahan selama beberapa minggu. Hal ini membuatnya menjadi pilihan yang praktis untuk dijadikan oleh-oleh saat pulang dari Bima.

Jika Anda ingin mencoba Pangaha Bunga, ada beberapa tempat di Bima yang menjual kue ini. Salah satunya adalah pasar tradisional, di mana Anda dapat menemukan berbagai makanan tradisional Bima termasuk Pangaha Bunga. Selain itu, beberapa toko kue di Bima juga menjual kue ini dengan harga yang terjangkau.

BACA JUGA :  Jelajah Tempat Wisata Bima: Air Terjun Riamau, Pantai Wera, dan Lebih Banyak Lagi!

Jika Anda ingin menjelajahi lebih banyak tempat di Bima selain mencicipi Pangaha Bunga, ada beberapa tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah beberapa tempat wisata populer di Bima:

1. Pantai Wera
Pantai Wera terletak di Desa Wera, Kecamatan Ambalawi, Bima. Pantai ini merupakan salah satu pantai yang indah dan eksotis di Bima. Anda dapat menikmati keindahan pasir putihnya yang lembut, airnya yang jernih, dan pemandangan matahari terbenam yang memukau. Selain itu, pantai ini juga merupakan tempat yang tepat untuk bermain air dan bersantai.

2. Air Terjun Doro Ncanga
Air Terjun Doro Ncanga terletak di Desa Taliwang, Kecamatan Tambora, Bima. Air terjun ini memiliki keindahan yang menakjubkan dengan air yang jernih dan pepohonan hijau yang rimbun. Anda dapat berenang atau bermain air di bawah air terjun, atau hanya menikmati keindahan alam sekitar.

3. Taman Nasional Gunung Tambora
Taman Nasional Gunung Tambora merupakan salah satu tempat yang wajib dikunjungi bagi pecinta alam dan pendaki gunung. Gunung Tambora sendiri merupakan salah satu gunung api yang berstatus aktif di Indonesia. Anda dapat melakukan pendakian ke puncak gunung untuk menikmati pemandangan yang spektakuler dan mengagumkan. Selain itu, taman nasional ini juga memiliki keanekaragaman flora dan fauna yang menarik untuk dijelajahi.

FAQ:

Q: Apa itu Pangaha Bunga?
A: Pangaha Bunga adalah kue tradisional Bima yang terbuat dari tepung beras dan gula. Kue ini memiliki bentuk yang menyerupai bunga dan memiliki rasa yang gurih dan lezat.

Q: Di mana saya bisa membeli Pangaha Bunga?
A: Anda dapat membeli Pangaha Bunga di pasar tradisional Bima atau beberapa toko kue di Bima.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Bima - Temukan Keindahan Alam yang Menakjubkan di Destinasi Wisata Bima!

Q: Apakah Pangaha Bunga aman untuk dikonsumsi?
A: Ya, Pangaha Bunga aman untuk dikonsumsi karena terbuat dari bahan-bahan alami dan bebas dari bahan-bahan kimia dan pengawet.

Q: Berapa lama Pangaha Bunga dapat bertahan?
A: Jika disimpan dengan baik, Pangaha Bunga dapat bertahan selama beberapa minggu.

Q: Apa saja tempat wisata yang bisa dikunjungi di Bima?
A: Beberapa tempat wisata populer di Bima adalah Pantai Wera, Air Terjun Doro Ncanga, dan Taman Nasional Gunung Tambora.

Kesimpulan:

Pangaha Bunga adalah kue tradisional Bima yang memiliki bentuk menarik dan rasa yang lezat. Kue ini terbuat dari bahan-bahan alami dan bebas dari bahan kimia, menjadikannya pilihan yang sehat dan aman untuk dikonsumsi. Selain itu, kue ini juga memiliki daya tahan yang cukup lama, sehingga cocok sebagai oleh-oleh saat pulang dari Bima.

Selain menikmati kelezatan Pangaha Bunga, Anda juga dapat menjelajahi berbagai tempat wisata menarik di Bima seperti Pantai Wera, Air Terjun Doro Ncanga, dan Taman Nasional Gunung Tambora. Jika Anda ingin merasakan keindahan alam dan budaya yang unik, Bima adalah destinasi yang tepat untuk Anda kunjungi.