Rimpu merupakan sebuah budaya dalam dimensi busana pada masyarakat Bima (Dou Mbo...

Jelajah Wisata Bima: Rimpu, Budaya dalam Dimensi Busana Masyarakat Bima

Jelajah Wisata Bima: Rimpu, Budaya dalam Dimensi Busana Masyarakat Bima

Bima, sebuah kota kecil yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat, memiliki budaya yang kaya dan menarik. Salah satu aspek budaya yang menjadi daya tarik wisatawan adalah Rimpu, sebuah budaya dalam dimensi busana yang dimiliki oleh masyarakat Bima atau Dou Mbojo.

Apa itu Rimpu?
Rimpu merupakan cara berbusana tradisional masyarakat Bima yang mengandung nilai-nilai khas dan sejalan dengan kondisi daerah yang bernuansa Islam. Rimpu terdiri dari rangkaian pakaian yang menggunakan dua lembar sarung khas Bima. Dalam Rimpu, kedua sarung tersebut digunakan untuk bagian bawah dan bagian atas pakaian. Pakaian ini khusus diperuntukkan bagi kaum perempuan, sedangkan kaum pria menggunakan “katente” yang berupa menggulungkan sarung di pinggang.

Sarung yang digunakan dalam Rimpu dikenal sebagai Tembe Nggoli atau Sarung Songket. Sarung ini dibuat dengan menggunakan benang kapas yang dipintal sendiri melalui tenunan khas Bima yang dikenal dengan Muna. Sarung songket ini memiliki beragam motif yang indah, seperti nggusu waru (bunga bersudut delapan), weri (sudut empat mirip kue wajik), wunta cengke (bunga cengkeh), kakando (rebung), bunga satako (bunga setangkai), dan sarung nggoli yang memakai benang rayon sebagai bahan bakunya.

Rimpu sebagai Warisan Budaya
Rimpu bukan hanya sekadar busana tradisional, tetapi juga memiliki makna dan nilai-nilai budaya yang dalam. Pemakaian Rimpu merupakan bagian dari identitas budaya masyarakat Bima dan telah menjadi warisan budaya yang dijaga dan diwariskan dari generasi ke generasi. Rimpu juga menjadi simbol kebanggaan masyarakat Bima dalam mempertahankan kekayaan budaya mereka.

Keindahan Wisata Bima
Selain kekayaan budaya, Bima juga memiliki keindahan alam yang luar biasa. Berikut adalah beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Bima:

BACA JUGA :  Eksplorasi Menakjubkan di Taman Nasional Gunung Tambora Bima

1. Pantai Waha
Pantai Waha merupakan pantai yang menawarkan pesona keindahan pasir putih dan air laut yang jernih. Pengunjung bisa menikmati kegiatan snorkeling, diving, atau sekadar berjemur di pantai yang tenang ini.

2. Bukit Tambora
Bukit Tambora adalah destinasi wisata gunung yang menawarkan panorama indah. Pengunjung bisa melakukan pendakian menuju puncak gunung untuk menikmati pemandangan yang spektakuler.

3. Danau Satonda
Danau Satonda adalah sebuah danau di tengah pulau yang terbentuk akibat letusan Gunung Tambora pada tahun 1815. Danau ini terkenal dengan keindahannya dan menjadi tempat yang populer untuk berfoto.

4. Pulau Sangeang
Pulau Sangeang adalah pulau vulkanik yang indah dan memiliki kekayaan alam yang melimpah. Di pulau ini, pengunjung dapat menikmati keindahan pantai, melakukan hiking, atau menyelam untuk melihat keindahan terumbu karang.

5. Pantai Kolo
Pantai Kolo menawarkan pemandangan yang spektakuler dengan pasir putih yang memukau dan air laut yang biru. Tempat ini juga menjadi lokasi yang bagus untuk snorkeling atau beristirahat sambil menikmati keindahan alam sekitar.

Tidak hanya itu, Bima juga memiliki beragam kuliner khas yang lezat seperti Nasi Kuning, Sate Ubi, dan Saramba yang patut dicicipi saat mengunjungi kota ini.

Pertanyaan Umum (FAQ)
1. Apa keunikan Rimpu dalam budaya masyarakat Bima?
Rimpu merupakan cara berbusana tradisional yang khas bagi kaum perempuan masyarakat Bima. Pakaian ini menggunakan dua lembar sarung khas Bima dan memiliki sarung songket dengan motif indah.

2. Apa makna dan nilai-nilai budaya yang terkandung dalam Rimpu?
Rimpu menjadi bagian dari identitas budaya masyarakat Bima dan merupakan warisan budaya yang dijaga dan diwariskan dari generasi ke generasi. Rimpu juga menunjukkan kebanggaan masyarakat Bima terhadap kekayaan budaya mereka.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Bima - Temukan Keindahan Alam dan Budaya Khas di Kota Ini!

3. Apa saja tempat wisata yang wajib dikunjungi di Bima?
Beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi di Bima adalah Pantai Waha, Bukit Tambora, Danau Satonda, Pulau Sangeang, dan Pantai Kolo. Semua tempat wisata ini menawarkan keindahan alam yang luar biasa.

4. Apa saja makanan khas yang harus dicicipi di Bima?
Beberapa makanan khas Bima yang harus dicicipi saat mengunjungi kota ini adalah Nasi Kuning, Sate Ubi, dan Saramba.

Kesimpulan
Rimpu adalah budaya dalam dimensi busana yang unik dan khas masyarakat Bima. Selain sebagai cara berbusana tradisional, Rimpu juga memiliki makna dan nilai-nilai budaya yang dalam. Wisatawan yang berkunjung ke Bima juga dapat menikmati keindahan alam yang menakjubkan serta kulinernya yang lezat. Jadi, tidak ada salahnya untuk menjelajahi wisata Bima ini dan mengalami keindahan budaya dan alamnya secara langsung.