#explorebima_culinary Photo today by  
Kagape

Soto khas Bima yang terbuat dari ...

Jelajah Wisata Bima – Yuk jelajah tempat wisata Bima ini!! -_culinary Photo today by Kagape Soto khas Bima yang terbuat dari …

Jelajahi Keindahan Tempat Wisata Bima dan Nikmati Kuliner Khasnya

Bima adalah salah satu kota yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Kota ini memiliki sejumlah tempat wisata menarik yang dapat dijelajahi serta kuliner khas yang patut dicicipi. Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang beberapa tempat wisata terpopuler di Bima dan kuliner khas yang dapat dinikmati di daerah ini.

Tempat Wisata di Bima:
1. Pantai Kesune: Pantai ini terletak sekitar 25 kilometer di sebelah timur Bima dan menawarkan pesona alam yang luar biasa. Dengan pasir putih dan air biru yang jernih, pantai ini merupakan tempat yang ideal untuk berenang dan bersantai. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan matahari terbenam yang indah di pantai ini.

2. Pantai Tambora: Pantai ini terletak di Kecamatan Wera, sekitar 120 kilometer dari pusat kota Bima. Pantai Tambora memiliki keunikan karena terdapat sebuah pulau kecil di tengah laut yang dapat dicapai dengan berjalan kaki saat air laut surut. Tempat ini juga menawarkan pesona alam yang menakjubkan dengan pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih.

3. Air Terjun Oi Pali: Air terjun ini terletak sekitar 40 kilometer dari pusat kota Bima dan menawarkan keindahan alam yang memesona. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 70 meter dan diapit oleh tebing-tebing curam. Pengunjung dapat menikmati suasana yang sejuk dan segar di sekitar air terjun ini serta pemandangan alam yang indah.

4. Danau Ntui: Danau ini terletak sekitar 20 kilometer dari pusat kota Bima dan merupakan sebuah danau kecil yang dikelilingi oleh hutan dan pegunungan. Danau Ntui menawarkan pemandangan yang indah dan suasana yang tenang. Pengunjung dapat berjalan-jalan di sekitar danau, berenang atau sekadar bersantai menikmati alam sekitar.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Bima: Pantai Wane Lotong, Bukit Sembalu, Danau Rana Mese, dan Kuliner Khas!

5. Musem Negeri Mashudi: Museum ini terletak di pusat kota Bima dan merupakan tempat yang cocok untuk mengetahui sejarah dan budaya daerah ini. Di dalam museum ini terdapat koleksi berbagai artefak bersejarah seperti keramik, senjata tradisional, pakaian adat, dan masih banyak lagi. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati pameran seni dan budaya yang diadakan secara berkala di museum ini.

Kuliner Khas Bima:
1. Soto Bima: Soto Bima adalah salah satu makanan khas Bima yang terkenal. Soto ini terbuat dari kaki, kikil, dan jeroan sapi yang dimasak dengan santan kelapa dan bumbu rempah-rempah. Rasanya yang lezat dan gurih membuat soto ini menjadi menu yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Bima.

2. Ayam Taliwang: Ayam Taliwang adalah hidangan ikan bakar khas Bima. Ayam ini dibumbui dengan bumbu khas Bima yang terdiri dari cabai, garam, bawang merah, bawang putih, dan kemiri. Ayam Taliwang memiliki cita rasa pedas dan gurih yang menggugah selera.

3. Sate Tambora: Sate Tambora adalah variasi sate yang terbuat dari daging kambing atau sapi yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk dengan tusukan bambu. Sate ini dipanggang dengan arang yang memberikan cita rasa dan aroma yang khas. Sate Tambora disajikan dengan bumbu kacang yang lezat.

4. Sambal Mangga: Sambal Mangga adalah hidangan sambal khas Bima yang terbuat dari buah mangga yang masih muda. Sambal ini memiliki rasa pedas yang khas dan segar. Sambal Mangga sering disajikan sebagai pelengkap hidangan utama di Bima.

FAQs:
1. Bagaimana cara menuju ke Bima?
Untuk menuju Bima, Anda dapat menggunakan transportasi udara melalui Bandara Sultan Salahuddin Abdul Aziz Bima yang melayani penerbangan domestik dari beberapa kota besar di Indonesia. Anda juga dapat menggunakan transportasi darat seperti bus atau mobil pribadi dari kota-kota tetangga seperti Mataram, Sumbawa, atau Surabaya.

BACA JUGA :  Jelajahi Wisata Bima: Keindahan Alam dan Budaya yang Menarik di Kota Bima, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

2. Kapan waktu terbaik untuk berkunjung ke Bima?
Waktu terbaik untuk berkunjung ke Bima adalah selama musim kemarau antara bulan Mei hingga September. Pada periode ini, cuaca di Bima cenderung cerah dan kering, sehingga lebih nyaman untuk menjelajahi tempat wisata di daerah ini.

3. Apa yang bisa dilakukan di Bima selain menikmati tempat wisata?
Selain menikmati tempat wisata, Anda juga dapat mengunjungi pasar tradisional di Bima dan berbelanja oleh-oleh khas seperti kain tenun, perhiasan, dan kerajinan tangan lainnya. Anda juga dapat mempelajari kultur lokal dengan mengunjungi desa-desa adat di sekitar Bima.

Conclusion:
Bima adalah sebuah destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam yang luar biasa serta kuliner khas yang lezat. Dari pantai-pantai yang eksotis hingga air terjun yang memesona, Bima memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dijelajahi. Jangan lupa mencicipi kuliner khas seperti Soto Bima, Ayam Taliwang, dan Sate Tambora yang membuat perjalanan wisata Anda menjadi lebih lengkap. Plan your trip to Bima now and explore the beauty of this enchanting city.