#explorebima_culture Photo today by  taken at Uma Lengge Wawo

Ntumbu Tuta ( Adu...

Jelajahi Keunikan Budaya Bima: Tarian Adu Kepala Ntumbu Tuta di Uma Lengge Wawo

Jelajah Tempat Wisata Bima: Menyelami Tradisi Tari Adu Kepala Ntumbu Tuta di Uma Lengge Wawo

Bima, sebuah kota yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat, memiliki banyak tempat wisata menarik yang patut untuk dieksplorasi. Salah satu atraksi budaya yang unik dan menarik di Bima adalah tarian adu kepala Ntumbu Tuta, yang dapat disaksikan di Uma Lengge Wawo.

Tarian Ntumbu Tuta merupakan tarian yang berasal dari daerah Wawo, tepatnya di desa Ntori, Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima. Tarian ini hanya dapat dilakukan oleh keturunan-keturunan dari nenek moyang mereka yang dulunya merupakan penari adu kepala. Pada zaman dahulu, tarian ini hanya dilakukan oleh kaum perempuan, namun setelah Islam masuk ke daerah Bima, tradisi ini berganti dan sekarang hanya dilakukan oleh kaum laki-laki.

Gerakan yang ada dalam tarian ini menyerupai gerakan pencak silat, ilmu bela diri khas Indonesia, dan diiringi oleh alat musik seperti gong, gendang, dan serunai Bima. Ketika musik mulai dimainkan, sang guru memberikan salam penghormatan kepada Sang Pencipta dengan gerakan tarian. Setelah itu, sang guru memanggil para penari untuk mulai menari. Saat mendapat aba-aba dari sang guru, para penari berlari dengan kencang untuk mengadukan kepala mereka satu sama lain.

Jika seorang penari tidak mengadu kepala dengan penari lain setelah mendapat aba-aba dari sang guru, maka akan merasa kesakitan di bagian kepala dan akan mencari benda keras untuk mengadukan kepala mereka. Namun, meskipun terlihat berbahaya, dalam pertunjukan ini kepala para penari tidak pernah mengeluarkan darah. Sebelum melakukan tarian ini, para penari melakukan ritual minum air putih yang telah dibacakan mantra oleh sang guru untuk memberikan kekebalan tubuh.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Bima: Menikmati Keindahan Tempat Wisata di Bima, Nusa Tenggara Barat

Tarian adu kepala Ntumbu Tuta merupakan salah satu tradisi unik yang dilakukan oleh suku Sasak Bima dan menjadi daya tarik wisatawan yang ingin menyelami budaya lokal di daerah ini. Melihat pertunjukan ini akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan dan memperkaya pengetahuan tentang tradisi dan kebudayaan Bima.

Wisata Lainnya di Bima
Selain menikmati tarian adu kepala Ntumbu Tuta, ada banyak tempat wisata lain di Bima yang layak dikunjungi. Berikut beberapa di antaranya:

1. Pantai Wera
Pantai Wera terletak sekitar dua jam perjalanan dari pusat Kota Bima. Pantai ini memiliki keunikan yang menarik dengan adanya desa nelayan yang terapung di atas laut. Anda dapat mengunjungi desa tersebut dan melihat dari dekat kehidupan masyarakat nelayan Bima.

2. Taman Nasional Gunung Tambora
Gunung Tambora, yang terkenal dengan letusan dahsyatnya pada tahun 1815, menjadi daya tarik bagi para pendaki dan penggemar alam. Anda dapat mendaki puncak gunung ini dan menikmati pemandangan yang indah dari atas.

3. Danauyama
Danauyama adalah danau yang terletak di kaki Gunung Tambora. Danau ini menawarkan keindahan alam yang memukau dengan airnya yang jernih dan pemandangan sekitarnya yang hijau. Anda dapat menikmati kegiatan berperahu, memancing, atau sekadar bersantai di tepi danau.

4. Desa Sambaliung
Desa Sambaliung merupakan desa adat yang memiliki tradisi dan kebudayaan yang unik. Di desa ini, Anda dapat melihat rumah adat Bima yang masih dilestarikan dan berinteraksi dengan masyarakat setempat.

FAQ
1. Bagaimana cara menuju Uma Lengge Wawo untuk menyaksikan tarian adu kepala Ntumbu Tuta di Bima?
Anda dapat menggunakan transportasi darat dari Kota Bima menuju desa Ntori, Kecamatan Wawo. Desa ini terletak sekitar 2-3 jam perjalanan dari Kota Bima. Anda juga dapat menggunakan jasa pemandu wisata lokal untuk memudahkan perjalanan Anda.

BACA JUGA :  Jelajahi Keindahan Wisata Bima - Pesona Alam, Budaya Kaya, dan Tempat Bersejarah yang Menarik!

2. Apakah ada waktu tertentu untuk menyaksikan pertunjukan tarian adu kepala Ntumbu Tuta di Uma Lengge Wawo?
Pertunjukan tarian adu kepala Ntumbu Tuta biasanya dilakukan pada momen-momen tertentu, seperti perayaan adat atau festival budaya. Untuk informasi lebih lanjut tentang jadwal pertunjukan, sebaiknya menghubungi pihak pengelola atau dinas pariwisata setempat.

3. Apakah ada persyaratan khusus untuk menyaksikan pertunjukan tarian adu kepala Ntumbu Tuta di Bima?
Tidak ada persyaratan khusus. Anda hanya perlu menghormati tradisi dan budaya lokal serta mengikuti aturan yang ditetapkan oleh pihak pengelola atau penyelenggara pertunjukan.

Kesimpulan
Bima merupakan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Selain panorama alam yang indah, keberagaman budaya di Bima juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Salah satu atraksi budaya yang unik adalah tarian adu kepala Ntumbu Tuta di Uma Lengge Wawo. Tarian ini tidak hanya memberikan hiburan, tetapi juga menjadi sarana untuk mengetahui lebih dalam tentang sejarah dan kebudayaan suku Sasak Bima. Selain itu, Bima juga memiliki tempat wisata menarik lainnya seperti Pantai Wera, Taman Nasional Gunung Tambora, Danauyama, dan Desa Sambaliung. Dengan menjelajahi semua tempat ini, Anda akan mendapatkan pengalaman wisata yang tak terlupakan di Bima.