#explorebima_culture Photo today by  
Tarian Perang SOKA (mpa'a soka)

Tarian tr...

Jelajah Wisata Bima – Yuk jelajah tempat wisata Bima ini!! -_culture Photo today by Tarian Perang SOKA (mpa’a soka) Tarian tr…

Bahasa Indonesia

Yuk Jelajah Tempat Wisata Bima ini!

Liburan adalah waktu yang tepat untuk menjelajahi tempat-tempat wisata yang menarik. Salah satu destinasi wisata yang patut dikunjungi adalah Bima. Kota ini terletak di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Bima tidak hanya menawarkan keindahan alam yang spektakuler, tetapi juga budaya yang kaya dan tradisional. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa tempat wisata terbaik di Bima dan mengetahui lebih lanjut tentang tarian tradisional yang terkenal di daerah ini.

Destinasi Wisata di Bima

1. Pantai Pasir Putih
Pantai Pasir Putih adalah salah satu pantai terindah di Bima. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Pengunjung dapat menikmati berjemur di pantai, berenang, atau hanya bersantai menikmati keindahan alam sekitarnya.

2. Pulau Kenawa
Pulau Kenawa adalah pulau kecil yang terletak di Teluk Saleh. Pulau ini memiliki pemandangan yang menakjubkan dan air laut yang bersih dan jernih. Pengunjung dapat snorkeling atau menyelam untuk melihat keindahan bawah laut yang menakjubkan.

3. Air Terjun Cimiring
Air Terjun Cimiring adalah salah satu objek wisata alam yang popular di Bima. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan dikelilingi oleh hutan yang hijau. Pengunjung dapat berenang di kolam yang terbentuk di bawah air terjun atau hanya menikmati keindahan alam sekitarnya.

4. Danau Tambora
Danau Tambora adalah danau kawah yang terletak di Gunung Tambora. Danau ini terbentuk setelah letusan Gunung Tambora pada tahun 1815. Pengunjung dapat menikmati pemandangan indah danau yang dikelilingi oleh gunung-gunung serta melakukan aktivitas seperti berkemah atau trekking di sekitar kawah.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Bima - Nikmati Keindahan Alam dan Tempat Wisata Bima Ini!

Tarian Tradisional di Bima

Bima juga terkenal dengan tarian tradisionalnya yang mempesona. Salah satu tarian tradisional yang terkenal adalah Tarian Perang Soka atau juga dikenal sebagai Mpa’a Soka. Tarian ini merupakan tarian perang tradisional yang dilakukan oleh kaum pria di Bima. Tari Perang Soka dipengaruhi oleh semangat perjuangan dan patriotisme untuk mempertahankan harga diri, tanah air, dan bangsa.

Selain Tarian Perang Soka, ada juga tarian klasik istana Bima yang dimainkan oleh pria, antara lain Tari Sere, Maka, Mihu, Kanja, Manca, dan Lenggo Mone atau Lenggo Melayu. Setiap tarian tersebut memiliki gerakan yang unik dan menceritakan kisah atau makna tertentu.

FAQ

1. Apa saja tempat wisata terkenal di Bima?
Beberapa tempat wisata terkenal di Bima antara lain Pantai Pasir Putih, Pulau Kenawa, Air Terjun Cimiring, dan Danau Tambora.

2. Bagaimana cara menuju Bima?
Para pengunjung dapat mencapai Bima dengan menggunakan pesawat terbang ke Bandara Sultan Muhammad Salahuddin atau dengan kapal laut ke Pelabuhan Sape.

3. Apa saja tarian tradisional yang terkenal di Bima?
Salah satu tarian tradisional yang terkenal di Bima adalah Tarian Perang Soka. Selain itu, ada juga Tari Sere, Maka, Mihu, Kanja, Manca, dan Lenggo Mone atau Lenggo Melayu.

4. Apa yang membuat tarian tradisional di Bima begitu istimewa?
Tarian tradisional di Bima memiliki gerakan yang atraktif dan penuh semangat, dengan banyak tarian yang menggambarkan semangat perjuangan dan patriotisme.

Kesimpulan

Bima adalah salah satu destinasi wisata yang menarik di Indonesia. Kota ini menawarkan keindahan alam yang luar biasa, seperti pantai-pantai indah, pulau-pulau yang menakjubkan, air terjun yang spektakuler, dan gunung-gunung megah. Selain itu, budaya dan tarian tradisional di Bima juga patut dipuji. Tarian Perang Soka menjadi salah satu tarian perang tradisional yang paling terkenal dan mempesona di daerah ini. Jadi, jika Anda mencari pengalaman liburan yang berbeda, kunjungilah Bima dan nikmati keindahan alam serta kebudayaan yang menarik!

BACA JUGA :  Jelajahi Keindahan Alam dan Budaya di Bima, Nusa Tenggara Barat