#explorebima Photo today by  taken around Bima, NTB.

Tag teman kamu yang ingin ...

Jelajahi Wisata Bima – Temukan Keindahan Alam dan Budaya yang Memukau di Bima, NTB

Liburdulu.com – Bima merupakan salah satu kota di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang kaya akan destinasi wisata. Terletak di ujung timur Pulau Sumbawa, Bima menawarkan keindahan alam yang luar biasa serta budaya yang kaya. Jika Anda mencari petualangan yang seru dan ingin menjelajahi destinasi wisata yang belum terlalu terkenal, Bima adalah tempat yang tepat untuk Anda kunjungi.

Wisata Alam di Bima
Bima menawarkan keindahan alam yang memukau. Salah satu destinasi wisata alam yang wajib Anda kunjungi adalah Pantai Kolo. Terletak sekitar 30 kilometer dari pusat kota Bima, Pantai Kolo menawarkan pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Anda dapat berenang, berjemur di pantai, atau bahkan bermain sepeda air di sekitar pantai ini. Jangan lewatkan juga pemandangan matahari terbenam yang memukau di Pantai Kolo.

Selain Pantai Kolo, Bima juga memiliki Taman Wisata Alam Sambori. Terletak sekitar 20 kilometer dari pusat kota Bima, taman ini menawarkan keindahan alam yang masih sangat alami. Anda dapat melakukan trekking di hutan yang lebat, menyusuri air terjun yang indah, atau bahkan berkemah di area yang telah disediakan. Taman Wisata Alam Sambori adalah tempat yang sempurna bagi pecinta alam dan petualangan.

Budaya Bima
Tidak hanya keindahan alam, Bima juga kaya akan budaya dan tradisi. Salah satu acara budaya yang menarik untuk Anda saksikan adalah ritual Adat Pasola. Adat Pasola adalah permainan tradisional yang dilakukan oleh suku Bima dalam rangka menyambut musim panen. Dalam permainan ini, para peserta akan berlari di atas kuda sambil melemparkan tombak ke arah lawan mereka. Acara ini sering diadakan di lapangan terbuka dan memiliki daya tarik yang tinggi bagi para wisatawan.

BACA JUGA :  Jelajahi Tempat Wisata Populer di Bima, Pulau Sumbawa - Nikmati Keindahan Alam dan Budaya

Selain Adat Pasola, Anda juga dapat menjelajahi Kampung Adat Woha. Terletak sekitar 11 kilometer dari pusat kota Bima, kampung adat ini merupakan salah satu destinasi budaya yang menarik. Di sini, Anda dapat melihat rumah tradisional suku Bima yang masih terjaga dengan baik. Anda juga dapat berinteraksi dengan penduduk setempat dan belajar tentang kehidupan mereka sehari-hari. Jangan lupa mencicipi makanan tradisional Bima yang lezat seperti nasi wawu dan ayam taliwang.

FAQ

Q: Apa yang membuat Bima unik sebagai destinasi wisata?
A: Bima memiliki kekayaan alam dan budaya yang luar biasa. Pantai-pantai indah, taman wisata alam yang masih alami, dan acara adat Pasola adalah beberapa hal yang membuat Bima menjadi destinasi wisata yang unik.

Q: Bagaimana cara menuju Bima?
A: Anda dapat mencapai Bima dengan pesawat terbang melalui Bandara Sultan Muhammad Salahuddin atau dengan Kapal Feri dari Pelabuhan Benete di Pulau Lombok.

Q: Kapan waktu terbaik untuk mengunjungi Bima?
A: Waktu terbaik untuk mengunjungi Bima adalah pada bulan April hingga November ketika cuaca cerah dan tidak terlalu panas.

Q: Apa aktivitas outdoor yang bisa dilakukan di Bima?
A: Bima menawarkan berbagai macam aktivitas outdoor seperti berenang di pantai, trekking di hutan, dan bermain sepeda air.

Q: Apa kuliner khas Bima yang harus dicoba?
A: Beberapa kuliner khas Bima yang harus dicoba adalah nasi wawu dan ayam taliwang.

Conclusion

Bima adalah destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam dan budaya yang memukau. Dengan pantai-pantai indah, taman wisata alam yang masih alami, dan acara adat Pasola yang menarik, Bima adalah tempat yang tidak boleh dilewatkan bagi para pecinta petualangan dan budaya. Jangan lupa untuk mencoba kuliner khas Bima yang lezat saat berkunjung ke sini. Bagi Anda yang mencari pengalaman wisata yang berbeda dari yang sudah umum, Bima adalah tujuan yang sempurna untuk menjelajahi destinasi yang belum terlalu terkenal. Jelajahi keindahan Bima dan buat kenangan tak terlupakan dalam perjalanan Anda.

BACA JUGA :  Menjelajah Wisata Bima - Nikmati Keindahan Kalaki Beach, Danau Woha, dan Taman Nasional Gunung Tambora di Bima!