#explorebima Photo today by  taken around Lambu, Bima, NTB. 
#exploreindonesia...

Jelajahi Keindahan Alam dan Budaya Bima – Destinasi Wisata Menarik di Indonesia

Indonesia adalah negara yang kaya akan keindahan alam dan budaya. Salah satu destinasi wisata yang menarik di Indonesia adalah Bima, sebuah kota yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Bima menawarkan berbagai tempat wisata yang menakjubkan, mulai dari pantai indah hingga budaya dan tradisi yang kaya.

Bima adalah sebuah kota yang terletak di pesisir pulau Sumbawa. Karena letak geografisnya, Bima memiliki banyak objek wisata pantai yang menakjubkan. Salah satu pantai yang menarik untuk dikunjungi adalah Pantai Lambu. Pantai ini terkenal karena pasir putihnya yang lembut dan air lautnya yang jernih. Pengunjung juga dapat menyaksikan keindahan terumbu karang di sekitar pantai ini. Pantai Lambu merupakan tempat yang sempurna untuk bersantai dan menikmati keindahan alam.

Selain Pantai Lambu, Bima juga memiliki pantai-pantai lain yang tidak kalah menarik. Salah satunya adalah Pantai Soropadan, yang terletak sekitar 45 km dari Kota Bima. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang luas dan air laut yang jernih. Pengunjung dapat berenang, berjemur, atau hanya duduk beristirahat sambil menikmati angin sepoi-sepoi pantai.

Tidak hanya pantai, Bima juga memiliki destinasi alam lain yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Air Terjun Kolo, yang terletak sekitar 16 km dari Kota Bima. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 30 meter dan dikelilingi oleh pepohonan yang rindang. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam sekitar sambil berenang di kolam yang terbentuk di bawah air terjun.

Selain keindahan alam, Bima juga memiliki budaya dan tradisi yang kaya. Salah satunya adalah tradisi khas Bima yaitu Mbojo atau Gulat Bima. Gulat Bima adalah olahraga tradisional yang populer di Bima dan merupakan bagian penting dari budaya setempat. Dalam Gulat Bima, dua orang peserta bertarung di atas tanah dengan menggunakan teknik gulat yang unik. Para peserta tidak menggunakan matras atau perlengkapan khusus, mereka hanya menggunakan tenaga dan keahlian untuk mengalahkan lawan.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Bima: Pantai Kalaki, Gunung Tambora, Desa Wawo Muda, Pulau Sangeang, dan Air Terjun Bontosua

Selain Gulat Bima, Bima juga terkenal dengan kerajinan tangan khasnya. Salah satunya adalah Tenun Ikat Bima, yang merupakan salah satu jenis tenun ikat yang dihasilkan secara tradisional oleh masyarakat Bima. Tenun ikat ini diproduksi dengan menggunakan tenaga manusia dan ratusan benang yang diikat secara manual. Hasilnya adalah kain yang indah dan unik, dengan motif dan warna yang khas.

Bagi Anda yang tertarik menjelajahi Bima, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, pastikan Anda membawa perlengkapan yang cukup, seperti pakaian yang nyaman, alas kaki yang sesuai untuk menjelajahi pantai, dan perlengkapan renang jika Anda berencana untuk berenang di pantai atau air terjun.

Selain itu, perhatikan juga cuaca saat Anda berkunjung ke Bima. Bima memiliki iklim tropis, dengan musim hujan yang biasanya terjadi antara November hingga April. Pastikan Anda mempersiapkan diri dengan membawa payung atau jas hujan jika diperlukan.

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum tentang wisata di Bima:

Q: Bagaimana cara menuju Bima?
A: Anda dapat mencapai Bima dengan udara melalui Bandara Sultan Muhammad Salahuddin, atau dengan jalur laut melalui Pelabuhan Sape.

Q: Apa waktu terbaik untuk mengunjungi Bima?
A: Waktu terbaik untuk mengunjungi Bima adalah pada musim kemarau, antara bulan Mei hingga Oktober. Pada periode ini, cuaca cenderung cerah dan pantai-pantai akan lebih menarik untuk dikunjungi.

Q: Apa akomodasi terbaik di Bima?
A: Bima memiliki beberapa pilihan akomodasi, mulai dari hotel mewah hingga penginapan budget. Beberapa hotel yang populer di Bima antara lain Hotel Tambora, Hotel Bintang, dan Hotel Santika.

Q: Apa makanan khas yang harus dicoba di Bima?
A: Salah satu makanan khas yang harus dicoba di Bima adalah Sate Bulayak, yakni sate dari daging sapi yang disajikan dengan lontong yang dibungkus daun pisang.

BACA JUGA :  Ikuti Jelajah Wisata Bima untuk Merayakan WWIM15 ❤ Bima dengan Tema "Kebaikan"

Q: Apa kegiatan lain yang dapat dilakukan di Bima selain menjelajah tempat wisata?
A: Selain menjelajahi tempat wisata, Anda juga dapat mengunjungi pasar tradisional di Bima, mengikuti festival budaya, atau menjelajahi desa-desa tradisional untuk melihat kehidupan sehari-hari masyarakat setempat.

Kesimpulannya, Bima adalah destinasi wisata yang menarik di Indonesia. Dengan keindahan alamnya yang menakjubkan dan budaya dan tradisi yang kaya, Bima memiliki potensi menjadi tujuan wisata yang populer bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Jika Anda ingin menjelajahi keindahan alam dan budaya Bima, pastikan Anda merencanakan perjalanan dengan matang dan menikmati setiap momen yang Anda alami di sana.