#explorebima Photo today by  taken at Around Bajo Pulo
#exploreindonesia...

Jelajahi Keindahan Alam Bima yang Eksotis – Destinasi Wisata Terbaik di Bima

Jika Anda sedang mencari destinasi wisata yang belum terlalu ramai dan eksotis, maka Bima bisa menjadi pilihan yang tepat. Kota ini terletak di Pulau Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Meskipun belum terlalu terkenal seperti Bali atau Lombok, Bima memiliki keindahan alam yang tak kalah menarik. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa tempat wisata terbaik di Bima.

1. Pantai Wawo Muda
Pantai Wawo Muda merupakan salah satu pantai terindah di Bima. Pantai ini memiliki pasir putih yang halus dan air laut yang jernih. Pemandangan matahari terbenam di pantai ini juga sangat memukau. Anda bisa berenang, snorkeling, atau sekadar bersantai menikmati keindahan pantai.

2. Danau Tempe
Danau Tempe adalah destinasi wisata yang populer di Bima. Danau ini terletak di kaki Gunung Tambora dan dikelilingi oleh hutan yang hijau. Anda dapat menikmati pemandangan yang indah dari tepi danau atau menjelajahi danau dengan perahu kayu tradisional.

3. Taman Nasional Gunung Tambora
Taman Nasional Gunung Tambora adalah tempat yang sempurna bagi para pecinta alam. Gunung Tambora terkenal karena letusan dahsyatnya pada tahun 1815 yang menciptakan kawah yang luas. Anda dapat melakukan pendakian ke puncak gunung dan menikmati pemandangan indah dari atas.

4. Desa Adat Wawo Mudo
Jika Anda ingin merasakan kehidupan tradisional masyarakat Bima, Anda bisa mengunjungi Desa Adat Wawo Mudo. Desa ini terletak di lereng Gunung Tambora dan merupakan salah satu desa adat tertua di Bima. Anda dapat melihat rumah tradisional dan kebudayaan unik masyarakat lokal.

5. Air Terjun Cimpu
Air Terjun Cimpu adalah destinasi wisata alam yang menarik di Bima. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 50 meter dan dikelilingi oleh hutan yang hijau. Anda dapat berenang atau sekadar menikmati pemandangan yang menakjubkan di sekitar air terjun.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Bima: Temukan Keindahan Tempat Wisata di Bima

6. Pulau Sangeang
Pulau Sangeang terletak di sebelah timur Kota Bima dan merupakan pulau vulkanik aktif. Pulau ini menawarkan keindahan alam bawah laut yang luar biasa. Anda dapat melakukan snorkeling atau menyelam untuk melihat terumbu karang yang indah dan keanekaragaman hayati laut.

7. Pantai Malonda
Pantai Malonda adalah pantai yang tersembunyi di Bima. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Anda dapat menikmati suasana pantai yang tenang dan indah di sini.

8. Mandati Beach Club
Jika Anda ingin merasakan liburan yang santai dan mewah, Anda bisa mengunjungi Mandati Beach Club. Tempat ini menyediakan fasilitas seperti kolam renang, restoran, dan beach club yang eksklusif. Anda dapat bersantai di tepi pantai sambil menikmati hidangan lezat.

9. Desa Wisata Kolo
Desa Wisata Kolo adalah desa yang terletak di sepanjang Pantai Wawo Muda. Desa ini mempertahankan kebudayaan tradisional dan keindahan alam yang asli. Anda dapat melihat proses pembuatan tenun tradisional atau menikmati pemandangan pantai yang indah.

10. Pantai Presidente
Pantai Presidente merupakan salah satu pantai terindah di Bima. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih, air laut yang jernih, dan pepohonan yang rindang. Anda dapat bersantai di tepi pantai atau menikmati berbagai aktivitas air seperti snorkeling dan diving.

FAQ

Q: Bagaimana cara menuju Bima?
A: Anda bisa mencapai Bima dengan pesawat terbang melalui Bandara Sultan Muhammad Salahudin atau dengan menggunakan kapal feri dari Pulau Lombok.

Q: Kapan waktu terbaik untuk mengunjungi Bima?
A: Waktu terbaik untuk mengunjungi Bima adalah antara bulan Mei hingga September, ketika cuaca cerah dan air laut yang tenang.

BACA JUGA :  Jelajahi Wisata Bima - Nikmati Keindahan Alam dan Budaya yang Eksotis di Indonesia

Q: Apakah ada akomodasi di sekitar tempat wisata di Bima?
A: Ya, ada berbagai pilihan akomodasi di sekitar tempat wisata di Bima, mulai dari hotel mewah hingga penginapan murah.

Q: Apakah di Bima terdapat makanan khas yang harus dicoba?
A: Ya, ada beberapa makanan khas Bima yang harus Anda coba, seperti Ayam Kampo, Plecing Kangkung, dan Sambal Hu’u.

Q: Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menjelajahi Bima?
A: Anda dapat menghabiskan 3-4 hari untuk menjelajahi beberapa tempat wisata utama di Bima.

Conclusion

Bima adalah destinasi wisata yang menarik di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Kota ini menawarkan keindahan alam yang spektakuler, mulai dari pantai-pantai indah hingga gunung-gunung yang megah. Dengan mengunjungi tempat-tempat wisata di Bima, Anda dapat menikmati keindahan alam yang belum terjamah serta merasakan kehidupan tradisional masyarakat Bima. Jadi, jangan ragu untuk menjelajahi tempat wisata di Bima dan buatlah pengalaman liburan Anda menjadi tak terlupakan.