#explorebima Photo today by  taken at  Around Mt Tambora

#exploreindonesia
#dis...

Jelajahi Tempat Wisata Menarik di Bima, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

Bima adalah salah satu kota yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Kota ini merupakan pusat pemerintahan dari Kabupaten Bima dan merupakan kota terbesar kedua di pulau Sumbawa setelah kota Sumbawa Besar. Bima memiliki sejarah dan budaya yang kaya serta memiliki berbagai tempat wisata menarik yang patut untuk dikunjungi. Jika Anda sedang merencanakan liburan ke Bima, berikut ini adalah beberapa tempat wisata yang dapat Anda jelajahi.

1. Gunung Tambora
Gunung Tambora adalah gunung berapi yang terkenal di Bima. Gunung ini terletak di Kecamatan Sanggar, sekitar 50 kilometer dari pusat kota Bima. Gunung Tambora memiliki ketinggian sekitar 2.850 meter di atas permukaan laut dan dikenal karena letusan besar yang terjadi pada tahun 1815. Gunung ini juga merupakan objek wisata hiking yang populer bagi para pendaki gunung. Di sekitar Gunung Tambora, Anda juga dapat menemukan Danau Segara Anak yang indah.

2. Pantai Wera
Pantai Wera adalah salah satu pantai terindah di Bima. Pantai ini terletak di Kecamatan Wera, sekitar 40 kilometer dari pusat kota Bima. Pantai ini memiliki pasir putih yang halus dan air laut yang jernih. Selain itu, Pantai Wera juga dikelilingi oleh perbukitan yang hijau dan pemandangan laut yang menakjubkan. Anda dapat menikmati kegiatan seperti berenang, snorkeling, atau bersantai di tepi pantai.

3. Desa Adat Wawo Muda
Desa Adat Wawo Muda adalah salah satu desa adat yang terletak di Bima. Desa ini terkenal karena kegiatan kesenian tradisionalnya, seperti tari Topeng Tua dan tari Randu Kuning. Desa Adat Wawo Muda juga memiliki rumah adat tradisional yang merupakan warisan budaya dari nenek moyang mereka. Anda dapat mengunjungi desa ini dan melihat langsung kehidupan masyarakat lokal yang masih mempertahankan tradisi mereka.

BACA JUGA :  Jelajahi Tempat Wisata Terbaik di Bima, Pulau Sumbawa - Destinasi Wisata Menakjubkan di Nusa Tenggara Barat

4. Air Terjun Setumpang
Air Terjun Setumpang adalah destinasi wisata alam yang menawan di Bima. Air terjun ini terletak di Kecamatan Langgudu, sekitar 45 kilometer dari pusat kota Bima. Air Terjun Setumpang memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan dikelilingi oleh pepohonan hijau yang lebat. Anda dapat mandi di kolam alami yang terbentuk di bawah air terjun atau hanya menikmati keindahan alam sekitarnya.

5. Pantai Tarima’a
Pantai Tarima’a merupakan pantai yang terletak di Kecamatan Lambu, sekitar 30 kilometer dari pusat kota Bima. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang tenang. Selain itu, pemandangan matahari terbenam di Pantai Tarima’a juga sangat indah. Pantai ini juga merupakan tempat yang sempurna untuk bersantai sambil menikmati keindahan alam sekitarnya.

Itulah beberapa tempat wisata menarik yang dapat Anda jelajahi di Bima. Selain itu, kota ini juga memiliki berbagai kuliner tradisional yang lezat, seperti Sate Bima dan Ayam Taliwang. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi makanan lokal yang autentik saat Anda berkunjung ke Bima.

FAQ:

Q: Bagaimana cara menuju ke Gunung Tambora?
A: Anda dapat menuju ke Gunung Tambora dengan menggunakan transportasi darat. Dari pusat kota Bima, Anda dapat menyewa kendaraan atau naik angkutan umum menuju Kecamatan Sanggar. Setelah itu, Anda dapat melakukan pendakian menuju puncak gunung.

Q: Apakah ada penginapan di sekitar Pantai Wera?
A: Ya, terdapat beberapa penginapan di sekitar Pantai Wera. Anda dapat mencari penginapan yang sesuai dengan anggaran dan preferensi Anda di sekitar pantai tersebut.

Q: Apakah Air Terjun Setumpang mudah diakses?
A: Untuk mencapai Air Terjun Setumpang, Anda perlu melakukan perjalanan melalui jalan yang agak terjal. Namun, setelah tiba di lokasi, Anda dapat dengan mudah mengakses air terjun dengan berjalan kaki.

BACA JUGA :  Eksplorasi Wisata Bima - Nikmati Keindahan Pulau Bima dan Pantai Wane

Q: Apakah ada fasilitas di Pantai Tarima’a?
A: Pantai Tarima’a belum sepenuhnya dikembangkan sebagai destinasi wisata, jadi fasilitasnya masih terbatas. Namun, Anda dapat membawa perlengkapan sendiri seperti tikar dan makanan/minuman.

Conclusion:

Bima adalah tujuan wisata yang menarik di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Kota ini memiliki berbagai tempat wisata menarik, seperti Gunung Tambora, Pantai Wera, Desa Adat Wawo Muda, Air Terjun Setumpang, dan Pantai Tarima’a. Selain itu, Bima juga menawarkan kuliner tradisional yang lezat dan kebudayaan yang kaya. Jadi, jika Anda ingin menjelajahi tempat yang belum terlalu terkenal namun memiliki keindahan alam yang luar biasa, Bima adalah destinasi yang tepat untuk Anda kunjungi.