#explorebima Photo today by  taken at Around Sape

#exploreindonesia...

Menjelajah Wisata Bima: Pantai, Gunung, dan Budaya yang Menakjubkan di Indonesia

Bima adalah sebuah kota yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Kota ini terkenal dengan keindahan alamnya yang memikat hati para wisatawan. Dengan beragam tempat wisata yang menarik, Bima adalah destinasi yang sempurna bagi Anda yang ingin menjelajahi keindahan Indonesia. Artikel ini akan membahas beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi di Bima.

Rute Perjalanan

Sebelum membahas tempat-tempat wisata di Bima, mari kita bahas terlebih dahulu rute perjalanan menuju kota ini. Bima dapat diakses melalui udara maupun darat. Anda dapat naik pesawat menuju Bandara Sultan Muhammad Salahuddin di Kota Bima, yang merupakan pintu gerbang utama untuk masuk ke kota ini. Jika Anda memilih perjalanan darat, Anda dapat menggunakan bus atau mobil pribadi dari beberapa kota besar di Pulau Jawa menuju Bima.

Tempat Wisata di Bima

1. Pantai Wera

Foto oleh @bungnahri

Pantai Wera adalah salah satu pantai yang indah di Bima. Di sini, Anda dapat menikmati panorama pantai yang menakjubkan, dengan hamparan pasir putih dan air laut yang jernih. Pantai ini juga terkenal dengan perahu tradisional bernama Phinisi yang menjadi ciri khas Bima. Anda dapat menyewa perahu ini untuk mengelilingi pantai atau menjelajahi pulau-pulau di sekitarnya.

2. Danau Tambora

Foto oleh @bungnahri

Danau Tambora tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Bima. Danau ini terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Tambora, yang merupakan salah satu tujuan wisata alam yang terkenal di Indonesia. Danau ini terbentuk akibat letusan Gunung Tambora pada tahun 1815. Anda dapat naik pendakian menuju puncak Gunung Tambora untuk menikmati pemandangan yang menakjubkan, atau menikmati keindahan Danau Tambora dari bibir danau.

BACA JUGA :  Jelajahi Tempat Wisata di Bima dan Nikmati Keindahan Alamnya yang Menakjubkan!

3. Air Terjun Doro Orombo

Foto oleh @bungnahri

Air Terjun Doro Orombo adalah salah satu air terjun terbesar di Bima. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan dikelilingi oleh pemandangan alam yang indah. Anda dapat menyaksikan keindahan air terjun ini sambil menikmati suasana alam yang sejuk. Terdapat juga kolam alami di bawah air terjun yang dapat digunakan untuk berenang atau bermain air.

4. Pulau Sangeang

Foto oleh @bungnahri

Pulau Sangeang adalah pulau vulkanik yang terletak di Laut Flores. Pulau ini dikenal dengan keindahan alam bawah lautnya yang spektakuler. Anda dapat melakukan kegiatan snorkeling atau diving di sini untuk melihat keindahan terumbu karang dan kehidupan laut yang beragam. Pulau ini juga menjadi tempat yang populer bagi para pencinta fotografi untuk menangkap momen indah di bawah air.

5. Desa Bala

Foto oleh @bungnahri

Desa Bala adalah desa tradisional yang terletak di Kabupaten Bima. Desa ini terkenal dengan kegiatan perakarangan tradisional yang masih dijalankan hingga saat ini. Anda dapat mengunjungi desa ini dan melihat langsung proses pembuatan kerajinan perak tradisional yang masih dilakukan oleh penduduk lokal. Desa Bala juga memiliki panorama alam yang indah dan terletak di lereng Gunung Tambora.

FAQ

1. Apakah ada akomodasi yang tersedia di Bima?

Ya, di Bima terdapat beragam pilihan akomodasi mulai dari hotel berbintang hingga penginapan sederhana. Beberapa hotel terkenal di Bima antara lain Hotel Aston Bima, Hotel Duta Nirwana, dan Hotel Tambora.

2. Bagaimana cara menuju Pulau Sangeang?

Untuk menuju Pulau Sangeang, Anda dapat menaiki boat atau kapal dari Pelabuhan Sape yang terletak di Bima. Perjalanan membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam tergantung pada kondisi laut.

BACA JUGA :  Jelajahi Keindahan Bima - Destinasi Wisata yang Menarik di Pulau Sumbawa

3. Apakah ada fasilitas transportasi di sekitar Bima?

Ya, di Bima terdapat beragam pilihan transportasi seperti taksi, ojek, dan angkutan umum. Anda juga dapat menyewa mobil atau sepeda motor untuk lebih leluasa menjelajahi kota ini.

4. Kapan waktu terbaik untuk mengunjungi Bima?

Waktu terbaik untuk mengunjungi Bima adalah pada musim kemarau antara bulan Mei hingga Oktober. Pada bulan-bulan ini cuaca cenderung cerah dan tidak banyak hujan, sehingga memudahkan Anda dalam menjelajahi tempat-tempat wisata di Bima.

Conclusion

Bima adalah destinasi wisata yang menakjubkan di Indonesia. Dengan keindahan alamnya yang memukau seperti pantai-pantai indah, gunung berapi, dan desa tradisional, Bima menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan. Jelajahi tempat-tempat wisata tersebut dan nikmati keindahan alam serta budaya yang kaya di kota ini.