#explorebima Photo today by  taken at Around Wadumbolo

#exploreindonesia 
#disc...

Wisata Bima: Pantai Wadumbolo, Danau Tambora, Air Terjun Matano, dan Lebih – Liburdulu.com

Selamat datang di Liburdulu.com! Hari ini kami akan memberikan inspirasi wisata yang menarik di Bima. Bima adalah salah satu kota di provinsi Nusa Tenggara Barat yang terkenal dengan keindahan alamnya. Bima menawarkan berbagai tempat wisata menarik yang cocok untuk dikunjungi. Yuk jelajahi tempat wisata Bima ini bersama kami!

![Wisata Bima](https://liburdulu.com/wp-content/uploads/2020/11/1604687709_718_Jelajah-Wisata-Bima-Yuk-jelajah-tempat-wisata-Bima-ini.jpg)

## 1. Pantai Wadumbolo

Pantai Wadumbolo adalah salah satu tempat wisata terkenal di Bima. Pantai ini menawarkan pemandangan yang indah dengan pasir putih dan air laut yang jernih. Anda dapat berenang, snorkeling, atau hanya bersantai di tepi pantai. Jangan lupa untuk menikmati keindahan matahari terbenam di Pantai Wadumbolo ini.

## 2. Danau Tambora

Danau Tambora merupakan danau yang terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Tambora. Danau ini terbentuk akibat letusan gunung Tambora pada tahun 1815. Keindahan danau ini sangat menakjubkan dengan airnya yang berwarna biru kehijauan dan dikelilingi oleh hutan tropis yang hijau. Anda juga dapat melakukan trekking atau hiking di sekitar danau ini.

## 3. Air Terjun Matano

Air Terjun Matano adalah salah satu destinasi wisata air terjun yang menarik di Bima. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dengan air yang jatuh ke kolam yang jernih. Anda dapat berenang atau hanya menikmati keindahan alam di sekitar air terjun ini.

## 4. Desa Sade

Desa Sade adalah salah satu desa adat di Bima yang masih mempertahankan tradisi dan budaya Sasak. Anda dapat melihat rumah tradisional Sasak yang terbuat dari anyaman bambu dan beratapkan ilalang. Selain itu, Anda juga dapat berinteraksi dengan penduduk setempat dan melihat proses pembuatan kain tenun tradisional.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Bima - Temukan Keindahan Alam dan Budaya di Destinasi Wisata Bima

## 5. Gunung Tambora

Gunung Tambora merupakan gunung berapi yang terletak di Bima. Gunung ini terkenal dengan letusannya pada tahun 1815 yang mengakibatkan bencana dahsyat. Meskipun begitu, Gunung Tambora memberikan pemandangan alam yang indah dan bisa dibuat sebagai tujuan hiking atau mendaki gunung.

## 6. Pulau Kambing

Pulau Kambing adalah pulau kecil yang terletak di dekat Pantai Kolo Bima. Pulau ini memiliki pasir putih dan air yang jernih. Anda dapat berenang, snorkeling, atau hanya bersantai di pantai Pulau Kambing ini. Pulau ini juga dikelilingi oleh terumbu karang yang indah yang menjadi habitat berbagai jenis ikan dan biota laut lainnya.

## 7. Desa Loyok

Desa Loyok adalah desa yang terkenal dengan kerajinan tenun ikat. Di desa ini, Anda dapat melihat proses pembuatan tenun ikat secara tradisional. Selain itu, Anda juga dapat membeli berbagai produk tenun ikat sebagai oleh-oleh.

Itulah beberapa tempat wisata menarik di Bima. Setiap tempat wisata di atas menawarkan keindahan alam dan budaya yang unik. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Bima dan menikmati keindahannya.

## FAQ

### 1. Bagaimana cara menuju Bima?

Anda dapat menuju Bima dengan menggunakan pesawat terbang ke Bandara Sultan Muhammad Salahuddin atau menggunakan bus dari berbagai kota di Pulau Jawa.

### 2. Apa saja aktivitas yang dapat dilakukan di Bima?

Di Bima, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas seperti berenang, snorkeling, hiking, trekking, dan berinteraksi dengan masyarakat setempat.

### 3. Apa yang menjadi keistimewaan tempat wisata di Bima?

Keistimewaan tempat wisata di Bima adalah keindahan alamnya yang masih alami dan keberagaman budaya serta tradisi yang masih dilestarikan.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Bima: Pantai-Pantai Indah, Gunung Tambora, dan Budaya yang Kaya

### 4. Kapan waktu terbaik untuk mengunjungi Bima?

Waktu terbaik untuk mengunjungi Bima adalah pada bulan April hingga Oktober karena cuaca sedang cerah dan tidak terlalu panas.

### 5. Apakah terdapat akomodasi di sekitar tempat wisata di Bima?

Ya, di sekitar tempat wisata di Bima terdapat berbagai akomodasi mulai dari penginapan yang sederhana hingga hotel berbintang.

## Kesimpulan

Bima adalah destinasi wisata yang menarik di Nusa Tenggara Barat. Tempat wisata di Bima menawarkan keindahan alam yang masih alami dan keberagaman budaya yang menarik. Anda dapat mengunjungi Pantai Wadumbolo, Danau Tambora, Air Terjun Matano, Desa Sade, Gunung Tambora, Pulau Kambing, dan Desa Loyok. Jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati keindahan Bima ini dan menjadikannya sebagai destinasi liburan Anda berikutnya!

Sumber:
– https://liburdulu.com/wisata-bima/