#explorebima Photo today by  taken at Bajo Pulo Beach Sape
#exploreindonesia...

Jelajah Wisata Bima – Temukan Keindahan Alam dan Budaya yang Tak Terlupakan di Kota Bima, Nusa Tenggara Barat

Bima, sebuah kota yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia, memiliki banyak tempat wisata menarik yang layak untuk dikunjungi. Dari pantai yang indah hingga warisan budaya yang kaya, Bima memiliki banyak hal untuk ditawarkan kepada para wisatawan. Jika Anda mencari inspirasi untuk perjalanan di Bima, berikut adalah beberapa tempat wisata yang patut Anda kunjungi.

1. Pantai Bajo Pulo
Salah satu pantai yang terkenal di Bima adalah Pantai Bajo Pulo. Pantai ini terletak di desa Sape dan menawarkan pemandangan yang memukau. Pasir putih yang halus, air biru jernih, dan perairan yang tenang menjadikan pantai ini tempat yang sempurna untuk bersantai. Anda juga dapat melakukan aktivitas seperti berenang, snorkeling, dan berjemur di bawah sinar matahari yang hangat.

2. Danau Tambora
Danau Tambora terletak di gunung berapi aktif yang juga bernama Tambora. Danau ini terbentuk akibat letusan dahsyat gunung berapi pada tahun 1815. Danau Tambora menawarkan pemandangan yang spektakuler dengan airnya yang biru kehijauan dan dikelilingi oleh pegunungan yang hijau. Anda dapat menjelajahi danau ini dengan menyewa perahu atau hanya menikmati pemandangan yang indah dari tepi danau.

3. Desa Adat Wawo Muda
Desa Adat Wawo Muda adalah sebuah desa tradisional yang masih mempertahankan budayanya hingga saat ini. Desa ini terletak di kaki Gunung Tambora dan merupakan tempat tinggal suku Bima. Di desa ini, Anda dapat melihat rumah-rumah tradisional yang dibangun dengan arsitektur khas suku Bima. Selain itu, Anda juga dapat menyaksikan tarian tradisional dan mengenal lebih dalam tentang kehidupan suku Bima.

4. Pulau Kenawa
Pulau Kenawa, terletak sekitar 15 km dari Kota Bima, adalah pulau kecil yang indah dengan pasir putih dan air laut yang jernih. Pulau ini menawarkan pengalaman snorkeling yang luar biasa dengan terumbu karang yang indah dan beragam hayati bawah laut. Anda juga dapat berkemah di pulau ini dan menikmati keindahan alam yang masih alami.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Bima - Yuk jelajah tempat wisata Bima ini!! - Photo today by taken at So Numbe Beach Kolo#exploreindonesia...

5. Pantai Wera
Pantai Wera adalah pantai yang cukup terkenal di Bima. Pantai ini menawarkan panorama alam yang spektakuler dengan tebing-tebing karang yang menjulang tinggi dan air laut yang biru. Pantai Wera juga memiliki ombak yang cukup besar, sehingga sangat cocok bagi para penggemar olahraga surfing. Pantai ini juga terkenal dengan perahu tradisional Bima yang disebut “ngekak” yang merupakan icon dari Bima.

FAQ:

Q: Apa waktu terbaik untuk mengunjungi Bima?
A: Waktu terbaik untuk mengunjungi Bima adalah saat musim kemarau antara bulan Mei hingga September. Cuaca pada periode ini cenderung kering dan cerah.

Q: Bagaimana cara menuju Bima?
A: Anda dapat mencapai Bima melalui udara dengan penerbangan langsung dari Jakarta atau Bali. Anda juga dapat naik ferry dari Pulau Bali atau Lombok menuju Bima.

Q: Apa makanan khas dari Bima?
A: Makanan khas dari Bima adalah “pande putu” yaitu makanan dari kelapa yang diisi dengan gula merah dan dibungkus dengan daun pisang. Makanan ini memiliki rasa manis yang lezat.

Q: Apa kegiatan outdoor yang bisa dilakukan di Bima?
A: Di Bima, Anda dapat melakukan banyak kegiatan outdoor seperti snorkeling, selam, surfing, dan hiking ke Gunung Tambora.

Q: Bagaimana dengan akomodasi di Bima?
A: Bima memiliki berbagai pilihan akomodasi mulai dari hotel mewah hingga penginapan yang lebih sederhana. Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Kesimpulan:
Bima adalah destinasi wisata yang menarik di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Dari pantai yang indah hingga warisan budaya yang kaya, Bima menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan. Jelajahi tempat-tempat wisata yang telah disebutkan di atas dan nikmati keindahan alam serta budaya masyarakat Bima.

BACA JUGA :  Eksplorasi Tempat Wisata Bima dan Nikmati Keindahan Alamnya!