#explorebima Photo today by  taken at Bonto Kolo Hill

#exploreindonesia...

Jelajah Wisata Bima – Temukan Keindahan Alam dan Budaya di Bima, Nusa Tenggara Barat

Jika Anda mencari destinasi wisata yang eksotis dan belum terlalu dipadati oleh wisatawan, maka Bima adalah pilihan yang sempurna untuk Anda. Bima terletak di bagian timur Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Berikut ini adalah daftar tempat wisata yang harus Anda kunjungi di Bima.

1. Bonto Kolo Hill
Bonto Kolo Hill adalah tempat wisata yang sangat populer di Bima. Bukit ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan dari atas bukit. Anda dapat menikmati matahari terbit atau matahari terbenam yang mempesona. Dengan lanskap bukit yang hijau, Anda dapat berjalan-jalan melewati jalur hiking yang tersedia sambil menikmati udara segar. Pastikan untuk membawa kamera Anda untuk mengabadikan momen indah ini.

2. Pantai Wera
Pantai Wera adalah surga bagi para penggemar pantai. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Anda dapat berjemur di atas pasir sambil menikmati sinar matahari atau berenang di air laut yang hangat. Pemandangan di sekitar pantai sangat indah, terutama saat matahari terbenam. Jangan lupa mencicipi makanan laut segar yang ditawarkan di warung lokal.

3. Air Terjun Doi
Air Terjun Doi adalah air terjun yang cantik dan menyejukkan di Bima. Air terjun ini tersembunyi di tengah hutan lebat, memberikan suasana yang tenang dan damai. Anda dapat berenang di bawah pancuran air terjun atau hanya duduk dan menikmati keindahan alam sekitarnya. Untuk mencapai air terjun, Anda harus melakukan trekking melalui jalur yang berliku, tetapi perjalanan ini pasti sepadan.

4. Danau Tambora
Danau Tambora terletak di lereng Gunung Tambora, gunung yang pernah meletus dahsyat pada tahun 1815. Danau ini memiliki keindahan alam yang menakjubkan dengan air yang tenang dan warna yang bervariasi. Anda dapat naik perahu atau mendaki bukit di sekitar danau untuk menikmati pemandangan yang spektakuler. Jika Anda mencari pengalaman yang lebih mendalam, Anda juga dapat berkemah di sekitar danau.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Bima - Nikmati Keindahan Alam dan Budaya di Kota Bima, NTB

5. Desa Dara
Desa Dara adalah desa tradisional di Bima yang masih memegang kuat adat dan budaya mereka. Anda dapat mengunjungi rumah-rumah adat tradisional dan melihat kehidupan sehari-hari penduduk desa. Desa Dara juga terkenal dengan kerajinan tangan mereka, terutama tenun ikat. Anda dapat membeli tenun ikat asli sebagai kenang-kenangan dari perjalanan Anda.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan):

1. Bagaimana cara mencapai Bima?
Anda dapat mencapai Bima dengan pesawat terbang ke Bandara Sultan Muhammad Salahuddin atau dengan kapal ferry dari Pelabuhan Kayangan di Pulau Lombok.

2. Kapan waktu terbaik untuk mengunjungi Bima?
Waktu terbaik untuk mengunjungi Bima adalah pada bulan Mei hingga September, ketika cuaca sedang cerah dan hangat.

3. Apakah ada akomodasi di sekitar tempat wisata?
Ya, ada beberapa opsi akomodasi di sekitar tempat wisata, mulai dari hotel-hotel mewah hingga penginapan yang lebih sederhana.

4. Apa makanan khas yang harus saya coba di Bima?
Ada beberapa makanan khas Bima yang harus Anda coba, seperti ayam taliwang, sate bulayak, dan nasi bungkus.

Kesimpulan:
Bima adalah destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Dari bukit yang menakjubkan hingga pantai yang mempesona, Bima memiliki segalanya untuk memuaskan para wisatawan yang mencari petualangan sejati. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi keindahan Bima saat Anda berada di Nusa Tenggara Barat.