#explorebima Photo today by  taken at Kelapa Island

#exploreindonesia...

Jelajahi Keindahan Wisata di Bima, Kota Keajaiban Alam dan Budaya

Bima adalah salah satu kota yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Kota ini terkenal dengan keindahan alamnya yang memikat, termasuk pantai-pantai yang menakjubkan dan budaya yang kaya.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa tempat wisata yang populer di Bima. Mari kita mulai perjalanan wisata kita!

1. Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih adalah salah satu tempat wisata yang paling terkenal di Bima. Seperti namanya, pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Anda dapat menikmati kegiatan renang, berjemur di pantai, atau bahkan berselancar di sini. Selain itu, pantai ini juga menawarkan pemandangan matahari terbenam yang indah.

2. Pulau Satonda

Pulau Satonda adalah pulau kecil yang terletak di sebelah barat Bima. Tempat ini dikenal dengan danau asinnya yang unik. Menurut legenda setempat, danau ini adalah bekas kaldera gunung berapi yang tenggelam. Pulau ini juga dikelilingi oleh hutan tropis yang indah dan memiliki keanekaragaman hayati yang kaya. Pengunjung dapat melakukan kegiatan seperti snorkeling, menyelam, atau hanya menikmati keindahan alam yang menakjubkan.

3. Pantai Waihura

Pantai Waihura adalah tempat lain yang harus dikunjungi di Bima. Pantai ini memiliki pesona yang sangat indah dengan hamparan pasir putih yang lembut dan air laut yang bening. Pengunjung dapat berenang, berjemur, atau hanya menikmati keindahan alam sekitarnya. Selain itu, pantai ini juga dikelilingi oleh pepohonan rindang yang menambah kesegaran suasana.

4. Desa Sambori

Desa Sambori adalah desa adat yang terletak di Bima. Desa ini memiliki kebudayaan yang kaya dan masih mempertahankan tradisi-tradisi kuno. Pengunjung dapat menikmati keindahan arsitektur tradisional, melihat pertunjukan seni dan tari tradisional, atau berinteraksi dengan penduduk setempat yang ramah. Desa Sambori juga dikelilingi oleh hutan belantara yang indah yang dapat dijelajahi.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Bima - Telah Capai 1K Pengikut di Media Sosial!

5. Air Terjun Kolo

Air Terjun Kolo adalah air terjun yang indah yang terletak di lereng Gunung Sangiang. Air terjun ini dikelilingi oleh kehijauan hutan tropis yang memikat. Pengunjung dapat berenang di kolam alami di bawah air terjun atau hanya menikmati keindahan alam sekitarnya. Air Terjun Kolo merupakan tempat yang sempurna untuk relaksasi dan rekreasi di tengah alam yang alami.

Frequently Asked Questions (FAQs):

1. Apa waktu terbaik untuk mengunjungi Bima?
Waktu terbaik untuk mengunjungi Bima adalah antara bulan April hingga Oktober, saat cuaca cerah dan hangat. Namun, pengunjung masih dapat menikmati keindahan Bima sepanjang tahun.

2. Bagaimana cara mencapai Bima?
Bima memiliki Bandara Sultan Muhammad Salahuddin yang melayani penerbangan domestik. Pengunjung juga dapat mencapai Bima melalui jalur darat dari kota-kota terdekat seperti Sumbawa Besar.

3. Apakah ada akomodasi di Bima?
Ya, Bima memiliki berbagai pilihan akomodasi mulai dari hotel mewah hingga penginapan budaya tradisional. Beberapa hotel yang terpercaya di Bima termasuk Hotel Sangkan Indah, Hotel Newa, dan Hotel Wisata.

4. Apakah makanan khas Bima?
Makanan khas Bima antara lain nasi bungkus, pelecing kangkung, ayam taliwang, dan sate bima. Anda juga dapat mencoba minuman tradisional seperti sopi, minuman beralkohol khas Bima.

5. Apa lagi yang harus dikunjungi di Bima?
Selain tempat-tempat wisata yang disebutkan di atas, pengunjung juga dapat mengunjungi Danau Tambora, Taman Nasional Moyo, dan Menara Air Legendaris Bima yang berusia ratusan tahun.

Kesimpulan:

Bima merupakan tempat yang penuh dengan keindahan alam dan budaya yang menakjubkan. Dari pantai-pantai yang indah hingga desa adat yang kaya, Bima memiliki sesuatu yang menarik bagi semua pengunjung. Jadi, jika Anda mencari destinasi wisata yang belum begitu ramai dan memiliki keindahan yang alami, jangan lewatkan Bima dalam daftar perjalanan Anda berikutnya!

BACA JUGA :  Menjelajah Wisata Bima - Nikmati Pesona Keindahan Alam dan Budaya yang Kaya di Bima