#explorebima Photo today by  taken at Lariti Beach Sape
#exploreindonesia...

Wisata Bima – Menjelajahi Keindahan Alam dan Budaya di Nusa Tenggara Barat

Liburdulu.com – Bima merupakan salah satu kota di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang terkenal dengan keindahan alamnya. Kota ini memiliki banyak tempat wisata menarik yang patut untuk dijelajahi. Dalam artikel ini, kita akan mengajak Anda untuk menjelajahi tempat-tempat wisata terbaik di Bima, Nusa Tenggara Barat.

1. Pantai Lariti Sape
Tempat wisata pertama yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi di Bima adalah Pantai Lariti Sape. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut, air laut yang jernih, dan ombak yang tenang. Anda bisa berenang, berjemur, atau bahkan bermain selancar di sini. Juga jangan lewatkan pemandangan matahari terbenam yang indah. Pantai Lariti Sape memberikan pengalaman liburan yang menyenangkan untuk Anda dan keluarga.

2. Bukit Ratu Do’a
Bukit Ratu Do’a merupakan bukit yang terletak di Desa Cenggu, Kecamatan Langgudu, Bima. Dari atas bukit ini, Anda bisa menikmati panorama indah Kota Bima, pegunungan, dan lautan yang luas. Bukit ini juga terkenal sebagai tempat ibadah dan sering dikunjungi oleh orang-orang yang mencari kedamaian dan ketenangan. Di sini juga ada sebuah pura yang menjadi tempat berdoa bagi penduduk setempat.

3. Air Terjun Ceti
Air Terjun Ceti adalah salah satu objek wisata alam yang terletak di Desa Ceti, Kecamatan Soromandi, Bima. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dengan aliran air yang deras. Selain menikmati keindahan air terjun, Anda juga bisa berenang di kolam alami yang dihasilkan oleh aliran air terjun. Air Terjun Ceti sangat cocok untuk dikunjungi bagi para pecinta alam dan pencinta petualangan.

4. Kebun Raya Taman Hutan Raya Wanokaka
Kebun Raya Taman Hutan Raya Wanokaka merupakan taman hutan raya yang luas dan indah di Bima. Di sini, Anda akan menjumpai berbagai macam tanaman langka dan endemik, serta keanekaragaman flora dan fauna. Jalan-jalan di tengah pepohonan dan dikelilingi oleh suara burung akan membuat Anda merasa dekat dengan alam. Jika Anda pecinta alam, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Taman Hutan Raya Wanokaka.

BACA JUGA :  Jelajahi Tempat Wisata Menarik di Bima - Panduan Lengkap Wisata Bima

5. Taman Kota Langgudu
Taman Kota Langgudu adalah taman kota yang menjadi tempat favorit warga Bima untuk bersantai. Di sini, Anda bisa berjalan-jalan, bersepeda, atau sekadar duduk santai sembari menikmati udara segar. Taman ini juga sering digunakan untuk berbagai acara seperti konser musik dan festival. Jadi, pastikan Anda meluangkan waktu untuk mengunjungi Taman Kota Langgudu.

6. Danau Mareha
Danau Mareha adalah danau alami yang terletak di Kecamatan Sanggar, Bima. Danau ini memiliki air yang jernih dan tenang, serta dikelilingi oleh pegunungan yang hijau. Di sekitar danau, Anda juga akan menemukan berbagai jenis satwa liar seperti kera, rusa, dan burung. Pemandangan yang memukau dan lingkungan yang tenang membuat Danau Mareha menjadi tempat yang sempurna untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman-teman.

7. Gua Jepang
Gua Jepang adalah gua yang dibangun oleh tentara Jepang pada masa Perang Dunia II. Gua ini terletak di Desa Soromandi, Kecamatan Soromandi, Bima. Di dalam gua, Anda bisa melihat saluran air, tempat istirahat, dan lorong-lorong yang digunakan oleh tentara Jepang. Pengalaman berkeliling di dalam gua ini akan memberikan wawasan sejarah dan petualangan yang menarik bagi Anda.

8. Pulau Satonda
Pulau Satonda adalah pulau yang terletak di Teluk Saleh, Bima. Pulau ini memiliki keindahan alam yang luar biasa. Di sini, Anda bisa snorkeling, menyelam, atau sekadar bersantai di pantai. Pulau Satonda juga terkenal dengan danau asin di tengah pulau yang diyakini memiliki air ajaib. Jika Anda mencari tempat yang menenangkan dan penuh keindahan alam, Pulau Satonda adalah pilihan yang tepat.

9. Pantai Mandorak
Pantai Mandorak adalah pantai yang menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Pantai ini terletak di Desa Doro, Kecamatan Sanggar, Bima. Pasir putih, air laut yang biru jernih, dan ombak yang tenang membuat Pantai Mandorak menjadi tempat yang sempurna untuk bersantai dan menikmati keindahan alam Bima.

BACA JUGA :  6 Tempat Wisata Menarik di Bima, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

10. Desa Adat Wawo Muda
Desa Adat Wawo Muda adalah desa adat yang terletak di Kecamatan Monta, Bima. Desa ini terkenal dengan rumah adat, seni, dan budayanya yang unik. Di sini, Anda bisa melihat upacara adat, menjelajahi komunitas lokal, dan mempelajari sejarah dan budaya mereka. Desa Adat Wawo Muda adalah destinasi yang tepat untuk mendapatkan pengalaman budaya yang autentik di Bima.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Q: Bagaimana cara menuju Bima, Nusa Tenggara Barat?
A: Anda dapat mencapai Bima dengan naik pesawat melalui Bandara Sultan Muhammad Salahudin Bima atau naik bus atau kereta api.

Q: Apa waktu terbaik untuk mengunjungi Bima?
A: Waktu terbaik untuk mengunjungi Bima adalah selama musim kemarau antara Mei hingga September. Cuaca akan cerah dan cuaca yang baik untuk menjelajahi tempat wisata.

Q: Apakah ada akomodasi di sekitar tempat-tempat wisata di Bima?
A: Ya, di sekitar tempat-tempat wisata di Bima terdapat berbagai pilihan akomodasi seperti hotel, guesthouse, dan homestay yang sesuai dengan berbagai anggaran.

Q: Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menjelajahi tempat-tempat wisata di Bima?
A: Waktu yang dibutuhkan untuk menjelajahi tempat-tempat wisata di Bima tergantung pada preferensi Anda. Namun, disarankan untuk meluangkan waktu 3-4 hari untuk dapat menikmati keindahan alam dan budaya kota ini.

Conclusion (Kesimpulan)

Bima, Nusa Tenggara Barat menawarkan berbagai tempat wisata yang menarik dan indah. Mulai dari pantai indah, pegunungan yang memukau, hingga desa adat yang unik. Jika Anda ingin mengunjungi tempat yang belum banyak dijelajahi oleh wisatawan, Bima adalah pilihan yang sempurna. Dengan keindahan alamnya yang memanjakan mata, serta budaya dan sejarahnya yang kaya, Bima siap memberikan pengalaman liburan yang tak terlupakan. Jadi, langsung jelajahi tempat wisata Bima sekarang juga dan rasakan keindahan alam Nusa Tenggara Barat!

BACA JUGA :  Jelajahi Keindahan Wisata Bima - Pantai Sonumbe, Air Terjun Pancuran Beleq, Danau Tambora, dan banyak lagi!