#explorebima Photo today by  taken at Lawoli Beach Lambu

#exploreindonesia...

Jelajahi Keindahan Wisata di Bima – Pantai, Gunung, dan Desa Adat

Bima, sebuah kota yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat, merupakan destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam yang memukau. Dikelilingi oleh pegunungan dan pantai-pantai yang indah, Bima memiliki potensi wisata yang sangat menarik untuk dijelajahi. Di artikel ini, kami akan membahas tempat wisata di Bima yang patut untuk Anda kunjungi.

Daftar Tempat Wisata di Bima

1. Pantai Lawoli
Pantai Lawoli merupakan salah satu pantai yang cukup populer di Bima. Pantai ini memiliki pasir putih yang halus dan air laut yang jernih. Anda dapat melakukan berbagai aktivitas di pantai ini, seperti berenang, snorkeling, atau sekedar menikmati keindahan pemandangan alam sekitar.

2. Danau Tambora
Danau Tambora terletak di kawasan Taman Nasional Tambora. Danau ini merupakan hasil letusan gunung berapi Tambora yang terjadi pada tahun 1815. Keindahan danau yang dikelilingi oleh pegunungan akan mempesona mata Anda. Anda dapat melakukan perjalanan trekking untuk mencapai danau ini dan menikmati keindahan alam sekitar.

3. Pantai Kolo
Pantai Kolo juga merupakan pantai yang wajib dikunjungi di Bima. Pantai ini dikenal dengan ombaknya yang cukup tinggi, sehingga menjadi surga bagi para peselancar. Selain itu, Anda juga dapat menikmati keindahan pantai ini dengan berjalan-jalan di sepanjang pantai atau sekedar duduk-duduk sambil menikmati matahari terbenam.

4. Air Terjun Sanggar
Air Terjun Sanggar merupakan salah satu air terjun yang terletak di kawasan perbukitan di Bima. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 70 meter dan dikelilingi oleh hutan yang hijau. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam dan berlibur dengan suasana yang sejuk.

5. Desa Adat Belaragi
Desa Adat Belaragi merupakan salah satu desa adat di Bima yang masih sangat terjaga keasliannya. Di desa ini, Anda dapat melihat rumah tradisional khas Bima dan juga berinteraksi dengan masyarakat setempat. Selain itu, Anda juga dapat menyaksikan upacara adat yang dilakukan oleh masyarakat Belaragi.

BACA JUGA :  Jelajah Keindahan Tempat Wisata Bima - Yuk Temukan Destinasi Wisata Menarik di Bima!

6. Gunung Tambora
Gunung Tambora merupakan gunung berapi yang terletak di Pulau Sumbawa, tetapi dapat dijangkau dari kota Bima. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.850 meter di atas permukaan laut. Pendakian ke Gunung Tambora membutuhkan fisik yang cukup kuat, tetapi perjalanan ini akan sebanding dengan pemandangan spektakuler yang akan Anda temui di puncak gunung.

7. Pantai Mananga Aba
Pantai Mananga Aba adalah pantai yang dapat dijangkau dengan perjalanan sekitar 1 jam dari Kota Bima. Pantai ini menawarkan pesona keindahan alam yang masih alami, dengan pasir putih dan air laut yang bening. Anda dapat melakukan snorkeling atau sekedar berenang di pantai ini untuk menikmati keindahannya.

FAQ (Tanya Jawab)

Q: Bagaimana cara mencapai tempat wisata di Bima?
A: Untuk mencapai tempat wisata di Bima, Anda dapat menggunakan transportasi darat melalui jalur darat dari beberapa kota besar di Pulau Jawa seperti Jakarta, Surabaya, atau Bali. Setelah tiba di Kota Bima, Anda dapat menggunakan angkutan umum atau menyewa kendaraan pribadi untuk mencapai tempat wisata yang Anda tuju.

Q: Kapan waktu terbaik untuk mengunjungi Bima?
A: Waktu terbaik untuk mengunjungi Bima adalah selama musim kemarau, antara bulan April hingga November. Pada periode ini, cuaca cenderung kering dan cerah, sehingga memudahkan Anda untuk menjelajahi tempat wisata di Bima.

Q: Apa yang harus saya bawa saat berkunjung ke Bima?
A: Saat berkunjung ke Bima, disarankan untuk membawa pakaian yang nyaman, sepatu yang cocok untuk berjalan atau beraktivitas di alam bebas, kacamata hitam, topi, tabir surya, dan perlengkapan snorkeling jika Anda berencana untuk snorkeling di pantai-pantai di Bima.

Kesimpulan

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Bima - Nikmati Keindahan Alam dan Tempat Wisata Bima Ini!

Bima menawarkan berbagai macam destinasi wisata yang memukau, mulai dari pantai-pantai yang indah, air terjun yang menakjubkan, hingga gunung berapi yang menantang. Anda dapat menikmati keindahan alam yang masih alami, serta berinteraksi dengan masyarakat lokal yang ramah dan menjaga kearifan lokal mereka. Dengan keunikan dan keindahannya, Bima siap menjadi tujuan liburan yang tak terlupakan bagi Anda.