#explorebima Photo today by  taken at  Lingi Beach Lambu Sape

#exploreindonesia...

Jelajah Wisata Bima: Menikmati Keindahan Alam dan Budaya yang Kaya di Bima, NTB

Dalam tulisan ini, kita akan menjelajahi beberapa tempat wisata menarik di Bima, Nusa Tenggara Barat. Bima adalah kota yang kaya akan keindahan alam, pantai yang indah, dan budaya yang kaya. Mari kita lihat beberapa tempat wisata terbaik yang dapat dikunjungi di Bima.

1. Pantai Lingi
Pantai Lingi terletak di Desa Lambu Kecamatan Woha, sekitar 15 kilometer dari kota Bima. Pantai ini dikelilingi oleh perbukitan hijau dan air laut yang biru jernih. Keaslian pantai ini masih terjaga dengan baik, sehingga memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi wisatawan yang mengunjunginya.

2. Pantai Wera
Pantai Wera terletak sekitar 32 kilometer dari kota Bima. Pantai ini terkenal dengan lempengan batu karang yang unik, air laut yang tenang, dan pasir putihnya yang halus. Di pantai ini, pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas seperti berenang, snorkeling, dan diving.

3. Danau Tambora
Danau Tambora terletak di lereng Gunung Tambora yang terkenal. Danau ini terbentuk akibat letusan dahsyat Gunung Tambora pada tahun 1815. Keindahan danau ini sangat mengagumkan, dengan airnya yang hijau kebiruan dan pemandangan yang tak terlupakan. Pengunjung bisa mendaki gunung untuk menikmati pemandangan danau dari atas.

4. Pantai Sape
Pantai Sape adalah salah satu pantai terindah di Bima. Pantai ini terkenal dengan pasir putihnya yang lembut dan air laut yang jernih. Pengunjung bisa bersantai di pantai ini sambil menikmati pemandangan matahari terbenam yang memukau.

5. Museum Sanggurahura
Museum Sanggurahura adalah museum sejarah dan budaya yang terletak di kota Bima. Museum ini menampilkan berbagai artefak sejarah dan kebudayaan Bima, termasuk senjata tradisional, benda-benda perahu, dan berbagai koleksi unik lainnya. Pengunjung dapat mempelajari lebih lanjut tentang sejarah dan budaya Bima melalui koleksi yang dipamerkan di museum ini.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Bima - Happy New Year 2020Taken by : ...

6. Desa Adat Wawo
Desa Adat Wawo terletak di pegunungan Bima dan merupakan salah satu desa adat tertua di daerah tersebut. Desa ini memiliki rumah adat tradisional yang masih menjaga keaslian dan keunikan arsitektur tradisional Bima. Pengunjung dapat belajar tentang kehidupan dan budaya masyarakat Bima di desa ini.

7. Pantai Kaso
Pantai Kaso terletak di kecamatan Palibelo, sekitar 38 kilometer dari kota Bima. Pantai ini memiliki pesona yang unik dengan batu-batu karang di sekitarnya, serta ombak yang besar yang cocok untuk surfing. Pantai ini juga sering digunakan oleh nelayan lokal untuk beraktivitas sehari-hari.

8. Taman Nasional Gunung Tambora
Taman Nasional Gunung Tambora adalah tempat yang sempurna bagi para pecinta alam dan pendaki gunung. Gunung Tambora terkenal karena letusannya yang dahsyat pada tahun 1815, dan saat ini menjadi salah satu tempat wisata alam yang menarik. Pengunjung dapat melakukan pendakian gunung untuk menikmati keindahan alam sekitar, termasuk keindahan danau Tambora.

Frequently Asked Questions (FAQ):

Q: Bagaimana cara mencapai Bima?
A: Bima dapat dicapai melalui udara melalui Bandara Sultan Salahuddin atau melalui transportasi darat seperti bus atau mobil pribadi.

Q: Kapan waktu terbaik untuk mengunjungi Bima?
A: Waktu terbaik untuk mengunjungi Bima adalah antara bulan Mei hingga Oktober, ketika cuaca sedang baik dan kondisi laut yang tenang.

Q: Apakah Bima memiliki akomodasi yang baik?
A: Ya, Bima memiliki berbagai jenis akomodasi yang dapat dipilih, mulai dari hotel, penginapan, hingga homestay di sekitar kota atau daerah wisata.

Q: Apa makanan khas Bima yang harus dicoba?
A: Beberapa makanan khas Bima yang harus dicoba adalah nasi kucing, salempong, jajan pasar Bima, dan minuman tradisional wedang bajigur.

BACA JUGA :  Jelajahi Wisata Menarik di Bima - Destinasi Petualangan dan Keindahan Alam di Indonesia

Q: Apa kegiatan lain yang dapat dilakukan di Bima selain wisata alam?
A: Selain wisata alam, pengunjung juga dapat menikmati kegiatan budaya seperti menyaksikan pertunjukan tarian tradisional atau mengunjungi pasar tradisional di Bima.

Kesimpulan:
Bima adalah destinasi wisata yang menarik di Nusa Tenggara Barat. Dengan pantainya yang indah, gunung yang menakjubkan, dan budaya yang kaya, Bima menawarkan pengalaman wisata yang luar biasa bagi setiap pengunjung. Jadi, jika Anda mencari liburan yang berbeda, luangkan waktu untuk menjelajahi tempat wisata menarik di Bima. Liburan yang tak terlupakan menanti Anda di sana!