#explorebima Photo today by  taken at Lingi Beach Sape Lambu
#exploreindonesia...

Jelajah Wisata Bima – Yuk Jelajah Keindahan Alam dan Budaya Kota Bima!

Kota Bima, terletak di Pulau Sumbawa, merupakan salah satu destinasi wisata yang menakjubkan di Indonesia. Dikenal dengan keindahan alamnya, Bima menawarkan berbagai tempat wisata menarik bagi para pengunjung. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa tempat wisata terbaik di Bima, yang akan memberikan pengalaman tak terlupakan.

Lingi Beach Sape Lambu

Salah satu tempat wisata terbaik di Bima adalah Lingi Beach Sape Lambu. Pantai ini menawarkan pemandangan indah dengan pasir putih yang luas, air laut yang jernih, dan ombak yang tenang. Ini adalah tempat yang sempurna untuk bersantai dan menikmati ketenangan alam. Para pengunjung dapat berenang, berjemur, atau hanya duduk santai sambil menikmati keindahan alam sekitar.

Benteng Keramat Bima

Benteng Keramat Bima adalah salah satu tempat sejarah yang penting di kota Bima. Terletak di pusat kota, benteng ini adalah bekas tempat tinggal Sultan Bima pada abad ke-18. Dalam kunjungan ke Benteng Keramat Bima, para pengunjung dapat menjelajahi bangunan bersejarah, melihat koleksi artefak kuno, dan mengetahui lebih lanjut tentang sejarah dan budaya Bima.

Gunung Tambora

Sumbawa dikenal dengan keindahan gunung-gunungnya, dan Gunung Tambora adalah salah satu yang paling terkenal. Gunung ini terkenal karena letusan dahsyatnya pada tahun 1815, yang dikenal sebagai letusan gunung berapi terbesar dalam sejarah manusia. Saat ini, Gunung Tambora adalah tujuan populer bagi para pendaki gunung dan para pengunjung yang ingin menikmati alam pegunungan yang spektakuler. Pendakian Gunung Tambora membutuhkan persiapan yang matang, namun pengalaman dan pemandangan yang luar biasa yang akan kamu dapat kan di puncaknya akan sebanding dengan usaha yang kamu keluarkan.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Bima - Yuk jelajah tempat wisata Bima ini!! - Photo today by taken at Sambori...

Desa Adat Waworada

Desa Adat Waworada adalah destinasi budaya yang menarik di Bima. Desa ini merupakan contoh dari kehidupan masyarakat adat Bima, dengan rumah tradisional, upacara adat, dan kesenian tradisional. Mengunjungi Desa Adat Waworada akan memberikanmu pengalaman yang unik untuk melihat dan belajar tentang kehidupan masyarakat adat yang kaya dan tradisi mereka yang berusia ratusan tahun.

Pantai Kuta

Pantai Kuta adalah tempat yang sempurna untuk menikmati pesona alam Bima. Terletak sekitar 60 kilometer dari pusat kota Bima, pantai ini menawarkan pasir putih yang lembut, air laut yang jernih, dan ombak yang bagus untuk berselancar. Para pengunjung dapat bersantai di tepi pantai, berenang, atau mencoba olahraga air seperti berselancar atau snorkeling. Pantai Kuta juga dikelilingi oleh pemandangan alam yang indah, seperti bukit berpohon yang hijau dan tebing pantai yang menakjubkan.

Desa Wisata Tambora

Jika kamu tertarik dengan alam dan kebudayaan Bima, maka kamu harus mengunjungi Desa Wisata Tambora. Desa ini terletak di lereng Gunung Tambora dan menawarkan pengalaman yang unik untuk menjelajahi alam pegunungan serta melihat kehidupan masyarakat setempat. Di Desa Wisata Tambora, kamu dapat berinteraksi dengan masyarakat, belajar tentang budaya mereka, dan mencoba kuliner tradisional yang lezat. Selain itu, kamu juga bisa berpartisipasi dalam trekking ke puncak Gunung Tambora dan menikmati pemandangan yang menakjubkan dari sana.

Tanya Jawab

1. Bagaimana cara menuju ke Bima?

Untuk menuju ke Bima, kamu bisa terbang ke Bandara Sultan Muhammad Salahuddin atau mengambil angkutan darat seperti bus atau taksi dari kota-kota terdekat seperti Mataram atau Denpasar. Perjalanan dari Mataram ke Bima memakan waktu sekitar 6 jam dengan bus.

BACA JUGA :  Jelajah Tempat Wisata Menakjubkan di Bima - Nikmati Pesona Alam dan Budaya Bima!

2. Kapan waktu terbaik untuk mengunjungi Bima?

Waktu terbaik untuk mengunjungi Bima adalah antara bulan Mei dan Oktober, ketika cuaca kering dan lebih sejuk. Namun, kamu dapat mengunjungi Bima sepanjang tahun, namun perlu diingat bahwa musim hujan dapat membuat aktivitas luar ruangan menjadi sulit.

3. Apa jenis makanan khas yang harus dicoba di Bima?

Salah satu makanan khas yang harus kamu coba di Bima adalah Sate Bima, yakni sate yang terbuat dari daging sapi, ayam, atau kerang yang dibumbui dengan rempah-rempah khas Bima. Selain itu, kamu juga bisa mencoba pepes ikan, sambal plecing, dan kopi khas Bima.

4. Apakah terdapat akomodasi di Bima?

Ya, di Bima terdapat berbagai pilihan akomodasi, mulai dari hotel bintang hingga penginapan sederhana. Beberapa hotel terkenal di Bima antara lain Hotel Jaya Graha, Hotel Lambitu, dan Hotel Santika.

Kesimpulan

Kota Bima menawarkan berbagai tempat wisata menakjubkan bagi para pengunjung. Dari pantai-pantai yang indah hingga gunung-gunung spektakuler, Bima memiliki keindahan alam yang luar biasa. Selain itu, budaya dan sejarah kota ini juga menawarkan pengalaman yang unik. Jadi, jika kamu mencari destinasi wisata yang menarik di Indonesia, jangan lewatkan untuk menjelajahi tempat wisata yang menakjubkan di Bima!