#explorebima Photo today by  taken at Lingi Beach Sape
#exploreindonesia ...

8 Tempat Wisata Terbaik di Kota Bima, Nusa Tenggara Barat | Yuk Jelajahi Bima!

Bima merupakan salah satu kota di provinsi Nusa Tenggara Barat yang memiliki banyak tempat wisata menarik. Kota yang terletak di Pulau Sumbawa ini memiliki keindahan alam yang memukau serta budaya yang unik. Jika Anda sedang berencana untuk mengunjungi Bima, berikut adalah beberapa tempat wisata yang wajib Anda kunjungi.

1. Pantai Sape
Pantai ini terletak sekitar 32 kilometer dari pusat Kota Bima. Pantai Sape memiliki pasir yang putih dan air laut yang jernih. Di pantai ini juga terdapat dermaga tempat keberangkatan kapal-kapal menuju Pulau Komodo. Anda bisa menikmati pemandangan indah sambil menikmati angin sepoi-sepoi di Pantai Sape.

2. Gunung Tambora
Gunung Tambora merupakan gunung api yang terletak di Kabupaten Bima. Gunung ini terkenal karena letusannya yang dahsyat pada tahun 1815, yang menghasilkan bencana alam yang dikenal sebagai “tahun tanpa musim”. Meskipun telah terjadi letusan besar, Gunung Tambora tidak kehilangan pesonanya sebagai objek wisata. Pendakian ke puncak Gunung Tambora akan memberikan pengalaman petualangan yang tak terlupakan.

3. Danau Satonda
Danau Satonda terletak di Kabupaten Bima, sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Bima. Danau ini terbentuk di dalam kaldera bekas letusan Gunung Satonda. Danau dengan air asin ini memiliki legenda yang menarik, yaitu jika Anda melempar batu ke danau dan berharap, maka harapan Anda akan terkabul. Selain itu, di sebelah barat Danau Satonda terdapat pulau kecil yang dihuni oleh ribuan kelelawar.

4. Pantai Malonda
Pantai Malonda terletak di desa Waha, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Keindahan alam Pantai Malonda juga ditambah dengan pepohonan bakau yang rindang. Pantai ini juga merupakan tempat yang ideal untuk melakukan snorkeling atau sekadar bersantai menikmati keindahan alam.

BACA JUGA :  Jelajahi Keindahan Wisata Bima, Kota yang Menawarkan Keindahan Alam dan Budaya

5. Bala Kara Hill
Bukit yang terletak di Kabupaten Bima ini menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan. Dari puncak Bala Kara Hill, Anda dapat melihat panorama indah kota Bima dan wilayah sekitarnya. Bukit ini merupakan tempat yang populer di kalangan para pendaki dan fotografer karena pemandangannya yang spektakuler.

FAQ

1. Bagaimana cara menuju Bima?
Untuk menuju Bima, Anda dapat naik pesawat terbang ke Bandara Sultan Muhammad Salahuddin di Bima. Jika Anda ingin menggunakan transportasi darat, Anda dapat naik bus atau mobil pribadi melalui jalur darat.

2. Apakah ada akomodasi di sekitar tempat-tempat wisata di Bima?
Ya, di sekitar tempat-tempat wisata di Bima terdapat berbagai jenis akomodasi mulai dari hotel hingga penginapan murah.

3. Apakah ada biaya masuk ke tempat-tempat wisata di Bima?
Ya, beberapa tempat wisata di Bima memungut biaya masuk. Namun, biaya masuk tersebut umumnya cukup terjangkau.

4. Apakah Bima aman untuk wisatawan?
Bima merupakan kota yang aman bagi wisatawan. Namun, seperti pergi ke tempat wisata mana pun, tetap perhatikan keamanan barang-barang berharga Anda dan mengikuti petunjuk dari pihak berwenang.

5. Ada apa saja di kota Bima selain tempat wisata?
Selain tempat-tempat wisata, kota Bima juga memiliki pusat perbelanjaan, pasar tradisional, dan berbagai restoran yang menyajikan kuliner khas daerah.

Conclusion
Bima merupakan destinasi wisata yang menarik dengan keindahan alam yang luar biasa. Dari pantai-pantai yang eksotis hingga gunung dan danau yang menakjubkan, Bima menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan. Jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas daerah serta berinteraksi dengan penduduk lokal untuk merasakan kehangatan budaya Bima. Jadi, jika Anda ingin mengeksplorasi keindahan alam dan keunikan budaya di Nusa Tenggara Barat, sertakan Bima dalam daftar perjalanan Anda.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Bima - Menikmati Keindahan Alam dan Budaya yang Memukau!