#explorebima Photo today by  taken at Mt Tambora
#exploreindonesia...

Wisata Bima: Jelajah Gunung Tambora, Danau Satonda, Benteng Selayar, dan Pantai Wera

Liburdulu.com – Bima, sebuah kota kecil yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia, memiliki beragam tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Jika Anda mencari destinasi liburan yang belum terlalu terkenal namun penuh dengan keindahan alam, Bima adalah pilihan yang sempurna. Artikel ini akan memberikan panduan lengkap mengenai tempat wisata di Bima, sehingga Anda dapat merencanakan perjalanan yang tak terlupakan.

Gunung Tambora
Salah satu tempat wisata terkenal di Bima adalah Gunung Tambora. Gunung ini adalah gunung berapi yang terletak di pulau Sumbawa, sekitar 70 kilometer dari Kota Bima. Gunung Tambora terkenal karena letusan dahsyatnya pada tahun 1815 yang menghasilkan suara yang terdengar hingga ke Pulau Jawa. Letusan tersebut menjadi salah satu yang terbesar dalam sejarah dan meninggalkan bekas kerusakan yang sangat besar di sekitar gunung.

Meskipun letusan tersebut menjadi tragedi, sekarang Gunung Tambora merupakan tujuan populer bagi para pendaki yang ingin menikmati pemandangan alam yang menakjubkan. Pendakian ke puncak gunung ini membutuhkan waktu sekitar 2-3 hari, tetapi pemandangan yang akan Anda temui di atas sangatlah sepadan. Anda akan disuguhi dengan pemandangan lembah hijau, danau kawah, serta panorama pesisir yang menakjubkan.

Danau Satonda
Selain Gunung Tambora, Bima juga memiliki tempat wisata lain yang menarik, yaitu Danau Satonda. Danau ini terletak di Pulau Satonda, sekitar 1,5 jam perjalanan dari Kota Bima. Danau Satonda terbentuk setelah letusan Gunung Satonda yang terjadi sekitar 10.000 tahun yang lalu. Danau ini memiliki air yang jernih dan dikelilingi oleh hutan tropis hijau.

Anda dapat melakukan perjalanan menyusuri danau dengan perahu atau melakukan snorkeling untuk menikmati keindahan bawah air dan keanekaragaman hayati yang ada di sekitarnya. Ada juga tradisi unik yang dilakukan oleh penduduk setempat, yaitu melemparkan uang logam ke danau sebagai tanda permohonan harapan kepada roh yang ada di dalamnya.

BACA JUGA :  Jelajahi Keindahan Wisata Bima: Nisa Bea Karumbu, Pantai Liang Ndara, dan Situs Budaya Menarik

Benteng Selayar
Untuk para penggemar sejarah, Bima juga memiliki objek wisata yang menarik, yaitu Benteng Selayar. Benteng ini terletak di puncak bukit di kawasan Kota Bima, dan menawarkan pemandangan indah Kota Bima dan pantai sekitarnya. Benteng Selayar dibangun pada abad ke-16 oleh Sultan Bima dan digunakan sebagai benteng pertahanan.

Sekarang, benteng tersebut menjadi tempat wisata yang populer di Bima. Anda dapat naik ke atas bukit untuk menikmati pemandangan yang menakjubkan, serta melihat peninggalan sejarah yang masih ada, seperti tembok benteng dan meriam peninggalan masa lalu.

Pantai Wera
Bima juga memiliki pantai yang eksotis dan mempesona, salah satunya adalah Pantai Wera. Pantai ini terletak sekitar 3 jam perjalanan dari Kota Bima. Pantai Wera terkenal karena pasir putihnya yang halus, air laut yang jernih, dan ombak yang tenang. Keunggulan lain dari pantai ini adalah keberadaan desa nelayan yang masih menjaga kearifan lokal dan tradisi mereka.

Anda dapat menikmati kegiatan seperti berenang, berselancar, atau hanya bersantai di tepi pantai sambil menikmati pemandangan matahari terbenam yang indah. Jika Anda tertarik dengan budaya nelayan setempat, Anda juga dapat mengunjungi desa-desa sekitar pantai dan berinteraksi dengan penduduk setempat.

FAQ (Frequently Asked Questions):

1. Apa yang membuat Bima menarik sebagai tujuan wisata?
Bima menawarkan berbagai tempat wisata yang indah dan masih terjaga keaslian alamnya. Anda dapat menikmati keindahan pegunungan, danau, pantai, serta berbagai objek wisata sejarah.

2. Bagaimana cara mencapai Bima?
Anda dapat mencapai Bima melalui perjalanan udara melalui Bandara Sultan Muhammad Salahuddin di Bima atau melalui perjalanan darat dari Bandara Lombok International. Alternatif lain adalah menggunakan transportasi publik atau travel dari kota-kota terdekat seperti Mataram atau Sumbawa Besar.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Bima - Saat ini pariwisata Indonesia menjadi lesu yang diakibatkan oleh Pandemi Corona ...

3. Apakah ada akomodasi yang tersedia di Bima?
Ya, di Bima terdapat berbagai pilihan akomodasi mulai dari hotel berbintang hingga penginapan murah. Anda bisa memilih akomodasi sesuai dengan anggaran dan preferensi Anda.

4. Apa saja makanan khas Bima yang harus dicoba?
Beberapa makanan khas Bima yang harus Anda coba antara lain nasi bungkus, sate bulayak (sate dengan nasi lontong dan kelapa parut), dan ikan bakar. Selain itu, jangan lupa mencicipi kopi khas Bima yang memiliki rasa yang unik.

5. Apakah aman untuk melakukan pendakian ke Gunung Tambora?
Pendakian ke Gunung Tambora membutuhkan persiapan yang matang dan pengawasan dari pihak yang berkompeten. Pastikan Anda menggunakan jasa pemandu lokal dan mengikuti semua aturan keselamatan untuk menjamin keamanan Anda.

Conclusion:

Bima adalah destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi di Indonesia. Kota ini memiliki beragam tempat wisata yang indah dan menarik mulai dari Gunung Tambora yang menakjubkan, Danau Satonda yang menenangkan, Benteng Selayar yang bersejarah, hingga Pantai Wera yang eksotis. Bima juga menawarkan pengalaman budaya yang unik melalui interaksi dengan penduduk setempat. Jadi, jangan lewatkan Bima saat Anda merencanakan liburan berikutnya!