#explorebima Photo today by  taken at Ncuhi Dara Hill...

Jelajahi Keindahan Alam dan Budaya di Wisata Bima – Destinasi Wisata Imperdible di Provinsi Nusa Tenggara Barat

Wisata Bima adalah salah satu destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam dan budaya yang kaya. Terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Bima memiliki banyak tempat wisata menarik yang layak untuk dikunjungi. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa tempat wisata populer di Bima dan mengapa Anda harus mengunjungi mereka.

1. Pantai Kolo
Pantai Kolo adalah salah satu pantai terindah di Bima. Terletak di Desa Kolo, pantai ini menawarkan pemandangan laut yang spektakuler dengan pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Pantai ini juga dikelilingi oleh tebing-tebing batu kapur yang menjadikannya sebagai latar belakang yang sempurna untuk foto-foto indah. Anda juga dapat berenang, berselancar, atau hanya menikmati sore yang tenang di pantai ini.

2. Pulau Sangeang
Pulau Sangeang adalah sebuah pulau berapi di Selat Sumbawa, dekat dengan Bima. Pulau ini menawarkan pengalaman unik dengan keindahan alam yang menakjubkan. Anda dapat menjelajahi gua-gua vulkanik, menyelam di terumbu karang yang indah, atau hanya menikmati pantai yang tenang. Pulau Sangeang juga memiliki populasi burung-burung yang langka dan mengagumkan.

3. Danau Rada
Danau Rada adalah danau alami yang terletak di kaki Gunung Tambora, sekitar 100 kilometer di selatan Bima. Danau ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan dengan airnya yang jernih dan dikelilingi oleh perbukitan hijau. Anda dapat melakukan wisata kapal di danau, atau hanya bersantai di tepi danau sambil menikmati pemandangan yang indah.

4. Desa Wawi Liwu
Desa Wawi Liwu adalah desa adat yang terletak di dataran tinggi Bagor, sekitar 20 kilometer dari Bima. Desa ini merupakan kampung Suku Bima yang asli dan masih mempertahankan adat dan tradisi mereka. Anda dapat mengunjungi rumah-rumah tradisional, melihat pertanian tradisional, dan belajar tentang budaya Suku Bima. Desa Wawi Liwu juga menawarkan pemandangan yang indah dengan perbukitan hijau dan sawah yang luas.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Bima - Yuk jelajah tempat wisata Bima ini!! - Photo today by taken at Salt Field Sondosia...

5. Air Terjun Oi Pu’adha
Air Terjun Oi Pu’adha adalah salah satu air terjun yang indah di Bima. Terletak di Desa Maddi, air terjun ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan dengan air yang jernih dan jatuh dari ketinggian. Anda dapat berenang di kolam yang terbentuk di bawah air terjun atau hanya menikmati keindahan alam sekitarnya.

Tanya Jawab:

Q: Bagaimana cara menuju Bima?
A: Anda dapat mencapai Bima dengan pesawat terbang dari Jakarta atau Bali ke Bandara Sultan Muhammad Salahuddin. Anda juga dapat menggunakan transportasi darat seperti bus atau mobil pribadi.

Q: Kapan waktu terbaik untuk mengunjungi Bima?
A: Waktu terbaik untuk mengunjungi Bima adalah antara bulan Mei hingga Oktober, ketika cuaca cukup stabil dan kering.

Q: Bagaimana dengan akomodasi di Bima?
A: Bima memiliki berbagai pilihan akomodasi mulai dari hotel berbintang hingga penginapan budget. Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Q: Apa yang menjadi makanan khas di Bima?
A: Makanan khas di Bima antara lain Sate Puyung, Gula Tapai, dan Rujak Kaili. Anda harus mencoba makanan ini ketika berkunjung ke Bima.

Kesimpulan:
Bima adalah destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam dan budaya yang kaya. Dari pantai yang indah hingga pulau vulkanik, danau alami, desa adat, hingga air terjun yang menakjubkan, Bima memiliki banyak tempat wisata menarik untuk dijelajahi. Jadi, jika Anda mencari liburan yang menawarkan pengalaman yang berbeda dan unik, Bima adalah tempat yang tepat untuk Anda kunjungi.