#explorebima Photo today by  taken at Oi Marai Waterfall Tambora...

Jelajah Wisata Bima – Temukan Keindahan Alam dan Budaya yang Menarik di Bima

Kota Bima, yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat, adalah sebuah kota yang kaya akan keindahan alam dan budaya yang menarik. Jika Anda mencari tujuan wisata yang belum terlalu ramai dan masih alami, maka Bima adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Di artikel ini, kami akan menjelajahi beberapa tempat wisata terbaik di Bima yang dapat Anda kunjungi.

1. Air Terjun Oi Marai
Salah satu tempat wisata yang paling terkenal di Bima adalah Air Terjun Oi Marai. Air terjun ini terletak di daerah Tambora yang dikenal dengan keindahan alamnya yang masih alami. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter dan merupakan tempat yang populer untuk trekking dan camping. Anda juga dapat menikmati keindahan alam sekitar dengan berjalan-jalan di sekitar air terjun.

2. Pantai Woha
Pantai Woha adalah pantai yang terletak sekitar 10 kilometer dari pusat kota Bima. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Anda dapat bersantai di pantai, berenang, atau melakukan aktivitas lain seperti berjemur atau bermain voli pantai. Pantai Woha juga menjadi tempat yang bagus untuk menikmati matahari terbenam yang indah.

3. Gua Liang Petang
Gua Liang Petang adalah sebuah gua yang terletak sekitar 30 kilometer di sebelah barat laut kota Bima. Gua ini memiliki stalaktit dan stalagtit yang indah dan menjadi tempat yang populer untuk aktivitas speleologi. Anda juga dapat menikmati pemandangan luar gua yang mengagumkan dan berjalan-jalan di sekitar area gua.

4. Danau Rana
Danau Rana merupakan danau vulkanik yang terletak di kaki Gunung Tambora. Danau ini memiliki air yang jernih dan tenang, dan dikelilingi oleh pemandangan pegunungan yang indah. Anda dapat mengunjungi danau ini untuk bersantai, memancing, atau menikmati keindahan alam sekitar.

BACA JUGA :  Explore the Beauty of Bima - Temukan Pesona Wisata Bima yang Menakjubkan!

5. Moko Hill
Moko Hill adalah sebuah bukit yang terletak di pusat kota Bima. Dari puncak bukit ini, Anda dapat menikmati pemandangan panorama kota Bima dan sekitarnya. Ini adalah tempat yang populer untuk menikmati matahari terbit atau matahari terbenam. Buatlah perjalanan ke Moko Hill saat pagi atau sore hari untuk menikmati pemandangan yang spektakuler.

6. Kampung Adat Wawo Muda
Kampung Adat Wawo Muda adalah sebuah kampung adat yang terletak di kaki Gunung Tambora. Di kampung ini, Anda dapat melihat rumah-rumah tradisional yang masih dipertahankan dan mengenal budaya serta kehidupan masyarakat tradisional Bima. Ini adalah tempat yang bagus untuk mempelajari sejarah dan budaya lokal.

7. Pulau Satonda
Pulau Satonda adalah sebuah pulau kecil yang terletak di Laut Flores. Pulau ini terkenal dengan danau yang ada di tengah pulau. Menurut kepercayaan lokal, danau ini adalah jejak dari letusan Gunung Tambora pada tahun 1815. Anda dapat mengunjungi pulau ini untuk snorkeling, berenang, atau hanya bersantai di pantai.

8. Desa Wisata Sambora
Desa Wisata Sambora adalah sebuah desa yang terletak di Lerokis, Bima. Di desa ini, Anda dapat melihat kehidupan masyarakat lokal, belajar tentang kebudayaan dan tradisi mereka, dan mencoba berbagai kuliner khas Bima. Desa ini juga menjadi pintu gerbang untuk menjelajahi Gunung Tambora, salah satu gunung berapi terbesar di Indonesia.

FAQ

1. Bagaimana cara menuju Bima?
Anda dapat mencapai Bima dengan pesawat terbang melalui Bandara Sultan Muhammad Salahuddin yang terletak di Kota Bima. Anda juga dapat menggunakan transportasi darat seperti bus atau mobil pribadi.

2. Kapan waktu terbaik untuk mengunjungi Bima?
Waktu terbaik untuk mengunjungi Bima adalah selama musim kemarau, antara bulan April hingga September. Pada musim ini, cuaca cenderung cerah dan tidak terlalu panas.

BACA JUGA :  Wisata Bima: Jelajahi Keindahan Alam dan Kuliner Khas Kota Bima

3. Apa kegiatan yang dapat dilakukan di Bima selain wisata alam?
Selain wisata alam, Anda juga dapat mengunjungi tempat-tempat bersejarah seperti Istana Sangaji Ratu dan Taman Rumah Budaya Bima untuk mempelajari sejarah dan budaya Bima lebih dalam.

4. Apakah ada akomodasi di Bima?
Ya, di Bima terdapat berbagai pilihan akomodasi mulai dari hotel, penginapan, hingga homestay. Anda dapat memilih sesuai dengan budget dan preferensi Anda.

Kesimpulan

Bima adalah tujuan wisata yang menawarkan keindahan alam yang belum terlalu terjamah dan kebudayaan yang menarik. Dari air terjun yang menjulang tinggi hingga pantai yang memesona, Bima menawarkan banyak tempat wisata yang patut dikunjungi. Jadi, jika Anda mencari tempat yang belum terlalu ramai dan masih alami, jangan lewatkan untuk mengunjungi Bima.