#explorebima Photo today by  taken at Pela Dam Parado...

Jelajah Tempat Wisata Menarik di Bima, Pulau Sumbawa – Pantai, Danau, dan Bukit yang Memesona

Bima, sebuah kota di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, memiliki banyak tempat wisata menarik yang dapat dikunjungi. Dari pantai yang eksotis hingga situs budaya yang kaya sejarahnya, Bima menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa tempat wisata populer di Bima.

1. Pantai Wera
Pantai Wera terkenal karena pasir putihnya yang indah serta air laut yang jernih. Pantai ini juga merupakan tempat yang ideal untuk berselancar. Pengunjung bisa menikmati pemandangan yang memukau dan berfoto di sana. Jangan lewatkan juga kapal tradisional Phinisi yang diparkir di pantai ini, yang merupakan bagian dari budaya maritim Bima.

2. Pantai Parado
Pantai Parado adalah tujuan yang wajib dikunjungi bagi para penggemar pantai yang mencari ketenangan dan keindahan alam. Pantai ini memiliki perbukitan di sepanjang garis pantainya, yang menambah pesona pantai ini. Pengunjung dapat bersantai di pantai yang tenang ini, berenang di air yang jernih, atau menjelajahi terumbu karang yang indah di sekitarnya dengan snorkeling.

3. Danau Sumbawa
Danau Sumbawa merupakan salah satu danau terbesar di Pulau Sumbawa. Danau ini dikelilingi oleh perbukitan yang hijau dan menyajikan pemandangan yang menakjubkan. Pengunjung dapat menikmati keindahan danau dengan berkeliling menggunakan perahu. Selain itu, di sekitar Danau Sumbawa juga terdapat beberapa spot memancing yang populer.

4. Pantai Kolo
Pantai Kolo terletak di Desa Liwu, Kecamatan Monta, Bima. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang biru. Pengunjung dapat berenang, bersantai di pantai, atau mencoba berbagai olahraga air seperti snorkeling atau menyelam. Pantai Kolo juga menyediakan kantong plastic agar pengunjung dapat menjaga kebersihan pantai.

BACA JUGA :  Jelajahi Tempat Wisata Bima yang Menarik - Nikmati Keindahan Alam dan Budaya Lokal!

5. Puncak Kawa
Puncak Kawa adalah bukit yang terkenal di Bima. Dari puncak bukit ini, pengunjung dapat menikmati pemandangan yang menakjubkan dari kota Bima dan sekitarnya. Puncak Kawa juga menyediakan spot yang indah untuk berfoto. Jalan menuju puncak bukit ini cukup menantang, namun pemandangan yang menunggu pengunjung di puncaknya sangatlah memuaskan.

6. Museum Negeri NTB
Museum Negeri NTB di Bima adalah tempat yang sempurna untuk mempelajari sejarah dan budaya daerah ini. Museum ini menyajikan koleksi arkeologi, etnografi, dan seni budaya yang kaya. Pengunjung dapat melihat artefak dan benda-benda bersejarah lainnya, seperti patung-patung kayu, tekstil tradisional, dan senjata tradisional Bima.

7. Desa Adat Wawolente
Desa Adat Wawolente adalah salah satu desa adat yang masih terjaga di Bima. Desa ini menjadi tempat tinggal bagi suku Bima yang masih mempertahankan tradisi dan adat istiadat mereka. Pengunjung dapat mengalami kehidupan masyarakat adat Bima, melihat tradisi mereka, dan berinteraksi dengan penduduk setempat. Desa ini juga terkenal dengan kerajinan anyaman tradisionalnya.

8. Pulau Satonda
Pulau Satonda terletak di Teluk Saleh, Bima. Pulau ini terkenal karena danau asinnya yang terletak di tengah pulau. Menurut legenda, danau ini terbentuk akibat letusan gunung berapi yang terjadi di masa lalu. Pengunjung dapat melakukan trekking di sekitar pulau, snorkeling di perairan yang jernih, atau hanya bersantai di pantainya yang indah.

FAQ:

Q: Bagaimana cara mencapai Bima?
A: Bima dapat dicapai melalui pesawat terbang ke Bandara Sultan Salahuddin Bima. Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan kapal feri dari pelabuhan di sekitar Pulau Bali atau Sumbawa.

Q: Kapan waktu terbaik untuk mengunjungi Bima?
A: Waktu terbaik untuk mengunjungi Bima adalah antara bulan Maret hingga November. Pada saat itu, cuaca di Bima biasanya cerah dan kering, sehingga ideal untuk menjelajahi tempat wisata di kawasan ini.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Bima: Keindahan Alam dan Situs Sejarah Menarik di Bima, NTB

Q: Apa yang harus saya bawa saat mengunjungi tempat wisata di Bima?
A: Pastikan Anda membawa perlengkapan pribadi seperti pakaian renang, kacamata hitam, topi, dan tabir surya. Juga, jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen indah Anda di Bima.

Q: Apakah ada akomodasi di sekitar tempat wisata di Bima?
A: Ya, ada banyak pilihan akomodasi di Bima, mulai dari hotel hingga penginapan yang lebih sederhana. Anda dapat memilih akomodasi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Conclusion:

Bima adalah destinasi wisata yang menarik di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Dengan pantai-pantai yang eksotis, situs budaya yang kaya sejarahnya, dan keindahan alam yang menakjubkan, Bima menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan. Jelajahi tempat-tempat wisata yang telah disebutkan di atas saat mengunjungi Bima, dan pastikan Anda membawa pulang kenangan indah dari kota ini.