#explorebima Photo today by  taken at Pulau Kelapa, Bima, NTB.

Tag teman kamu y...

Wisata Bima – Jelajahi Keindahan Alam dan Budaya di Bima, NTB

Bima merupakan salah satu destinasi wisata yang terletak di pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Kota ini menawarkan berbagai tempat wisata yang indah dan menarik, mulai dari pantai-pantai eksotis, pulau-pulau cantik, hingga budaya dan sejarah yang kaya. Jika Anda sedang merencanakan liburan di Bima, berikut adalah beberapa tempat wisata yang harus Anda kunjungi.

1. Pulau Kelapa

Pulau Kelapa merupakan pulau kecil yang terletak di Teluk Bima. Pulau ini menawarkan keindahan pantai berpasir putih yang masih terjaga keasriannya. Anda dapat menikmati kejernihan air laut yang indah serta berbagai aktivitas seperti snorkeling, diving, dan berjemur di bawah sinar matahari.

2. Pantai Liang Ndara

Pantai Liang Ndara terletak sekitar 10 kilometer dari pusat kota Bima. Pantai ini memiliki pemandangan yang spektakuler dengan pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Anda juga dapat menyaksikan matahari terbenam yang indah di pantai ini.

3. Desa Sade

Desa Sade merupakan desa adat yang mempertahankan tradisi dan budaya Sasak. Desa ini terletak sekitar 8 kilometer dari pusat kota Bima. Anda dapat menyaksikan rumah tradisional Sasak yang masih terawat dengan baik, serta melihat proses pembuatan kain tenun ikat yang menjadi kebanggaan masyarakat Desa Sade.

4. Air Terjun Oi Liba

Air Terjun Oi Liba terletak di Desa Rapak, sekitar 40 kilometer dari pusat kota Bima. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 35 meter dan dikelilingi oleh hutan hijau yang memanjakan mata. Anda dapat berenang dan bermain air di sekitar air terjun ini.

5. Pantai Wadu Mama

Pantai Wadu Mama adalah pantai yang sangat menyegarkan dengan pasir putih dan air laut yang biru jernih. Pantai ini terletak di sekitar 30 kilometer dari pusat kota Bima dan memiliki ombak yang cukup besar, cocok untuk para penggemar selancar.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Bima - Temukan Keindahan Alam dan Budaya Unik di Kota Bima, Pulau Sumbawa

6. Gunung Tambora

Gunung Tambora merupakan gunung berapi yang terletak di Pulau Sumbawa. Meskipun terkenal karena letusan dahsyatnya pada tahun 1815 yang menyebabkan gangguan iklim global, Gunung Tambora juga menawarkan pemandangan yang indah dan trekking yang menantang bagi para pendaki.

7. Museum Sanggurah

Museum Sanggurah merupakan museum yang menyimpan berbagai koleksi peninggalan sejarah dan budaya Bima. Anda dapat melihat berbagai artefak seperti senjata tradisional, alat musik, dan berbagai benda bersejarah lainnya.

8. Danau Satonda

Danau Satonda terletak di Pulau Satonda, sekitar 50 kilometer dari kota Bima. Danau ini terbentuk di dalam kaldera bekas letusan Gunung Tambora. Danau Satonda menawarkan pemandangan yang indah serta keunikan yaitu adanya pulau kecil di tengah danau. Konon, air mata ikan yang berada di danau ini dapat membawa keberuntungan bagi siapa saja yang menyentuhnya.

9. Pantai Kuta

Pantai Kuta terletak di Pulau Sumbawa, sekitar 2,5 jam perjalanan dari Bima. Pantai ini terkenal dengan pasir putihnya yang halus dan air lautnya yang biru jernih. Anda dapat bersantai di pantai, berenang, atau bahkan berselancar jika Anda memiliki pengalaman.

10. Desa Wera

Desa Wera merupakan desa nelayan yang terletak di pesisir Bima. Desa ini sangat terkenal dengan kerajinan pembuatan perahu tradisional. Anda dapat melihat proses pembuatan perahu tradisional yang masih menggunakan teknik pengecoran dari bahan dasar kayu.

FAQ:

Q: Bagaimana cara menuju Bima?
A: Anda dapat menuju Bima melalui jalur udara dengan penerbangan langsung dari Jakarta atau Bali ke Bandara Sultan Muhammad Salahuddin. Selain itu, juga terdapat jalur darat melalui pelabuhan penyeberangan Lembar, Lombok.

Q: Apakah ada akomodasi di Bima?
A: Ya, terdapat berbagai jenis akomodasi di Bima, mulai dari hotel berbintang hingga penginapan murah.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Bima - Temukan Keindahan Alam dan Budaya yang Menakjubkan! - Foto hari ini di Pulau Ular Wera #exploreindonesia

Q: Kapan waktu terbaik untuk mengunjungi Bima?
A: Waktu terbaik untuk mengunjungi Bima adalah saat musim kemarau antara bulan Mei hingga Oktober.

Q: Apa makanan khas di Bima?
A: Makanan khas di Bima adalah Sate Bima, Plecing Kangkung, serta berbagai hidangan laut segar.

Conclusion:

Bima merupakan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Kota ini menawarkan keindahan alam yang memesona seperti pantai-pantai indah, pulau-pulau cantik, dan gunung-gunung yang menantang. Selain itu, budaya dan sejarah yang kaya di Bima juga merupakan daya tarik yang menambah pesona wisata di kota ini. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi tempat wisata menakjubkan di Bima!