#explorebima Photo today by   taken at Salt Field...

Jelajah Wisata Bima – Nikmati Keindahan Alam dan Budaya Kota Bima

Bima merupakan salah satu kota yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Kota ini memiliki berbagai tempat wisata menarik yang patut untuk dikunjungi. Jika Anda merencanakan perjalanan wisata ke Bima, berikut beberapa destinasi yang dapat Anda jadikan acuan.

1. Pantai Sambelia
Pantai Sambelia terletak di Desa Moyo Hulu, Kecamatan Sambelia. Pantai ini mempesona dengan pasir putihnya yang bersih dan air laut yang jernih. Selain berenang, Anda juga dapat menikmati keindahan sunset yang memukau di pantai ini.

2. Pantai Wera
Pantai Wera terletak di Desa Balauring, Kecamatan Wera. Pantai ini terkenal dengan perahu tradisional Bima yang disebut “perahu Wera”. Anda dapat melihat dan mencoba naik perahu ini serta menikmati keindahan pantai dengan ombak yang tenang dan panorama alam yang mempesona.

3. Air Terjun Dua Wala
Air Terjun Dua Wala terletak di Desa Mernas, Kecamatan Langgudu. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 30 meter ini menawarkan pemandangan yang memukau. Anda dapat menikmati aliran air yang jernih dan segar serta memanjakan mata dengan keindahan alam sekitarnya.

4. Danau Rano
Danau Rano terletak di lereng Gunung Tambora. Danau ini terbentuk akibat letusan Gunung Tambora pada tahun 1815. Anda dapat menikmati keindahan danau yang dikelilingi oleh hutan hijau serta pemandangan Gunung Tambora yang megah.

5. Kampung Adat Wawo Muda
Kampung Adat Wawo Muda terletak di Desa Wawo Muda, Kecamatan Wawo. Kampung ini merupakan pemukiman tradisional suku Bima yang masih mempertahankan adat dan budaya mereka. Anda dapat melihat rumah adat menjadi salah satu daya tarik wisata di kampung ini serta mempelajari kehidupan masyarakat Bima.

6. Danau Weekuri
Danau Weekuri terletak di Desa Wawomuda, Kecamatan Wawo. Danau ini mempesona dengan airnya yang berwarna hijau toska. Anda dapat berenang atau snorkeling di danau ini dan melihat keindahan bawah laut yang menakjubkan.

BACA JUGA :  Jelajah Wisata Bima: Menikmati Pesona Alam yang Luar Biasa di Destinasi Wisata yang Menarik di Indonesia

7. Puncak Tambora
Puncak Tambora merupakan spot pendakian yang populer di Bima. Gunung Tambora memiliki ketinggian 2.850 mdpl dan merupakan gunung berapi aktif. Pendakian ke puncak Tambora akan memberikan pengalaman menantang serta panorama alam yang luar biasa.

8. Masjid Jami Bima
Masjid Jami Bima merupakan salah satu masjid bersejarah yang terletak di pusat Kota Bima. Masjid berarsitektur khas Timur Tengah ini memiliki keindahan dan kealamian yang menarik untuk dikunjungi.

FAQ:

Q: Bagaimana cara menuju Bima?
A: Anda dapat menuju Bima melalui penerbangan ke Bandara Sultan Salahuddin Abdul Aziz Shah.

Q: Kapan waktu terbaik untuk mengunjungi Bima?
A: Waktu terbaik untuk mengunjungi Bima adalah pada bulan Mei hingga September, saat cuaca kering dan cerah.

Q: Apa makanan khas di Bima?
A: Makanan khas di Bima antara lain peyek kerang, puyung, gembal, dan sasab.

Q: Berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengunjungi seluruh destinasi wisata di Bima?
A: Waktu yang diperlukan tergantung pada preferensi dan jadwal Anda, namun sekitar 3-5 hari cukup untuk mengunjungi beberapa destinasi utama di Bima.

Conclusion:

Bima adalah kota yang memiliki berbagai destinasi wisata menarik. Perjalanan ke Bima akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan dengan keindahan alamnya yang memukau dan kearifan lokal yang masih terjaga. Dengan mengunjungi tempat-tempat seperti Pantai Sambelia, Pantai Wera, Air Terjun Dua Wala, Danau Rano, Kampung Adat Wawo Muda, Danau Weekuri, Puncak Tambora, dan Masjid Jami Bima, Anda akan dapat menikmati pesona alam dan budaya kota ini. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi keindahan alam dan budaya Bima dalam perjalanan wisata Anda berikutnya!